Tutorial Tas Handmade Unik dari Kain Jeans dan Bahan Bekas

Kali ini saya akan membagikan tutorial membuat tas handmade versi saya. Memiliki tas bermerk adalah gaya hidup wanita masa kini. Bagi orang berpenghasilan minim seperti saya harus pikir-pikir dulu untuk membeli tas bermerk dengan harga yang mahal.

Kalau menurut saya sih tas itu gak perlu mahal yang penting nyaman dipakai dan awet. Pernah suatu ketika saya membeli tas dengan harga yang lumayan mahal. Saya katakan mahal karena untuk bisa membeli tas itu saya harus menabung selama berbulan-bulan. Tapi ternyata tas kesayangan saya itu tidak awet. Penutup tas yang terbuat dari bahan seperti kulit itu mengelupas di bagian permukaan dan sisinya  dan inilah yang membuat saya merasa sedih. Bagaimana  kalau seandainya ini terjadi pada tas Her*** Uuups … ya nggak lah, saya yakin produsen tas branded semacam itu pastinya sangat selektif dalam memilih bahan yang sudah pasti terjamin kualitasnya.

Kembali kepada persoalan tas saya yang rusak. Sejenak saya berpikir , mau diapakan ya tas ini? Direpair ? apa dibuang saja ? Akhirnya saya putuskan untuk mengambil semua material yang masih bagus  dan bisa dimanfaatkan. Kebetulan saya baru saja membeli kain jeans di toko kain kiloan. Kok belinya di toko kain kiloan sih ? Ya iyalah, kan murah wkwkwk...

Inilah penampakan tas jeans handmade versi saya...:D

Tas jeans unik Kreasi Ceria
Dan ini tas rusak milik saya hahaha

Gambar tas yang rusak

Oh ya shobat, kalau ingin tahu proses pembuatannya, berikut ini tutorialnya .
Bahan yang diperlukan : 
-kertas koran/hvs (untuk pola)
-kain jeans
-busa eva/busa hati/
-kain kapas yang ada lemnya
-lining dan resleting ( saya memanfaatkan lining dan resleting dari tas yang sudah tidak dipakai tadi )
-kancing magnet
-gasper

Peralatan :
-benang
-jarum
-setrika
-lem tembak
-mesin jahit

Cara Membuat Tas Handmade

1. Langkah awal kita  buat polanya. Dibawah ini pola tas saya. Selanjutnya, potong kain sesuai pola, lebihkan 1 cm untuk kampuh.

Pola tas handmade

2. Tempelkan kain kapas ke kain jeans kemudian setrika. Karena kain jeans ini seratnya mudah terurai, maka saya jahit obras semua sisinya. Jika tidak ada mesin jahit obras bisa juga dengan cara dislomot menggunakan solder listrik.

3. Beri sedikit lem pada busa hati /busa jilbab kemudian tempelkan pada kain jeans. Lebih bagus menggunakan busa jilbab daripada busa hati, karena busa hati agak kaku.

4. Satukan semua bagian-bagian tas. Agar lebih mudah jahit jelujur dulu kemudian jahit dengan menggunakan mesin. Jangan lupa memasang gasper.

Gambar Tas setengah jadi
5. Membuat aplikasi dan handle tas.
Untuk mempercantik penampilan tas, anda bisa menambahkan aplikasi  pada bagian tutup tas .
Cara membuat handle tas sangatlah mudah. Potong kain jeans dengan ukuran panjang 115 cm dan lebar 6 cm +2 cm untuk kampuh. Kemudian lipat jadi satu dan dijahit. Sematkan gasper untuk menyesuaikan panjang pendeknya handle tas. Panjang handle tas sesuaikan dengan keinginan anda.

6. Saatnya menjahit furing tas.
Ini adalah furing bekas dari tas saya yang rusak. Saya hanya mengganti imitasi untuk menghubungkan resletingnya dengan kain jeans. Cara menjahit furing yaitu dengan melipat 1 cm kedalam (yang ada obrasnya) kemudian masukkan furing ke dalam tas yang sudah setengah jadi. Menjahitnya dari luar.

Gambar furing tas
7. Selesai deh...
Mohon maaf karena saya tidak menjelaskan secara rinci proses menjahitnya sehingga tutorialnya agak susah dipahami atau malah bikin pusing.

Intinya setelah bahan dipotong sesuai pola selanjutnya tinggal menggabungkan saja. Cara menjahitnya yaitu dengan mempertemukan sisi-sisinya. Kok foto proses menjahitnya tidak ada ? iya memang sengaja tidak saya foto, karena mesinnya jadul dan jelek , jadinya malu ketika difoto hehe...

Happy Crafting...
Salam Ceria.

0 Response to "Tutorial Tas Handmade Unik dari Kain Jeans dan Bahan Bekas"

Posting Komentar

DMCA