Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca

Sebenarnya saya sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi tak sama dengan artikel saya kali ini. Tutorial membuat softcase hp. Ya , saya sudah pernah membagikan tutorialnya. Namun tidak ada salahnya bukan jika saya ingin membagikan lagi tutorial atau lebih tepatnya pengalaman saya membuat softcase smartphone.

Softcase Untuk Smartphone Kesayangan

Mengapa saya menyebutnya softcase smartphone? Ceritanya begini. Beberapa hari yang lalu saya mendapat HP baru berukuran 4,5 inchi. Sekedar info, HP canggih yang mampu bekerja pada jaringan 4G ini saya dapatkan dengan harga yang sangat murah. Harganya hanya selembar rupiah saja, tapi yang berwarna merah guys. Benar-benar rezeki nomplok. Alhamdulillah. Semurah itukah harganya? Iyyaa. Jika ada yang bertanya berapa harga normalnya ? Rahasia dong.

Sebagai pelanggan setia dari sebuah provider, sudah dua kali ini saya mendapat promo HP 4G. Promo pertama, HP yang ditawarkan spesifikasinya lebih tinggi dari yang ini namun sengaja tidak saya ambil. Saya itu orangnya tidak begitu peduli dengan fitur. Mau itu HP 3G, 4G, 5G. Bagi saya, HP itu yang penting bisa untuk tethering hotspot dan bisa mendukung aktivitas blogging. Saking senangnya memiliki HP 4G, langsung saja saya buatkan bajunya agar tidak masuk angin.

Softcase cantik untuk smartphone dari kain perca

Oke deh…langsung saja ya...saya bagikan tutorialnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini agar anda juga bisa membuatnya hehe.

Untuk membuat softcase smartphone, alat dan bahan yang diperlukan memang lumayan banyak yaitu:
1. kertas hvs dan pensil untuk menggambar pola
2. Gunting
3. Benang dan jarum jahit, jarum pentul
4. Setrika
5. Mesin jahit.
6. Kain katun atau kain yang lain
7. Kain hero untuk lining
8. Kain katun warna cerah untuk bisban lebar 3cm
9. Viselin/pelapis yang ada lemnya
10. Busa hati
11. 4 buah karet elastis berukuran 8cm
12. Velcro
13. Kain perca untuk hiasan
14. Lem

Cara membuat :
Langkah pertama adalah membuat pola smartphone dari kertas hvs. Sesuaikan pola dengan ukuran smartphone. Softcase ini terdiri dari bagian luar dan dalam. Karena modelnya yang universal seperti softcase tablet maka softcase ini bisa dipakai untuk smartphone berbagai  merk.

Tutorial softcase smartphone dari kain perca
    1. Potong kain katun, kain hero, viselin, busa hati menurut pola. Untuk lining alas smartphone, kain hero harus dilebihkan 1 cm untuk lipatan.
    Tutorial lanjutan softcase smartphone dari kain perca
      2. Rekatkan viselin yang ada lemnya pada kain katun dan juga kain hero untuk liningnya dengan menggunakan setrika. Potong busa hati seperti pada gambar agar softcase bagian dalam bisa ditekuk ketika akan memotret.
        3. Buat aplikasi atau hiasan dari kain perca dan viselin. Cara membuatnya yaitu dengan menggambar pola aplikasi sesuai keinginan. Disini saya memilih aplikasi Owl. Gunting viselin dan kain katun menurut pola. Lebihkan 0,5 cm untuk lipatan. Gabungkan viselin dengan kain. Dengan posisi kain bagian dalam menumpuk viselin yang ada lemnya. Beri sedikit lem pada bagian tepi kain dan viselin selanjutnya lipat ke dalam kemudian setrika.
        4. Beri lem kemudian tempelkan aplikasi yang sudah jadi pada bahan, jahit agar tidak mudah lepas. Tempelkan busa hati menumpuk bahan. Untuk bagian alasnya yang terdiri dari alas atas dan bawah, beri lem bagian tepi lubang kamera dan speaker kemudian lipat. Selanjutnya tempelkan busa hati pada alas softcase bagian bawah.
        5. Tempelkan lining yang sudah direkatkan dengan viselin pada bahan yang sudah direkatkan dengan busa hati. Alas softcase yang sudah direkatkan dengan busa hati kemudian tutup dengan alas softcase bagian atas.
        6. Jahit pada bagian lipatan yang ada di tengah. Buat dua jahitan sejajar dengan jarak 1 cm. Jahit pula velcro dibagian liningnya. Pasang karet elastik pada alas softcase kemudian jahit tepi.
        Tutorial dan cara mudah membuat softcase smartphone
        7. Jahit bisban pada bahan softcase. Cara menjahitnya di bagian dalam karena nantinya bisban harus dilipat keluar.
        8. Bisban yang sudah selesai dijahit kemudian dilipat keluar. Melipatnya harus rapi menumpuk bahan. Selanjutnya jahit jelujur kemudian jahit tindas dengan mesin.
        9. Proses membuat pengait. Caranya beri lem pada busa hati, tempelkan ke kain kemudian jahit langsung dengan bisban. Cara nenjahitnya dari dalam kemudian lipat keluar dan jahit tindas. Selanjutnya jahit velcro pada bagian pengait. Selanjutnya tumpuk alas softcase pada bahan. Pasang pengait dengan menyelipkannya diantara bahan dan alas. Jahit jelujur dulu, kemudian jahit tindas mengikuti jahitan yang ada pada bisban.
        10. Jahit lipatan alas yang bertemu dengan lipatan softcase. Cara menjahitnya yaitu dengan menjahit lurus pada busa hati yang dipotong sebelumnya.
        11. Finally done. Itulah penampakan softcase samartphone ketika dibuka.
        12. Perangkat bisa didudukkan dengan posisi horizontal. Keren kan ? Siapa sangka di dalam softcase yang cantik ini ternyata bersembunyi HP 4G yang harganya murah meriah.
        Itulah tutorial membuat softcase smartphone dari kain perca yang bisa saya bagikan. Anda bisa membuat sotfcase untuk tablet dari bahan dan dengan cara yang sama. Jika untuk tablet, saya biasanya menambahkan dua potongan busa hati yang direkatkan dengan posisi berjajar untuk dudukan tablet.

        Di bawah ini adalah beberapa softcase yang pernah saya buat. Kini yang ada hanya gambarnya saja karena barangnya sudah tidak ada alias sudah dibeli orang.

        Softcase smartphone dari jeans

        Sebenarnya saya membuat softcase HP awalnya untuk saya pakai sendiri. Tapi entahlah, mengapa orang yang melihat softcase HP buatan saya kok begitu tertarik dan minta dibuatkan. Mungkin karena di toko tidak ada. Apalagi saya menjualnya dengan harga yang terbilang murah. Satu softcase HP saya jual dengan harga 10 ribu rupiah karena yang membeli adalah orang-orang di sekitar tempat tinggal saya. Tidak tega rasanya jika saya menjualnya dengan harga yang mahal meskipun proses pembuatannya cukup menguras tenaga. Sampai saat ini masih saja ada yang pesan ingin dibuatkan softcase HP dengan harga yang murah, namun saya tak sanggup lagi.

        0 Response to "Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca"

        Posting Komentar

        DMCA