Kreasi Bunga dari Kulit Jagung plus Tutorial Cara Membuatnya

Jagung adalah tanaman palawija yang ditanam oleh petani pada musim kemarau. Ketika musim panen tiba biasanya hasil panen langsung dibawa pulang oleh pemiliknya. Selanjutnya jagung-jagung tersebut dikupas  bersama-sama oleh orang-orang yang dipekerjakan. Bagi anda yang tinggal di pedesaan pastinya tidak asing lagi dengan istilah oncek jagung yaitu bekerja mengupas kulit jagung hehee. Pada umumnya orang menganggap kulit jagung atau klobot adalah sampah yang tidak berguna meskipun ada juga yang memanfaatkannya untuk pakan sapi. Tidak hanya di halaman rumah petani, kulit jagung yang kelihatannya tidak berharga ini juga sering kita jumpai di pasar-pasar atau pada penjual jagung bakar.

Manfaat Klobot atau Kulit Jagung

Berbicara mengenai kulit jagung, mungkin hanya sebagian kecil saja orang yang tahu, kalau ternyata lembaran-lembaran pembungkus tongkol jagung ini bisa disulap menjadi bunga-bunga cantik yang menghasilkan omzet puluhan juta rupiah. Bahkan produk bunga yang dihasilkan dari bahan kulit jagung kini sudah menembus pasar internasional.

Kreasi bunga dari kulit jagung yang memiliki nilai jual

Bagaimana kawan ?Apakah anda juga ingin mencoba peruntungan bisnis bunga dari kulit jagung ? Atau mungkin anda ingin menghias ruangan dengan bunga-bunga cantik dari kulit jagung hasil kreasi sendiri ?

Contoh kreasi bunga yang indah dari kulit jagung
Berikut ini adalah cara mudah membuat bunga dari kulit jagung yang mungkin bisa anda coba.
Untuk membuat bunga dari kulit jagung ini , alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.
1. Gunting
2. Setrika
3. Catok rambut
4. Tang untuk memotong kawat
5. Kulit Jagung
6. Cat akrilik
7. Kertas pola
8. Lem
9. Kawat
10.Kertas  pelipit

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung

Tutorial dan cara mudah membuat bunga dari kulit jagung
Agar hasilnya bagus, pilihlah kulit jagung yang utuh kemudian rebus kulit jagung selama kurang lebih satu jam. Atau anda bisa juga memakai kulit jagung rebus. Kemudian kulit jagung yang sudah direbus tadi ditiriskan dan dikeringkan, menjemurnya cukup diangin-anginkan saja, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung karena bisa mengakibatkan kulit jagung pecah.

Di bawah ini adalah proses pembuatan secara detail berdasarkan gambar.
1. Setelah kulit jagung kering kemudian disetrika. Usahakan suhu setrika jangan terlalu panas. Tujuan menyetrika disini agar kulit jagung tidak berkerut.

2. Selanjutnya gunting kertas untuk pola .Kita buat pola dengan bentuk yang paling mudah dulu.

3. Selanjutnya gunting kulit jagung sesuai pola. Untuk membuat bunga satu tangkai biasanya diperlukan 6 sampai 8 helai mahkota bunga.

4. Beri warna mahkota bunga dengan cat akrilik. Penggunaan cat akrilik bertujuan agar bunga awet dan tahan lama. Jika tidak ada cat akrilik bisa menggunakan pewarna makanan atau pakaian.

5. Setelah cat kering, kemudian lengkungkan mahkota bunga dengan menggunakan catok rambut. Catok rambut yang dipanaskan ini berguna untuk meratakan pewarna agar bunga tampak alami.

6. Ambil satu-persatu helai mahkota bunga, beri lem di tengah-tengah mahkota bunga bagian bawah kemudian tempelkan tangkai kawat yang sudah dipotong.

7. Langkah berikutnya yaitu merangkai mahkota bunga. Ambil satu-persatu mahkota bunga yang sudah ditempeli kawat. Rangkai dengan cara melingkar.

8. Lanjutkan merangkai semua helai mahkota bunga hingga membentuk bunga sambil ditekan-tekan agar kawat semakin melekat. Selanjutnya buat benang sari dari kulit jagung untuk menutupi kawat yang dilem. Kemudian pilin tangkai kawat dengan rapi dan bungkus pilinan kawat dengan kertas pelipit warna hijau.

9. Selesai. Bunga sudah jadi dan siap menghias ruangan.

Demikianlah kreasi bunga dari kulit jagung plus tutorial cara membuatnya. Sebenarnya masih banyak bentuk-bentuk bunga dari kulit jagung yang lebih bagus dan menarik. Bentuk bunga seperti yang ada pada tutorial di atas adalah yang paling simpel dan mudah proses pembuatannya.

Oke deh, selamat berkarya ya. Siapa tahu limbah kulit jagung yang tadinya tidak berguna ternyata bisa menjadi ladang penghasilan baru bagi anda.

0 Response to "Kreasi Bunga dari Kulit Jagung plus Tutorial Cara Membuatnya"

Posting Komentar

DMCA