Tutorial Membuat Bunga Sepatu dari Kain Flanel

Setelah memposting materi pelajaran IPA bagian-bagian bunga, yang mana pada artikel tersebut saya mengupload beberapa gambar bunga salah satunya bunga sepatu. Bentuk dan warnanya yang sangat indah dari bunga inilah yang menginspirasi saya untuk membuat kreasi bunga.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorialnya. Bagaimana sih cara  membuat bunga sepatu? Mungkin diantara anda ada yang belum tahu dan membutuhkan tutorial cara membuatnya. Banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat bunga sepatu ini, namun pilihan saya jatuh pada kain flanel.

Bunga sepatu yang dibuat dari kain flanel

Tentang Bunga Sepatu

Seperti yang kita ketahui, bunga sepatu adalah bunga yang biasanya ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias karena warnanya yang sangat menarik. Bunga sepatu umumnya berwarna merah, namun sebenarnya bunga sepatu memiliki warna yang beraneka ragam tergantung jenisnya. Ada bunga sepatu yang berwarna kuning, oranye bahkan putih. Bunga sepatu tergolong bunga lengkap dan sempurna, lengkap karena memiliki semua bagian-bagian bunga, sempurna karena memiliki benang sari yaitu alat kelamin jantan dan putik yang merupakan alat kelamin betina. Oleh karena itu bunga sepatu disebut bunga hermafrodit (berkelamin ganda).

Cara Membuat Bunga Sepatu

Untuk membuat bunga sepatu seperti gambar diatas sangatlah mudah. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan adalah kain flanel, kawat atau lidi, kertas pelipit warna hijau, jarum, benang dan lem tembak.
Cara membuatnya sebagai berikut:

Cara mudah membuat bunga sepatu dari kain flanel
1. Pertama-tama buat pola kelopak dan mahkota bunga terlebih dahulu. Selanjutnya gunting kain flanel bentuk kelopak dan mahkota bunga mengikuti pola. Gunting pula kain flanel putih untuk dijadikan sebagai benangsari. Saran saya jika ingin membuat bunga sepatu, pilihlah kain flanel warna merah dan kuning agar lebih mirip dengan aslinya. Berhubung persediaan kain flanel saya habis, maka saya buat bunga ini dengan kain flanel yang ada.

2. Jahit menggunakan tusuk feston setengah dari helai mahkota bunga dengan cara menyatukan kelima bagian sisinya. Sebenarnya cara ini bisa diganti dengan hanya mengelemnya saja namun saya lebih suka menjahitnya dengan tusuk feston.

3. Setelah proses menjahit selesai, kelima helai mahkota bunga yang telah disatukan hasilnya akan tampak seperti gambar 3.

4. Gunting kain flanel warna kuning menjadi bentuk lingkaran-lingkaran kecil sebagai kepala sari selanjutnya tempelkan guntingan flanel yang sudah dibuat tadi pada kain flanel putih sehingga menyerupai bentuk benang sari. Selanjutnya beri lem dan tempelkan benang sari yang sudah dibuat tadi pada tangkai lidi dengan cara digulung. Gunting pula kain flanel hijau dengan bentuk menyerupai daun.

5. Buatlah lubang tepat di bagian tengah bunga dan bagian kelopaknya kemudian masukkan tangkainya. Beri lem agar mahkota bunga dan kelopaknya tidak bergeser. Atur posisi kelopak bunga dan beri sedikit lem kemudian tempelkan pada mahkota untuk menutupi jahit feston. Selanjutnya bungkus tangkai lidi dengan kertas pelipit warna hijau.

6. Bunga sepatu dari kain flanel sudah jadi dan siap menghias ruangan.

Bagaimana ? sangat mudah kan membuat bunga sepatu dari kain flanel. Bunga sepatu dari kain flanel ini akan lebih menarik jika dibuat dengan jumlah yang agak banyak dengan beraneka ragam warna sehingga memberi kesan rimbun.

Ok, sampai disini dulu ya, semoga tutorial yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kita semua.
Happy crafting

0 Response to "Tutorial Membuat Bunga Sepatu dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA