Tutorial Membuat Gantungan Kunci Boneka Kaki Panjang

Berbicara tentang kerajinan dari kain flanel rasanya tidak ada habisnya. Banyak kreasi yang bisa kita hasilkan dari kain yang satu ini. Mulai dari bross, dompet, jepit rambut, sepatu, tempat HP dan masih banyak lagi kreasi lain dari kain flanel dengan aneka bentuk yang menarik.

Berbagi Tutorial Membuat Gantungan Kunci

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat gantungan kunci boneka kaki panjang. Saya tidak tahu pasti apa nama boneka yang memiliki kaki panjang yang tangan dan kakinya bisa ditekuk. Ada yang menyebutnya boneka candy. Boneka kaki panjang ini banyak dijual di toko-toko mainan. Karena lembut dan empuk, boneka jenis ini sangat disukai anak-anak dan biasanya menjadi teman tidur mereka.

Gantungan kunci boneka kaki panjang
Untuk membuat gantungan kunci boneka kaki panjang, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :
1. Alat tulis, pensil dan kertas untuk menggambar pola
2. Gunting
3. Jarum jahit dan benang
4. Lem tembak atau lem uhu
5. Kain flanel
6. Dakron
7. Manik-manik kecil untuk mata boneka
8. Benang sulam untuk membuat mulut
9. Tali kur kecil untuk mengaitkan gantungan kunci
10. Tali kur agak besar untuk tangan dan kaki
11. Gantungan kunci

Cara membuat

Tutorial gantungan kunci boneka kaki panjang

1.Pertama-tama kita buat pola terlebih dahulu pada kertas, kemudian gunting pola dan gambar pada kain flanel selanjutnya gunting kain flanel sesuai pola seperti gambar 1.

2. Gabungkan potongan kain flanel bagian kepala kemudian jahit tepinya dengan teknik tusuk feston. Sisakan sedikit lubang pada bagian atas untuk memasukkan dakron. Selanjutnya masukkan dakron dan lanjutkan menjahit untuk menutup lubang yang belum dijahit tadi. Langkah berikutnya yaitu memasang kaki dan tangan boneka pada tali kur dengan cara dilem. Selanjutnya satukan bagian tangan dan kaki yang terbuat dari tali kur dengan cara mengikat di bagian tengah dengan benang.

3. Tempelkan tali kur pada potongan baju bagian belakang kemudian tumpuk dengan potongan baju bagian depan. Tempelkan pula rambut poni pada kepala boneka.

4. Jahit baju bagian samping kanan dan kiri dengan teknik tusuk feston. Untuk baju bagian bawah biarkan terbuka. Selanjutnya pasang mata boneka dan buat mulut menggunakan benang sulam. Kemudian pasang tali kur yang sudah dikaitkan dengan gantungan kunci dengan cara dilem.

Selanjutnya beri lem juga di bagian belakang kepala dan tempelkan pada bagian badan. Berikutnya adalah menempelkan rambut belakang. Beri lem di bagian tengah rambut bagian belakang kemudian tempelkan pada bagian kepala selanjutnya jahit bagian rambut depan yang tepinya bertemu dengan tepi rambut belakang dengan teknik jahit feston. Agar boneka nampak manis, hias bajunya dan tambahkan bando pada bagian kepala dengan cara dilem. Beri perona pipi dengan menggunakan spidol warna merah.

5. Gantungan kunci flanel boneka kaki panjang sudah jadi dan siap dijual hehe.

Bagaimana ? mudah kan cara membuat gantungan kunci boneka kaki panjangnya ? Hasil kreasi seperti ini bisa diuangkan alias bisa dijual. Anda harus membuatnya dengan yang lebih bagus, lebih lucu dan lebih menarik dari yang saya buat. Dengan demikian, saya yakin kreasi anda pasti laris manis di pasaran. Lumayan kan untuk menambah uang jajan.

Berhubung gantungan kunci boneka kaki panjang ini hanya dua, jadinya nanggung kalau dijual. Mau saya pakai untuk gantungan tas kok ya aneh. Ya sudah, saya kasihkan saja pada anak-anak les yang menang duel perkalian dan gantungan kunci ini sebagai hadiahnya. Jujur saja, saya membuat gantungan kunci ini hanya sebagai bahan penulisan artikel. Sejauh ini belum ada niat untuk menjadikannya sebagai inspirasi bisnis.

0 Response to "Tutorial Membuat Gantungan Kunci Boneka Kaki Panjang"

Posting Komentar

DMCA