Kreasi dan Tutorial Membuat Tempat Pensil Lucu dari Kain Perca

Musim libur sekolah sebentar lagi usai, saatnya back to school. Memasuki tahun ajaran baru, sebagian orang tua tampak begitu sibuk mempersiapkan perlengkapan sekolah untuk sang buah hati. Bagi orang tua yang putra-putrinya baru pertama kali masuk sekolah, tahun ajaran baru biasanya identik dengan yang baru-baru, seragam baru, tas baru, sepatu baru, tempat pensil baru plus peralatan tulisnya.

Memiliki perlengkapan sekolah yang baru merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Pengalaman saya ketika masih kecil dulu, betapa senangnya dibelikan sepatu baru atau tas baru pada saat libur kenaikan kelas. Tak sabar rasanya menunggu hari mulai masuk sekolah lagi, agar saya bisa segera memakai sepatu baru dan tas yang juga baru.

Perlengkapan Sekolah Untuk Anak

Berbicara mengenai perlengkapan sekolah, untuk memilikinya tidak harus dengan cara membeli. Misalnya tas atau tempat pensil. Kalau bisa membuat sendiri, kenapa tidak.

Nah, kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat salah satu perlengkapan sekolah yang bisa dibuat sendiri dengan mudah yaitu tempat pensil. Bahan yang digunakan seperti biasa, kain perca. Jika tidak ada kain perca, kita bisa menggunakan baju bekas atau celana jeans yang sudah tidak dipakai. Jika baju bekas dan celana jeans bekas juga tidak ada, anda bisa minta kain perca ke tetangga atau silahkan datang saja ke rumah saya (edisi memaksa hihi) dan silahkan ambil gratis karena saya memiliki sekarung kain perca itupun dari pemberian tetangga yang baik hati.

Tempat pensil lucu dan unik dari kain perca

Oke langsung saja ya,  berikut ini tutorialnya.

Persiapkan dahulu alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan.
1. Gunting
2. Lem tembak
3. Jarum + benang
4. Kain katun berukuran 28 cm x 24 cm
5. Busa hati/busa jilbab dengan ukuran 28 cm x 22 cm
6. Kain + busa hati untuk tali
7. Resleting ukuran 25 cm
8. Renda dan hiasan

Tutorial tempat pensil lucu dan unik dari kain perca

Cara membuat tempat Pensil

Letakkan busa hati di bagian dalam kain, ratakan kain dengan cara ditarik agar kencang kemudian lipat kampuh (jarak tepi) dan sematkan jarum pentul. Selanjutnya jahit resleting di tepi kain yang dilipat tadi. Jarum pentul jangan dilepas dulu agar kain tetap kencang. Cara menjahitnya dari luar.

Agar mudah lebih baik dijahit dulu dengan teknik tusuk jelujur seperti pada gambar 2 kemudian jahit dengan mesin. Berhubung saya menggunakan resleting baju, ketika menjahit sisi satunya terjadi masalah karena sepatu mesin terhalang oleh besi berbentuk persegi kecil yang ada di resleting sehingga terpaksa, besi dan kepala resleting harus di lepas. Lain halnya jika menggunakan resleting meteran pasti lebih mudah.

Setelah resleting dijahit di kedua sisinya selanjutnya pasang lagi kepala resleting yang tadi dilepas kemudian jahit dengan tangan untuk mengamankan resleting sebagai pengganti besi kecil yang dilepas tadi. Ini bertujuan agar resleting tidak terbuka.

Selanjutnya balik kain seperti gambar 6 sehingga busa hati berada di luar dan sematkan jarum pentul agar tidak bergeser . Jangan lupa membuat tali untuk tempat pensil ini. Setelah itu lipat dan masukkan tali, kemudian jahit lurus menindas tali seperti yang tampak pada gambar 7. Lakukan pada sisi yang satunya.




Setelah kedua bagian selesai dijahit berikutnya adalah membuat sudut. Caranya dengan menjahit vertikal sehingga membentuk segitiga untuk keempat sisinya. Saya membuatnya dengan ukuran 2,5 cm dan 4,5 cm. Tujuan membuat sudut ini untuk membentuk ukuran tinggi tempat pensil. Jika keempat sisi sudah dijahit kemudian gunting masing-masing bagian sudut. Sisakan 1 cm agar jahitan tidak lepas. Balikkan sehingga posisi kain berada di luar.

Langkah terakhir yaitu menempelkan hiasan boneka dari kaos bekas yang dipercantik dengan renda. Selesai dan sudah jadi. Tempat pensil lucu ini siap menemani putra-putri anda kembali ke sekolah.

Memang kalau dipikir-pikir banyak sekali tempat pensil karakter lucu yang dijual di pasaran sehingga anak-anak tidak tertarik dengan tempat pensil handmade hasil karya mamanya. Tapi kalau kita membuat dengan model yang unik dan lucu pastinya anak-anak akan tertarik dan menyukainya. Buktinya tempat pensil yang saya buat untuk tutorial kali ini. Setelah jadi , tempat pensil ini langsung saya berikan kepada keponakan saya yang sekolah di PAUD. Entah apa yang membuat dia tertarik. Mungkin warnanya, bentuknya atau bisa jadi karena ada boneka kriwilnya Open-mouthed smile

Demikianlah kreasi dan tutorial membuat tempat pensil lucu dari kain perca.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kreasi dan Tutorial Membuat Tempat Pensil Lucu dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA