Kreasi DIY Bross Bunga Mawar dari Kain Flanel

Siapa yang tak kenal kain flanel. Kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun ini semakin diminati oleh para pengrajin. Tidak hanya mereka yang berkecimpung di dunia crafting saja, para remaja putri, ibu-ibu rumah tangga kini juga mulai menekuni bisnis aksessoris dari kain flanel.

Seperti yang kita ketahui, kain flanel adalah kain yang sangat mudah dibentuk disamping warnanya yang beraneka ragam. Warnanya yang cerah semakin menambah keindahan kreasi yang dihasilkan. Maka tidak heran jika kain flanel saat ini menjadi salah satu bahan yang sering di gunakan untuk membuat kerajinan tangan dengan berbagai kreasi unik dan lucu.

Kain flanel ini umumnya digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan yang dihasilkan bahan flanel bisa bervariasi, antara lain gantungan kunci, gantungan hp, tempelan kulkas, bross krudung ,jepit rambut, kalung, bando dan sebagainya.

Tutorial Bross Mawar Flanel

Dalam membuat kreasi dari kain flanel tentunya tergantung dari kreativitas masing-masing. Dan untuk kreasi yang akan saya bagikan ini adalah tutorial membuat bross mawar dari kain flanel seperti pada gambar di bawah ini.

Bross cantik bunga mawar flanel

Pertama-tama,seperti biasa persiapkan dulu peralatan dan bahan yang diperlukan.
Alat dan bahan- yang harus dipersiapkan sebelum membuat kreasi bross dari kain flanel ini adalah :
1. Kain flanel.
2. Benang + Jarum.
3. Lem Tembak.
4. Gunting.

Peralatan yang digunakan

Apabila alat dan semua bahan yang di perlukan sudah dipersiapkan, maka langkah berikutnya adalah menggunting kain flanel dengan bentuk lingkaran . Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan keinginan anda.  Selanjutnya kain flanel yang berbentuk lingkaran tersebut harus digunting lagi hingga mendapatkan bentuk setengah lingkaran. Gambar tutorial lengkapnya seperti yang ada di bawah ini.

Tutorial bross bunga mawar cantik dari flanel part 1
Setelah langkah menggunting selesai kemudian dilanjutkan dengan menjahit potongan kain flanel yang berbentuk setengah lingkaran. Menjahitnya yaitu pada bagian yang lurus  dengan cara dijahit jelujur. Tujuan menjahit jelujur disini untuk membuat kerutan. Jahit semua potongan flanel kemudian serut seperti pada gambar 2. Jangan lupa jahit mati agar benang tidak kendor.

Setelah proses menjahit selesai kemudian gabungkan mahkota bunga yang sudah diserut dengan cara ditumpuk sebagian. Lem semua potongan flanel yang berbentuk mahkota bunga dengan cara yang sama hingga didapatkan hasil seperti gambar 4. Selanjutnya gulung. Beri sedikit lem pada bagian luar mahkota bunga untuk menempelkan dengan cara diputar hingga berbentuk seperti bunga. Selanjutnya gunting lagi kain flanel berbentuk lingkaran sebagai alas untuk menempelkan bunga. Untuk mempercantik tampilan bunga tambahkan aplikasi daun. Potong kain flanel berwarna hijau , pilihlah yang warnanya hijau segar. Kemudian tempel kan potongan flanel bentuk daun tadi menggunakan lem pada bagian bawah bunga. Kemudian tempelkan potongan kain flanel yang berbentuk lingkaran tadi sebagai alas atau penutup agar rapi.

Tutorial bross bunga mawar cantik dari flanel part 2
Langkah terakhir adalah memasang peniti bross dengan cara dilem tembak. Sebenarnya bunga mawar yang sudah jadi  tidak hanya bisa digunakan untuk bross saja , anda bisa mengaplikasikan bunga mawar flanel yang sudah dibuat tadi untuk hiasan bando,jepit rambut, hiasan sandal anak ataupun untuk asessoris baju.

Bagaimana kawan ? Mudah bukan cara membuat bunga mawar flanel ? Cara membuatnya mudah sih sebenarnya, yang tidak mudah itu menulis tutorialnya hehe.
Demikianlah sharing saya tentang Kreasi DIY (Do It Yourself) bross bunga mawar dari kain flanel yang bisa saya bagikan. Sebenarnya masih banyak kreasi mawar flanel yang lain dengan tutorial yang berbeda tentunya.
Oke, semoga bermanfaat dan bisa menjadikan inspirasi bagi anda sekalian.

0 Response to "Kreasi DIY Bross Bunga Mawar dari Kain Flanel "

Posting Komentar

DMCA