Tentang Kain Katun Jepang

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya yang tidak bisa membedakan antara kain katun jepang dan katun biasa. Waktu itu saya dapat kiriman paket kain dari mbak Dewi yang berisi 10 lembar kain dengan motif yang berbeda. Menurut mbak Dewi, semua kain yang dikirimkan itu adalah katun jepang. Dalam hati saya bertanya-tanya, benarkah ini katun jepang? Karena tidak percaya begitu saja, akhirnya saya melakukan cek dan ricek ke toko terdekat sembari mencari informasi dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

Dan survey pun membuktikan, diantara 10 lembar kain yang saya sebutkan tadi hanya 2 lembar saja yang benar-benar asli katun jepang. Setali tiga uang dengan saya, ternyata mbak Dewi juga tidak bisa membedakan mana kain katun jepang dan mana kain katun biasa. Anehnya, si penjual kain di toko tempat dia membeli mengatakan kalau itu semua kain katun jepang. How can ?

Mengapa disebut Katun Jepang?

Anda semua pastinya juga sudah tahu kain katun kan? Dan ternyata kain katun itu sendiri bermacam-macam jenisnya itu memang benar, salah satu diantaranya adalah katun jepang. Mengapa disebut katun jepang? ya dilihat dari namanya saja menggunakan kata Jepang. Berarti kain ini penemunya adalah orang Jepang.

Kain ini pertama kali hanya diproduksi di Jepang. Namun karena permintaan pasar yang begitu besar, akhirnya kain ini tidak hanya di produksi di Jepang saja, tetapi di produksi di negara lain salah satunya Indonesia. Kain katun jepang ini memiliki tekstur yang sangat lembut, tidak licin, adem dan tentu saja menyerap keringat. Meskipun sama -sama katun, kain katun jepang jelas berbeda dengan kain katun lainnya, misalnya katun silk, katun paris, katun foil, atau katun biasa. Untuk lebih jelasnya yuk, kita simak ciri-ciri kain katun jepang dan perbedaannya dengan katun biasa.

Contoh kain katun jepang yang banyak digunakan

Ciri-ciri Kain Katun Jepang

  • Kain katun jepang memiliki tekstur yang lembut, halus dan adem .
  • Dibuat dari 100% kapas alami tanpa campuran bahan sintetis.
  • Motifnya beragam, penuh warna , memiliki efek agak mengkilap atau shiny tapi tidak selalu. Jika dicuci tidak luntur dan warna tidak mudah pudar meskipun dicuci berkali-kali.
  • Di bagian tepi kain terdapat tulisan pure cotton japanesse atau jika tidak ada, biasanya ada cap  Japan Design
  • Kain katun jepang memiliki daya serap keringat  yang lebih baik jika dibandingkan katun biasa atau katun yang lain sehingga kain jenis ini sangat cocok jika dijadikan bahan pakaian untuk anak-anak.
  • Sebanding dengan kualitasnya, harga kain katun jepang relatif lebih mahal dibanding katun biasa.
  • Jika di raba permukaan kain katun jepang ini lebih halus tapi tidak licin.
Itulah ciri-ciri kain katun jepang. Dengan mengetahui perbedaan katun jepang dengan katun biasa, harapannya kita tidak sampai salah ketika ingin membeli.

Produk dari Katun Jepang

Saat ini katun jepang sangat diminati karena memang terbukti nyaman ketika dipakai dalam segala suasana. Berikut ini produk yang bisa dihasilkan dari bahan katun jepang.

Baju anak

Contoh baju anak yang dibuat dari katun jepang

Baju anak berbahan katun jepang sangat mudah didapatkan apalagi bagi anda yang tinggal di kota besar. Hal ini disebabkan karena baju berbahan katun jepang sedang musim. Motif dan warnanya yang cerah dan bervariasi  sangat cocok dan lucu untuk anak-anak .

Gamis

Contoh model baju gamis katun jepang

Gamis berbahan katun jepang sangat nyaman dipakai dalam segala suasana apalagi ketika cuaca panas, karena bahannya yang mudah menyerap keringat , gamis berbahan katun jepang ini, kini menjadi pilihan kaum muslimah.

Sprei/ Bed cover

Contoh bed cover berbahan kain katun jepang

Karena dibuat dari bahan yang berkualitas maka tidur pun semakin nyenyak . Motifnya yang cerah semakin memperindah penampilan ruangan.

Dompet

Contoh dompet berbahan katun jepang

Ternyata dompet dari bahan katun jepang tidak kalah cantiknya dengan dompet yang berbahan kulit ataupun imitasi.

Hijab dan Mukena

Contoh mukena berbahan kain katun jepang

Mukena katun jepang ini seolah tidak mau ketinggalan dengan saudarinya yang saat ini juga sedang booming yaitu hijab. Apalagi di bulan puasa, kalau saya perhatikan banyak jamaah sholat tarawih yang mengenakan mukena baru. Ketika saya bertanya kepada ibu-ibu di sebelah saya yang mengenakan mukena motif bunga-bunga. Bu, mukenanya bagus. Belinya dimana? Beliau pun menjawab iya, ini mukena katun jepang asli mbak, belinya di toko online. Saya pun tersenyum sambil memperhatikan mukena saya yang berbahan katun biasa dan sudah jadul :).

Bagaimana? Tertarik dengan mukena katun jepang? Atau anda ingin membuatnya sendiri? Khusus pemula yang sedang belajar menjahit, kapan-kapan saya buatkan tutorialnya .

Sekian pembahasan Tentang Kain Katun Jepang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Sumber gambar : wap.tokopedia.com

0 Response to "Tentang Kain Katun Jepang"

Posting Komentar

DMCA