Tutorial Softcase HP Unik dari Kain Jeans

Seperti yang kita ketahui saat ini gadget android sedang booming sehingga accessories untuk gadget pun semakin banyak salah satunya softcase. Selain untuk melindungi gadget dari benturan, softcase juga bisa untuk mempercantik penampilan gadget ketika dalam genggaman. Kebetulan saya baru saja membuat softcase untuk smartphone kesayangan saya. Karena banyak yang bertanya tentang cara membuatnya, maka terbitlah artikel ini.
Oke deh…langsung saja ya...
Pertama-tama siapkan dulu alat dan bahannya.

Alat:
Gunting, pensil, benang, jarum jahit, jarum pentul, setrika, mesin jahit.

Bahan :
• Kain jeans
• Kain hero untuk lining
• Kain katun untuk bisban lebar 3cm
• Viselin/pelapis yang ada lemnya
• Busa hati
• 4 buah karet elastis berukuran 8cm
• Velcro
• Kain perca untuk aplikasi
• Lem

Cara membuat :
Pertama-tama buat pola dari kertas HVS. Sesuaikan pola dengan ukuran smartphone.

softcase hp unik

Potong kain jeans, kain hero, viselin, busa hati menurut pola. Maaf ya karena pada waktu proses pembuatan, saya lupa memotret viselinnya sehingga gambarnya kurang lengkap.

softcase hp unik pola 2

Rekatkan viselin yang ada lemnya dengan kain jeans dan juga kain hero. Gunakan setrika. Beri lem dibagian tepi lubang kamera dan speaker kemudian lipat. Lakukan hal yang sama untuk bagian liningnya.

softcase hp unik pola 3

Buat aplikasi dari kain perca dan viselin. Lem bagian tepinya kemudian lipat. Selanjutnya tempelkan pada kain jeans kemudian jahit. Karena saya tidak memiliki mesin jahit portable, pakai mesin jahit biasa hasilnya juga lumayan bagus ko' (menurut saya hehe..)

softcase hp unik pola 4

Langkah selanjutnya tempelkan busa hati ke kain jeans yang sudah dihias dengan aplikasi. Selanjutnya jahit dengan bisban. Menjahitnya di bagian dalam karena nantinya bisban harus dilipat keluar.

softcase hp unik pola 5

Saatnya membuat pengait. Beri lem pada busa hati, tempel ke kain kemudian jahit langsung dengan bisban. Cara nenjahitnya dari dalam kemudian lipat keluar dan tindas. Selanjutnya jahit velcro di bagian pengait dan jahit pula velcro dibagian liningnya. Jangan lupa jahit tepi lubang kamera dan speaker.

Nah, ini adalah proses finishing. Masukkan karet elastis dan pengait diantara busa hati dan lining. Lipat bisban keluar. Jahit jelujur agar rapi dan mudah ketika dijahit dengan mesin. Jahit pula pada bagian lipatan yang ada di tengah. Ada dua garis lurus. Jahit keduanya salah satunya harus menindas karet elastis. Periksa kerapian lipatan bisban. Selanjutnya jahit dengan mesin.

softcase hp unik pola 7

Daaaaaaaaan........ Tarraraaaaaaa............. Inilah penampakan Softcase Hp Unik Kreasi Ceria.
Cantiiiiiiiiiik seperti yang sedang membaca artikel ini hihihii.
softcase hp unik yummy

softcase hp unik hello kitty

Sekian dulu ya Tutorial Softcase HP Unik dari Kain Jeans yang bisa saya bagikan. Sampai jumpa pada posting tutorial berikutnya. Salam Ceria

0 Response to "Tutorial Softcase HP Unik dari Kain Jeans"

Posting Komentar

DMCA