Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana

Memiliki buah hati adalah anugerah yang paling indah bagi para orang tua. Berbagai cara dilakukan para orang tua untuk menunjukkan kasih sayangnya, misalnya membelikan baju dan perlengkapan lainnya.

Baju Anak

Berbicara tentang baju, untuk anak perempuan modelnya tentu lebih banyak jika dibandingkan baju anak laki-laki. Jika hanya membelikan saja, mungkin kita akan sedikit bosan karena terkadang model dan bahan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika sudah demikian tidak ada salahnya untuk membuat baju anak sendiri .Untuk membuat baju anak pilih jenis kain katun yang lembut misalnya katun jepang dengan ukuran yang agak longgar agar anak merasa nyaman.

Menjahit Baju Sendiri

Menjahit sendiri baju untuk anak tidaklah mudah jika kita tidak memiliki keterampilan dasar, namun jangan berkecil hati karena keterampilan dan keahlian menjahit bisa kita dapatkan dengan belajar melalui kursus ataupun otodidak. Apalagi sekarang banyak tutorial menjahit yang bisa kita dapatkan dari internet, baik itu berupa teks maupun tutorial dari video Youtube.




Jika kita bisa membuat baju anak sendiri sudah barang tentu akan mengurangi pengeluaran. Kita bisa berkreasi dengan banyak model yang bervariasi yang bisa kita dapatkan dari majalah atau dengan searching Google. Ada kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri jika bisa membuat baju sendiri. Jika keahlian menjahit dikembangkan, sudah barang tentu akan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ini adalah baby dress pesanan mbak Meita Dewi Safitri beberapa bulan yang lalu.

Membuat baju anak

Untuk membuat baju anak seperti diatas langkah pertama yaitu dengan melakukan pengukuran. Kita juga bisa menjiplak ukuran baju yang sudah jadi. Untuk memudahkan proses menjahit selanjutnya kita membuat pola terlebih dahulu. Pola dibawah ini saya buat dengan ukuran standart konveksi untuk anak usia 1 sampai 3 tahun .

Setelah pola selesai dibuat selanjutnya aplikasikan pada kain. Pola terdiri dari pola kerah, pola dress bagian atas dan bawah. Untuk pola bagian atas terdiri dari pola depan dan belakang. Pola belakang dipotong menjadi dua untuk memasang resleting. Anda bisa menggunakan salah satunya.

Pola 1 membuat baju anak

Cara memotong kerah
Tumpuk dua kain, sisi yang bagus saling berhadapan. Letakkan pola kerah di atasnya. Selanjutnya gambarlah kerah pada kain dengan menggunakan pensil kapur. Beri jarak 1 cm untuk kampuh jahitan. Kemudian potong kain menurut pola. Jangan lupa potong pula kain viselin untuk lapisan kerah. Selanjutnya potong kain untuk lapisan kerung leher. Untuk bagian belakang ada dua potongan. Untuk bagian depan bisa langsung dipotong melengkung atau dua kali potong jika kain tidak cukup.

Pola kerah membuat baju anak

Cara memotong atasan depan
Bentangkan kain, letakkan pola bagian depan di atasnya. Selanjutnya gambarlah pola baju tersebut pada kain. Beri jarak 1 cm untuk kampuh. Kemudian potong kain menurut pola.

Pola atasan depan baju anak

Cara memotong atasan belakang
Caranya sama seperti memotong atasan bagian depan. Pola belakang seperti pola depan, namun ada perbedaan sedikit pada kerung leher dan kerung lengan. Untuk bagian belakang,  pola kita potong menjadi dua. Kita pakai salah satunya untuk menggambar pola. Caranya tumpuk dua kain dengan sisi yang bagus saling berhadapan. Selanjutnya letakkan pola bagian belakang. Gambarlah pada kain menurut pola. Beri jarak 1 cm untuk kampuh dan 2 cm untuk memasang resleting.

Pola atasan belakang baju anak

Cara memotong rok
Disini saya menggunakan pola rok depan dan belakang. Sehingga terdapat sambungan pada kedua bagian samping dan belakang seperti rok pada umumnya. Namun jika anda memiliki kain yang panjang, rok bisa dipotong langsung tanpa adanya sambungan samping kanan dan kiri hanya bagian belakang saja yang disambung.



Untuk rok bagian depan, bentangkan kain selanjutnya lipat menjadi dua. Letakkan pola rok di atasnya. Letakkan pada sisi kain bukan pada lipatannya. Kemudian tambahkan 10 cm untuk membuat kerutan. Lakukan pula untuk rok bagian belakang sehingga total tambahan untuk membuat kerutan yaitu 20 cm untuk rok bagian depan dan 20 cm untuk rok bagian belakang.

Pola bawahan rok baju anak

Cara menjahit baju anak

Pertama-tama gabungkan baju bagian depan dan belakang. Jahit bagian bahu dan bawah lengan. Selanjutnya jahit obras. Kemudian buat kerut pada bagian rok depan dan belakang dengan cara dijahit panjang-panjang (benang diatur langkahnya panjang-panjang dan agak kendor). Selanjutnya tarik benang, kembalikan ke settingan normal kemudian jahit tindas. Jika kerutan sudah selesai dibuat, selanjutnya sambungkan rok bagian depan dan belakang kemudian jahit obras.

Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan bagian rok dan atasan. Jahit obras agar serat kain tidak terburai. Selanjutnya jahit bagian belakang dimulai dari bawah (rok) dan berhenti pada bagian yang ditandai untuk memasang resleting. Setelah itu Pasang resleting. Selanjutnya pasang kerah baju yang sudah dijahit dan lapisannya (pleseran). Untuk bagian kerung lengan agar rapi bisa dipasang lapisan (pleseran). Cara membuatnya yaitu dengan memotong kain agak melengkung mengikuti kerung lengan. Langkah terakhir yaitu menjahit kelim, yaitu menjahit rok bagian yang paling bawah.

Itulah pola sederhana versi saya untuk memudahkan membuat baju untuk anak. Anda pun juga bisa Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana untuk putri anda tercinta. Trima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat. Happy Crafting Salam Ceria ...

0 Response to "Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana"

Posting Komentar

DMCA