2 Kreasi Cantik Bross Bunga Mawar Bakar

Mawar adalah salah satu nama bunga yang memiliki ciri khusus yaitu berbau harum, memiliki berbagai macam warna, memiliki duri yang tajam di bagian batangnya. Bunga Mawar umumnya digunakan sebagai tanaman hias dikarenakan memiliki bentuk yang unik juga warnanya yang sangat indah.

Berdasarkan bijinya, Bunga Mawar digolongkan ke dalam tumbuhan dikotil (berkeping dua) dan berbatang kayu. Sebagai tumbuhan yang bijinya berkeping dua maka tanaman bunga mawar termasuk tanaman yang berakar tunggang. Tinggi Bunga mawar bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Selain digunakan untuk tanaman hias , bunga mawar juga bermanfaat di bidang kesehatan dan kecantikan. Minyak bunga mawar bisa digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan misalnya sabun dan kosmetik. Minyak Bunga mawar juga bisa diolah menjadi parfum dan obat-obatan.

Oke, kali ini saya akan membagikan tutorial. Uuups tutorial ? Bukan tutorial, tepatnya pengalaman saya membuat mawar bakar atau rose burn.

Bross Bunga mawar bakar

Pertama kali mendengar istilah rose burn, saya pun bertanya-tanya dalam hati. Apa ya ? Oooh ternyata mawar bakar atau rose burn itu bunga mawar dari pita atau kain satin yang dibuat dengan cara dibakar. Saya pun penasaran dan ingin mencoba membuat bross rose burn seperti yang dijual di toko asesorries.
Alat dan bahan yang diperlukan
1 Gunting
2. Lem tembak
3. Lilin
4. Pita satin yang sudah dipotong dengan ukuran 3 cm
5. Kain flanel untuk alas
6. Mutiara sintetis atau kancing hias

Cara membuat rose burn 1

1. Pita satin yang sudah dipotong dengan ukuran 3 cm , agar mudah ketika dibakar, potong lagi pita  membentuk oval pada salah satu ujungnya.
Kemudian bakar ujung yang berbentuk oval di atas api lilin, membakarnya boleh langsung memakai tangan ataupun menggunakan pinset untuk menghindari rasa panas. Membakar ujung pita disini tujuannya untuk membuatnya melengkung.
2.Selanjutnya bakar dan bakar.
Hasilnya sukses terbakar...dan gagal total hehe

Gambar Pita yang terbakar

Saya pun berpikir bagaimana caranya agar potongan pita bisa melengkung ketika dibakar. Tidak menyerah begitu saja , saya mencoba dan terus mencoba. Hingga akhirnya saya menemukan jawabannya. Ternyata yang membuat pita melengkung sebenarnya bukan karena ujungnya yang dibakar tapi karena radiasi panas dari lilin yang menyala. Cukup dekatkan potongan pita dengan jarak +- 5 cm tergantung besar kecilnya nyala api lilin maka dipastikan pita akan melengkung dengan sendirinya.

Proses dan cara pembuatan mawar bakar

3. Potong kain flanel bentuk lingkaran sebagai alas untuk merekatkan mahkota bunga.
4. Rangkai potongan pita yang sudah dibakar tadi dengan cara melingkar, posisi pita yang melengkung menghadap ke atas. Jumlah potongan pita yang dirangkai mempengaruhi ukuran bunga. Semakin banyak potongan pita yang dirangkai maka bunga semakin lebar.
5. Rangkai lagi potongan pita dengan cara yang sama kemudian susun.
6. Untuk mempercantik rose burn, beri lem dan tempelkan mutiara sintetis/hiasan di tengah -tengah bunga .
 

Cara membuat rose burn 2

Sebenarnya sama dengan cara membuat rose burn 1. Perbedaannya ada pada posisi pita yang melengkung. Rose burn 1 posisi pita melengkung ke atas, sedangkan rose burn 2 posisi pita melengkung ke bawah.

Proses dan cara pembuatan mawar bakar 2
Dan inilah hasilnya. Lumayan untuk menambah koleksi bross .

Model Bross rose burn 1

Model Bross rose burn 2

In fact, practice makes perfect :)

Demikian pengalaman saya membuat 2 kreasi cantik bross bunga mawar bakar yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan happy crafting .

0 Response to "2 Kreasi Cantik Bross Bunga Mawar Bakar"

Posting Komentar

DMCA