15 Peralatan Jahit yang Harus Diketahui oleh Pemula

Kegiatan jahit-menjahit atau yang lebih dikenal dengan istilah dunia modes tentunya tidak terlepas dari peralatan yang dibutuhkan. Bagi pemula yang baru pertama kali masuk dunia jahit-menjahit mungkin masih bingung dan bertanya-tanya tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan, belinya dimana dan berapa harganya.

Peralatan menjahit yang harus diketahui pemula

Peralatan Dasar Menjahit

Untuk menjawab pertanyaan tadi, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang 15 peralatan dasar yang dibutuhkan dalam kegiatan jahit-menjahit. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, untuk bisa menjahit itu tidak harus kursus karena anda bisa belajar sendiri tanpa guru atau otodidak. Ada beberapa peralatan penting yang harus diketahui oleh pemula yaitu :

• Mesin jahit
• Benang
• Jarum jahit
• Jarum tangan
• Jarum pentul
• Pensil/bolpoin
• Kertas untuk pola
• Penggaris
• Meteran
• Gunting
• Pendedel benang
• Kapur jahit
• Pensil kain
• Rader
• Kertas karbon

Mesin jahit

Mesin jahit merupakan peralatan yang sangat penting bagi seorang penjahit. Ada dua jenis mesin jahit yang bisa anda gunakan yaitu mesin jahit manual dan mesin jahit portable. Sebelum membeli mesin jahit, pikirkan dulu mesin apa yang cocok untuk anda dan yang paling penting anda bisa menggunakannya. Percuma saja kan memiliki mesin jahit yang bagus harganya mahal tapi kesulitan ketika menggunakannya.

Sebagai pemula, membeli mesin jahit manual bisa menjadi pilihan. Disamping harganya yang lebih murah, mesin jahit manual juga mudah digunakan. Namun jika anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya membeli mesin jahit portable. Untuk bisa memiliki mesin jahit, sebenarnya anda tidak harus membeli mesin yang baru di toko. Membeli mesin bekas yang  masih bagus dan layak pakai kenapa tidak. Yang pasti sesuaikan kebutuhan dengan budget anda.

Benang jahit

Mesin sudah tersedia. Apalagi yang dibutuhkan kalau bukan benang. Dalam kegiatan jahit-menjahit, keberadaan benang sangatlah penting. Banyak jenis benang yang digunakan dalam dunia jahit-menjahit. Pilihlah benang yang kuat dan tidak mudah putus. Benang yang kita gunakan juga harus disesuaikan dengan warna kain tentunya.

Jarum

Ada tiga jarum yang digunakan untuk proses jahit menjahit yaitu :  

Jarum khusus mesin jahit : Ada beberapa merk jarum mesin yang bisa anda gunakan. Sesuaikan dengan mesin anda. Biasanya jarum jahit ini dijual dalam kemasan plastik dan kertas yang di dalamnya berisi 10 pcs.  Untuk nomor jarum umumnya menggunakan nomor 9-14. Sebagai catatan, pilihlah jarum yang kualitasnya bagus. Pengalaman saya membeli jarum dengan merk tertentu ternyata tidak bisa digunakan.

Jarum tangan : jarum ini digunakan secara manual yaitu dengan menggunakan tangan. Sebelum menjahit dengan mesin, biasanya teknik menjahit jelujur diperlukan. Demikian juga ketika menjahit pinggiran baju atau rok dengan teknik tusuk soom (sum).

Jarum pentul : jarum ini biasanya disematkan pada kain yang bertumpuk dan untuk menggabungkan kain. Tujuan menggunakan jarum pentul ini untuk membantu memudahkan kita ketika menjahit agar kain tidak bergerak atau bergeser.

Pensil / bolpoin dan kertas

Ternyata tidak hanya anak sekolah saja yang membutuhkan pensil. Seorang penjahitpun juga sangat membutuhkan peralatan yang satu ini. Di dunia modes, pensil ini di gunakan untuk menggambar pola. Misalnya ketika akan membuat baju pasti digambar dulu polanya. Untuk membuat pola pasti dibutuhkan kertas. Banyak jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat pola misalnya kertas koran, kertas roti ataupun kertas manila. Kalau saya biasanya menggunakan kertas koran. Cara membuat pola pun terbilang sangat mudah. Anda bisa menjiplak baju yang sudah jadi kemudian menggambarnya menjadi sebuah pola. Selanjutnya pola tersebut bisa disimpan untuk digunakan lagi jika dibutuhkan.

