Tutorial Membuat Angpao Karakter dari Kain Flanel

Merayakan lebaran dengan melakukan salam tempel sudah menjadi tradisi umat muslim di Indonesia. Salam tempel yakni memberikan amplop yang didalamnya berisi lembaran rupiah dengan jumlah tertentu yang dilakukan oleh orang yg lebih tua kepada anak-anak. Pemberian amplop dilakukan pada saat anak-anak tersebut bersalaman dengan orang yg lebih tua. Ketika anak mengulurkan tangan maka orang yg lebih tua menggenggam amplop dan menempelkannya ke tangan si anak kemudian diciumlah tangan orang yg lebih tua oleh si anak.

Salam tempel sebenarnya tidak diajarkan dalam Islam.Yang memperkenalkan dan melestarikan salam tempel adalah Cina dengan istilah yang disebut angpao (amplop warna merah) yang dibagikan pada saat merayakan Imlek. Meskipun bagi-bagi angpao adalah budaya Cina  bukan berarti Islam melarang melakukan salam tempel jika niatnya untuk berbagi atau memberi hadiah.

Angpao karakter keropi dari kain flanel

Angpao dari Kain Flanel

Meskipun lebaran sudah lewat, tidak ada salahnya kan jika pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorial membuat angpao tentunya dalam bentuk dan warna yang berbeda. Agar tidak menyerupai budaya Cina, maka angpao ini saya beri nama angpao karakter. Biasanya angpao lebaran terbuat dari kertas berbentuk amplop dengan gambar yang lucu-lucu, kali ini saya membuatnya dari kain flanel agar bekas angpaonya nanti tidak dibuang alias masih bisa dipergunakan adik-adik kita untuk gantungan kunci yang dikaitkan di tas sebagai tempat menyimpan uang saku. Assiiik...(terinspirasi oleh muridku)Hot smile

Untuk membuat angpao karakter, alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:
1. Gunting
2. Jarum
3. Lem tembak
4. Benang
5. Benang sulam
6. Kain flanel
7. Velcro
8. Gantungan kunci

Cara membuat:

Tutorial dan cara membuat angpao karakter keropi dari kain flanel

1. Buatlah gambar sebagai pola. Disini saya membuat pola gambar keropi. Setelah pola selesai dibuat selanjutnya gunting kain flanel menurut pola seperti gambar 1.
2. Beri sedikit lem pada kain flanel warna hijau dan merah kemudian tumpuk. Posisi kain flanel warna hijau menumpuk flanel warna merah kemudian jahit dengan menggunakan teknik tusuk feston.
3. Setelah kedua permukaan amplop dijahit hasilnya tampak seperti gambar 3.
4. Berikutnya adalah membuat mulut keropi dengan menggunakan benang sulam. Selanjutnya gabungkan kedua permukaan amplop dan jahit feston bagian tepinya. Setelah proses menjahit selesai dilanjutkan dengan memasang mata, kaki dan bulatan pada mulut keropi dengan cara dilem tembak. Jangan lupa pasang velcro dan gantungan kunci juga.
5. Angpao karakter sudah jadi dan tinggal menunggu isinya.

Mudah kan cara membuat angpao karakter dari kain flanel? Biasanya angpao flanel seperti ini dijual lusinan dengan harga yang agak mahal sebanding dengan bahan dan proses pembuatannya. Untuk kisaran harga silahkan cek sendiri ya. Daripada membeli kalau bisa membuat sendiri kenapa tidak.

Angpao karakter seperti ini selain digunakan untuk salam tempel, juga bisa digunakan untuk souvenir atau untuk sumbangan. Bagi anda yang memiliki penghasilan lebih, jangan lupa bersedekah agar rezeki anda berkah. Berikan angpao karakter hasil karya anda kepada anak-anak yang membutuhkan dan dijamin mereka pasti senang. Tapi ingat, jangan hanya angpaonya saja. Isi dengan nominal sesuai  kemampuan anda .

Demikianlah artikel tentang tutorial membuat angpao karakter dari kain flanel. Semoga bermanfaat. Selamat berkreasi dan berbagi rezeki...Open-mouthed smile

0 Response to "Tutorial Membuat Angpao Karakter dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA