Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan, kain flanel adalah bahan yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para pengrajin. Kain flanel, bagi kita yang menekuni dunia crafting tentunya sudah tidak asing lagi. Namun bagi sebagian orang yang masih awam pastinya akan bertanya-tanya tentang kain flanel dan fungsinya.

Saya sendiri mengenal kain flanel sekitar tahun 2012, dimana saat itu sedang booming-boomingnya kerajinan dari kain flanel. Kebetulan ada saudara yang memiliki usaha counter HP dan melengkapi tokonya dengan aksesoris termasuk yang berbahan dari kain flanel seperti jepit rambut, bross, bando, gantungan kunci dan dompet HP yang laris manis pada saat itu.

Maraknya usaha di bidang aksesoris berbahan kain flanel, membuat saya tidak ingin menyia-nyiakan momen yang ada. Saya jadi latah dan ikut-ikutan membuat kerajinan dari kain flanel. Saya rajin browsing internet untuk mendapatkan ide dan tutorial. Dari belajar secara autodidak inilah, alhamdulillah banyak karya yang sudah saya hasilkan kemudian saya jual dengan cara menitipkan nya ke toko saudara.

Dan di bawah ini adalah salah satu contoh kreasi flanel saya yaitu gantungan kunci tikus yang imut , lucu, dan memiliki nilai jual tentunya.

Contoh ganci tikus kain flanel

Sayangnya pada tahun 2014 , bisnis yang saya rintis dan sudah mulai menampakkan hasil akhirnya harus terhenti karena urusan study.

Apa sih Kain Flanel itu?

Definisi Kain flanel

Kembali ke topik pembahasan kain flanel. Definisi kain Flanel atau felt menurut Wikipedia adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Secara umum terdapat 2 tipe kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda. Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal. Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya.

Fungsi Kain Flanel?

Seperti yang saya jelaskan tadi, salah satu fungsi kain flanel adalah untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Yang saya sukai dari kain flanel adalah memiliki warna yang beraneka macam dan teksturnya yang lembut. Karena lembut , kain flanel aman untuk anak-anak apabila dibuat menjadi mainan. Bahkan kain flanel ini sangat cocok dan sering dibuat untuk media pembelajaran. Kain flanel ini juga sering digunakan sebagai bahan utama untuk tugas kerajinan tangan murid-murid di sekolah dan juga sangat dibutuhkan oleh pemula yang ingin belajar crafting.

Untuk mendapatkan kain flanel sangatlah mudah. Kita bisa membeli kain flanel di toko alat jahit terdekat, biasanya kain flanel ini dijual lembaran dan meteran. Yang lembaran dengan ukuran 20 x 20 cm biasanya dijual dengan harga antara Rp. 1.500 - Rp. 2.000. Dan untuk ukuran meteran harganya jauh lebih murah.

Nah, bagi anda yang baru pemula dan ingin mencoba membuat kerajinan dari kain flanel, tidak ada salahnya mencoba tutorial yang saya bagikan ini.

Cara membuat gantungan kunci bentuk tikus

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Kain flanel
2. Gantungan kunci
3. Benang
4. Benang sulam
5. Tali kur
6. Dakron

Peralatan yang dibutuhkan: gunting, jarum, lem tembak.

Peralatan yang digunakan untuk membuat gantungan kunci

Apabila bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan sudah anda persiapkan , selanjutnya anda tinggal mengikuti langkah-langkah seperti yang ada pada gambar di bawah ini .

Tutorial cara membuat gantungan kunci tikus

1. Langkah pertama, potong kain flanel seperti pada gambar 1, silahkan pilih warna kain flanel sesuai dengan yang anda inginkan tentunya.

2. Kemudian jahit kain flanel yang berbentuk oval (badan tikus). Jangan dijahit seluruhnya, sisakan pada bagian ujungnya untuk memasukkan tali kur yang sudah dikaitkan ke gantungan kunci.

3. Setelah proses menjahit selesai, gunting kira-kira 2 cm di bagian ujungnya, lalu balikkan bagian luar yang sudah dijahit tadi

4. Kemudian masukkan tali kur yang sudah dikaitkan dengan gantungan kunci lalu jahit mati agar gantungan tidak mudah lepas. Cara menjahit tali kurnya sebenarnya bisa dilakukan sebelum dibalik. pilih cara yang mudah saja menurut anda. Jangan lupa menjahit potongan flanel untuk bagian ekornya.

5. Setelah proses menjahit selesai, masukkan dakron ke dalam kain flanel kemudian jahit pada bagian yang digunting tadi menggunakan tusuk feston.

6. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan telinga. Untuk bagian telinga, beri lem sedikit dibagian tengahnya kemudian cubit agar menyatu kemudian tempelkan ke bagian badan. Selanjutnya tempelkan semua potongan-potongan flanel dan juga bagian ekor. Langkah terakhir yaitu menjahit kumis tikus.   

Bagaimana shobat ? cukup mudah kan cara membuat gantungan kunci tikus dari kain flanel? Semoga Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba dan happy crafting :)

0 Response to "Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA