Cara Membuat Dompet HP dari Kain Perca plus Aplikasi Bunga

Bagi anda yang memliliki handphone, tentunya tidak lepas dari yang namanya aksesoris, betul ? Salah satu aksesoris Hp adalah dompet yang fungsinya selain untuk melindungi juga untuk mempercantik penampilan hp ketika dibawa kemana-mana.

Untuk bisa memiliki dompet HP, anda bisa membelinya di toko-toko aksesoris ponsel dengan harga yang bervariasi tergantung dari model, bahan dan materialnya. Namun seringkali dompet yang dijual di pasaran mulai dari harga yang murah sampai yang lumayan mahalpun belum tentu cocok dengan selera kita karena modelnya yang hanya itu-itu saja sehingga kadang membuat kita merasa bosan dan terbersit keinginan untuk membuat sendiri dengan beraneka macam model sesuai dengan yang kita inginkan.




Nah, setelah membagikan tutorial membuat dompet pensil aplikasi bunga, kali ini saya akan membagikan tutorial atau lebih tepatnya pengalaman saya membuat dompet hp aplikasi bunga. Dompet ini saya buat atas permintaan kakak saya. Tadinya saya ingin membuat dompet dengan model kucing tapi tidak jadi karena dompet kucing cocoknya untuk anak-anak. Akhirnya saya membuat dompet dengan bentuk yang sangat simple dan sudah umum layaknya dompet untuk menyimpan uang. Karena menurut saya, dompet seperti ini tampak elegant dan sesuai untuk ibu-ibu.

Dompet cantik untuk hp dari kain perca

Cara membuat dompet seperti ini juga sangat mudah. Sesederhana apapun jika kita bisa membuatnya sendiri maka akan memberikan nilai tambah karena dihasilkan dari tangan kita sendiri alias Do It Yourself. Dan satu lagi, dompet yang kita hasilkan juga bisa diuangkan. Percaya diri saja deh dengan kreasi kita.

Sekedar sharing, dulu saya pernah memproduksi beberapa dompet dengan model yang sederhana seperti pada artikel ini. Dompet-dompet tersebut kemudian saya jual dan ternyata laris manis padahal bahannya dari baju bekas yang saya gunting-gunting. Saya heran saja, kok ada yang mau beli ya hihihi...

Baiklah, jika anda juga ingin membuatnya dan kebetulan membutuhkan tutorialnya. Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan yaitu gunting, jarum dan benang, jarum pentul, kain perca katun, busa angin, resleting, renda bordir, renda zig-zag, kancing hias. Untuk hiasan dompet bisa diganti dengan bahan lain.

Cara membuat dompet HP

Tutorial dan cara membuat dompet hp dari kain perca
  • Potong kain perca katun, busa hati, kain furing seperti gambar 1. Siapkan juga renda bordir, resleting dan perca kain satin. Jika perca kain satin tidak ada bisa menggunakan kain polos berwarna cerah untuk hiasan bentuk bunga. Renda zig-zag disini saya gunakan untuk tali dompet, jika renda zig-zag tidak ada bisa diganti dengan kain perca katun senada dengan bahan.
Tutorial lanjutan pembuatan dompet hp dari kain perca
  • Selanjutnya tumpuk kain perca katun, busa  angin dan renda seperti gambar 2. Letakkan resleting di atasnya dengan posisi menelungkup kemudian tutup dengan kain furing seperti gambar 3 kemudian sematkan jarum pentul selanjutnya jahit jelujur agar mudah ketika dijahit dengan mesin jahit. Selanjutnya jahit sisi resleting yang satunya dengan cara yang sama. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar 4. Setelah proses menjahit resleting pada bahan selesai hasilnya akan tampak seperti gambar 5 dan 6.

  • Jahit tindas bahan seperti gambar 7 agar furing rapi dan tidak menyembul. Untuk menjahit tindas ini boleh dilakukan boleh tidak. Disini saya menjahit tindas karena ada renda untuk menutupi benangnya.

  • Proses selanjutnya adalah menjahit tepi dompet. Bentangkan furingnya seperti gambar 8. Jangan lupa selipkan renda zig-zag atau tali dompet yang sudah dibuat. Cara menjahitnya dimulai dari ujung furing. Furing bagian bawah biarkan terbuka untuk membalikkan dompet. Setelah dijahit hasilnya seperti gambar 9.  Selanjutnya balikkan dompet melalui lubang furing

  • Saatnya membuat hiasan bunga. Gunting kain satin atau kain lain dengan bentuk persegi sebanyak 10 potongan dengan ukuran 4x4cm. Kemudian gunting busa angin dan tumpuk dengan 2 potongan kain yang berbentuk persegi tadi selanjutnya jahit membentuk mahkota bunga kemudian rapikan dengan cara menggunting tepinya. Selanjutnya rangkai mahkota bunga dengan cara menjahitnya dengan tangan agar mahkota bunga tidak mudah lepas. Untuk mempercantik bunga tambahkan kancing hias.

  • Langkah terakhir, pasang aplikasi bunga pada dompet. Agar bunga tidak mudah lepas, kita bisa menjahitnya dengan tangan. Selanjutnya tarik furing dompet keluar seperti gambar 10 kemudian jahit untuk menutup furing.
Selesai sudah cara membuat dompet HP dari kain perca plus aplikasi bunga. Mudah sekali kan ? Selamat mencoba dan Happy crafting ! Salam kreatif

0 Response to "Cara Membuat Dompet HP dari Kain Perca plus Aplikasi Bunga"

Posting Komentar

DMCA