Tutorial Wall Pouch Cantik dari Kain Perca

Assalamualaikum shobat Ceria...
Apa kabarnya semua...? Sudah beberapa minggu saya tidak update blog ini. Kali ini saya akan berbagi tutorial wall pouch. Tahu kan apa itu wall pouch ? Atau mungkin ada yang belum tahu. Wall pouch terdiri dari dua suku kata , wall artinya dinding, pouch artinya kantong. Wall pouch biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti sisir, bedak, handphone, buku catatan dan sebagainya. Jadi, wallpouch bisa diartikan kantong dinding.
Seperti inilah penampakannya hehee...

Wall pouch cantik buatan Kreasi Ceria

Ok deh shobat... langsung saja ya.
Seperti biasa, persiapkan dulu alat dan bahannya.

Alat : Gunting, jarum jahit, jarum pentul, setrika, mesin jahit.
Bahan : Benang, kain (optional), viselin, busa angin.

Berikut ini cara membuat wall pouch cantik dari kain perca

Tutorial 1 Wall pouch
Langkah 1
Potong kain dengan ukuran : panjang 65 cm, lebar 35 cm sebanyak 2 lembar. ( untuk depan dan belakang)
Potong juga viselin dengan ukuran yang sama dengan ukuran kain. Selanjutnya tempelkan viselin pada kain kemudian setrika.

Langkah 2
Potong kain untuk :
Kantong 1 dengan ukuran panjang 45 cm lebar 12 cm sebanyak 2 lembar.
Kantong 2 dengan ukuran panjang 45 cm lebar 15 cm sebanyak 2 lembar.
Kantong 3 dengan ukuran panjang 51 cm lebar 22 cm sebanyak 2 lembar.
Kain dipotong 2 lembar maksudnya untuk bagian depan dan belakang.
Potong busa angin sebanyak 3 lembar dengan ukuran mengikuti ukuran kantong. Kemudian satukan kedua bahan yaitu kain untuk bagian depan, busa angin dan kain untuk bagian belakang dengan cara dijahit obras agar serat kain tidak terurai.

Langkah 3 (optional)
Buat aplikasi untuk mempercantik wallpouch, atau anda bisa memilih kain motif untuk kantong sehingga tidak diperlukan langkah membuat aplikasi.

Langkah 4
Jahit kantong pada kain yang sudah dilapisi dengan viselin. Buat lipit hadap dengan jarak 6 cm dan untuk bagian tepi 4cm.

Tutorial 2 Wall pouch

5. Saatnya membuat pengait. Potong kain dengan ukuran panjang 15 cm lebar 7 cm  , selanjutnya lipat kain kemudian jahit. Buat pengait ini sebanyak 3  buah ya. Kemudian lipat dan masukkan pengait . Jahit semua sisi kain .

6. Selanjutnya menjahit kantong. Cara menjahitnya  yaitu dengan menjahit jelujur agar rapi dan lebih mudah ketika menjahit dengan mesin. 

7. Wall pouch sudah jadi. Dan itulah rangkain Tutorial Wall Pouch Cantik dari Kain Perca yang bisa saya bagikan. Semua bahan yang saya pakai untuk membuat wall pouch berasal dari kain perca. Jika anda memiliki kain perca, tidak ada salahnya memanfaatkan dan menyulapnya menjadi kreasi unik yang tentunya juga memiliki nilai jual sehingga bisa menambah penghasilan :)

Terima kasih sudah membaca
Happy Crafting
Salam Ceria...

0 Response to "Tutorial Wall Pouch Cantik dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA