Tutorial Cara Membuat Sarung HP Owl dari Kain Perca

Smartphone merupakan barang berharga bagi pemiliknya. Di era digital seperti sekarang ini kehadiran smartphone memberikan banyak manfaat dan kemudahan diantaranya sebagai alat untuk berkomunikasi jarak jauh, bisa mengakses informasi tertentu melalui internet, sebagai sarana hiburan dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya yang dikemas dan disajikan oleh benda elektronik canggih bernama smartphone. Karena alasan inilah maka bukan hal yang aneh, jika smartphone oleh sebagian orang dianggap sebagai teman setia yang selalu menemani pemiliknya dimanapun dia berada. Karena sudah masuk kategori benda berharga, melindungi dan menjaga smartphone merupakan hal yang harus dilakukan diantaranya dengan membelikannya sarung HP.

Membuat Sarung HP yang Unik


Sarung HP Owl dari kain perca

Selain melindungi, fungsi lain dari sarung HP yaitu untuk mempercantik penampilan smartphone atau stupidphone kesayangan kita. Harga sarung Hp yang dijual di pasaran pun bervariasi, dari belasan ribu sampai puluhan ribu. Ada sarung HP yang dipasarkan di internet dijual dengan kisaran harga sampai ratusan ribu rupiah, bahkan ada juga yang dijual dengan harga puluhan dollar. Mungkin penjualannya sudah sampai ke manca negara . Padahal bahan bakunya murah meriah, membuatnya bahkan bisa dibilang sangat mudah karena modelnya yang simple.

Kalau menurut saya, daripada membeli dengan harga yang mahal tapi modelnya ya hanya itu-itu saja. Mengapa kita tidak mencoba membuat sarung HP sendiri dengan model yang lebih unik dan tidak ada duanya. Biasanya barang yang antik dan langka banyak dicari orang loh. Meskipun tidak sampai menembus pasar internasional, minimal ada teman dekat atau tetangga yang berminat membeli karya unik yang kita hasilkan. Hmmm satu lagi, peluang bisnis baru terbuka lebar. Jiahaha...

Nah, kali ini saya ingin membagikan tutorial cara membuat sarung HP Owl dari kain perca.
Alat dan bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah :
Gunting, jarum, benang, lem tembak, kain perca, kain flanel, busa angin untuk lapisan, kain sponbond untuk furing,resleting, mata boneka, gantungan kunci.
Cara membuat :

Tutorial cara membuat sarung HP Owl
Pertama-tama siapkan kertas hvs, buat pola seperti gambar 1 selanjutnya pecah pola untuk bagian depan sarung HP. Untuk bagian belakang satukan lagi sehingga menjadi pola yang utuh.

Potong kain perca , kain sponbond, kain flanel dan busa hati menurut pola seperti gambar 2. Beri jarak 1cm untuk kampuh jahitan. Untuk bagian kaki dan telinga potong dua kali (double)

Jahit potongan sayap pada bagian badan dengan cara sayap dilipat ke dalam terlebih dahulu, selanjutnya satukan dengan bagian kepala kemudian jahit tindas. Tempelkan bagian depan sarung owl pada busa angin kemudian jahit mata dan hidung owl menindas busa angin. Jahit pula bagian kaki dan telinga. Hasilnya seperti gambar 3.

Jahit telinga owl , kemudian jahit resleting dengan posisi menelungkup seperti gambar 4. Jahit dengan teknik tusuk jelujur menggunakan tangan.

Ambil potongan kain sponbond untuk furing, selanjutnya jahit dengan teknik tusuk jelujur diatas resleting dengan posisi kain sponbond menutupi bagian luar sarung owl. Selanjutnya jahit dengan mesin. Lakukan juga untuk bagian belakang sarung owl dengan cara yang sama. Jika tidak ada mesin jahit bisa dijahit dengan tangan menggunakan teknik tusuk tikam jejak.

Tutorial lanjutan membuat sarung HP Owl dari kain perca
Setelah proses menjahit resleting dan furing selesai, selanjutnya gabungkan bagian depan dan belakang sarung owl, selipkan pula bagian kaki owl kemudian jahit mengikuti bentuk pola. Proses selanjutnya yaitu menjahit furing mengikuti bentuknya. Dalam hal menjahit furing yang dijahit adalah bagian samping kanan dan kiri furing karena pada bagian bawah harus dibiarkan terbuka. Selanjutnya balik sarung HP bagian luar yang mulanya didalam dengan cara ditarik melalui furing yang belum dijahit tadi. Setelah dibalik, selanjutnya lipat tepi furing ke dalam kemudian jahit tindas.

Langkah terakhir yaitu memasang gantungan kunci yang dikaitkan pada kepala resleting dan memasang mata boneka dengan cara dilem tembak. 

Bagaimana ? mudah kan cara membuat sarung HP Owl ? Memang banyak sih tutorial cara membuat sarung HP Owl yang beredar di internet. Namun kali ini saya sengaja menyajikan tutorial yang berbeda. Jika ternyata ada kesamaan mungkin hanya suatu kebetulan yang tidak saya ketahui.

Ok guys, selamat berkreasi ya ! Ciptakan ide-ide kreatif lainnya sehingga menginspirasi banyak orang khususnya di dunia crafting. Akhir kata "Salam Ceria Berkreasi Tanpa Batas ".

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Sarung HP Owl dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA