Kreasi Kain Perca untuk Peluang Usaha yang Menjanjikan

Tahu kan kain perca? ya tahu lah sist. Kain perca itu kan kain dari sisa pembuatan pakaian, biasanya berupa potongan kain-kain kecil yang dibuang oleh pemiliknya karena di anggap sebagai sampah sisa pembuatan pakaian. Kain perca biasanya berasal dari usaha konveksi atau penjahit rumahan. Sepintas kain sisa ini tidak memiliki manfaat, tapi sebenarnya sisa kain ini dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang berguna dan memiliki nilai jual.

Nah, daripada dibuang ke tempat sampah lebih baik dimanfaatkan. Kain perca dapat disulap menjadi barang-barang kerajinan yang unik seperti tas, dompet, acessories, cempal dan lain sebagainya. Berbicara tentang membuat kerajinan kain perca, ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, cukup sedikit ketekunan dan kreativitas kita saja.

Manfaat Kain Perca

Seperti yang kita ketahui, kini kain perca banyak digunakan oleh industri rumah tangga atau yang lazim disebut homemade dengan produknya yang kita kenal sebagai produk handmade. Usaha ini didirikan dengan tujuan untuk mencari keuntungan serta untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen akan suatu produk yang berkualitas dan bermutu. Keunikan serta kecantikan produk yang dihasilkan dari kreasi kain perca berasal dari paduan warna, motif serta modifikasi lainnya sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Untuk mempercantik produk dari kain perca, kita bisa menambahkan kain flanel sebagai aplikasi atau hiasan dengan model sesuai yang kita inginkan. Dan ternyata kerajinan kain ini juga menjadi salah satu kerajinan yang diminati para ibu rumah tangga dan remaja putri. Tidak sedikit dari komunitas tersebut yang sukses menciptakan kerajinan berkualitas dan bernilai seni tinggi. Tidak hanya di dalam negeri saja, produk mereka sudah merambah ke luar negeri dan dapat menembus pasar internasional.

Intinya, kerajinan dari kain perca ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga, remaja putri atau siapa saja yang memiliki bakat dan minat di bidang jahit-menjahit. Untuk mempelajari kerajinan perca ini, kita bisa belajar secara otodidak dengan membaca berbagai buku panduan yang bisa ditemukan di toko-toko buku, baik online maupun offline.

Selain itu, kita juga bisa belajar langsung dari para pengrajin kain perca yang saat ini sudah cukup banyak yang membuka kursus untuk umum.Tunggu apa lagi, bagi yang berminat menekuni usaha ini, anda bisa memulainya dari sekarang.

Contoh Kreasi Saya

Kalau saya pribadi membuat kreasi kerajinan dari kain perca sekedar menyalurkan hobby untuk mengisi waktu luang yang tentunya  menghasilkan uang juga :). Dan di bawah ini adalah kreasi dari kain perca yang saya hasilkan. Semoga bisa menjadi inspirasi.

Softcase Hp ini saya buat dari kain perca ketika membuat baju anak. Anda bisa membuatnya sendiri dan silahkan kreasikan sesuai keinginan anda. Silahkan baca tutorialnya jika diperlukan.

Softcase HP unik dari kain perca

Dompet HP, cara membuatnya sangat mudah. Banyak blog yang menyediakan tutorial menjahit dompet simpel seperti ini.

Dompet HP unik dari kain perca

Asessories rambut. Saya rasa anak SD pun juga bisa membuat asessoris seperti ini.

Asessoris rambut yang mudah dibuat dari kain perca

Tas slempang kecil ini pesanan tetangga, buat jalan-jalan katanya :)

Tas selempang kecil yang dibuat dari kain perca

Tempat pensil ini pesanan anak tetangga. Kalau beli di toko kan tidak ada namanya. Benar gak sist ?

Tempat pensil nama yang dibuat dari kain perca

Demikianlah artikel tentang kreasi kain perca untuk peluang usaha yang menjanjikan. Silahkan kembangkan kreativitas anda. Semoga berhasil dan bisa menginspirasi orang lain.

Happy crafting. Salam kreatif ...

0 Response to "Kreasi Kain Perca untuk Peluang Usaha yang Menjanjikan"

Posting Komentar

DMCA