Alat ukur

Ada dua alat ukur yang digunakan dalam kegiatan jahit-menjahit yaitu:
Penggaris
Membuat baju atau apa saja pasti diukur dulu kan ? Nah disinilah pentingnya alat ukur. Ada beberapa jenis alat ukur yaitu penggaris dan meteran. Di dunia modes penggaris yang digunakan terdiri dari penggaris biasa, penggaris yang berbentuk segitiga dan penggaris yang bentuknya agak melengkung. Penggaris berbentuk segitiga umumnya digunakan untuk membuat garis lurus ketika menggambar pola, sedangkan penggaris yang agak melengkung biasanya digunakan untuk membuat pola rok bagian bawah. Sebagai pemula memiliki penggris mistar itu sudah cukup untuk memudahkan membuat garis lurus.



Meteran
Meteran jahit umumnya berukuran panjang 150 cm yang bisa digulung. Fungsi dari meteran ini sebagai ganti penggaris jika yang di ukur lebih dari 30cm. Misal ketika akan membuat baju, rok, sarung bantal atau tutup kulkas tentunya kita ingin mengetahui berapa ukuran yang diinginkan. Meteran ini juga digunakan untuk mengukur badan ketika akan membuat baju agar diperoleh ukuran yang sesuai.

Alat pemotong

Kegiatan jahit-menjahit tidak bisa terlepas dari peralatan gunting dan pendedel. Peralatan ini sangat penting untuk diketahui pemula. Berikut ini jenis2 alat pemotong dalam kegiatan jahit menjahit.

Gunting kertas : gunting kertas ini dikhususkan untuk menggunting kertas pola dan kain viselin yang tebal. Biasanya gunting yang digunakan untuk menggunting kertas akan cepat tumpul dan tidak bisa digunakan untuk memotong kain.

Gunting benang : Gunting ini ukurannya kecil namun ujungnya tajam. Ketika akan menjahit atau selesai menjahit sudah pasti membutuhkan gunting untuk memotong benang kan? Gunting kecil lebih praktis ketika dipegang sehingga memudahkan pekerjaan kita. Selain praktis, fungsi dari gunting ini yaitu untuk mengunting benang yang sulit di jangkau oleh gunting kain misal ketika membuat tas. Ada bagian-bagian tertentu yang sulit di gunting jika menggunakan gunting kain.

Gunting kain : Gunting kain harus dikhususkan untuk menggunting kain saja. Karena untuk menggunting kain diperlukan gunting yang tajam. Untuk menjaga ketajaman gunting usahakan hanya untuk menggunting kain saja. Jangan menggunakan gunting kain ini untuk memotong kertas maupun kain viselin. Karena jika digunakan untuk menggunting bahan lain bisa menyebabkan gunting mudah tumpul.

Pendedel kain : Adanya kesalahan-kesalahan ketika menjahit itu merupakan hal yang sudah umum dialami baik yang sudah professional apalagi yang masih pemula. Untuk membuka jahitan yang tidak dikehendaki maka diperlukan pendedel untuk membuka jahitan. Tips : Setelah digunakan masukkan kembali masing-masing gunting ke tempatnya/sarung plastik bawaan demikian juga dengan alat pendedel agar ketajamannya tetap terjaga.

Penanda kain

Setelah membuat pola baju, dibutuhkan penanda kain untuk menggambar pola pada kertas maupun langsung pada kain.  Adapun penanda kain yang biasanya digunakan yaitu :

Kapur jahit
Ketika membuat baju atau rok pasti dibutuhkan penanda kain berupa kapur jahit yang juga bisa digunakan untuk menggambar pola di atas kain. Jangan terlalu tebal menggunakannya agar kapur jahit ini bisa dihilangkan dengan mudah ketika dicuci.  

Pensil kain Peralatan yang satu ini biasanya saya gunakan untuk membuat pola. Setelah pola digambar menggunakan pensil biasa, untuk menebalkan gambar biasanya saya menggunakan pensil kain yang memiliki dua warna yaitu merah dan biru. Pola bagian depan biasanya saya gambar dengan pensil biru, sedangkan pola bagian belakang, saya gunakan yang warna merah. Jangan gunakan pensil kain ini untuk menggambar pola pada kain karena akan sulit dihilangkan meskipun sudah dicuci berkali-kali.

Rader dan kertas karbon

Rader dan kertas karbon adalah alat untuk menggambar pola pada kain. Ketika menggambar pola pada kain biasanya dibutuhkan dua peralatan ini. Cara menggambar pola dengan rader yaitu dengan meletakkan pola kertas diatas kertas karbon kemudian pola digambar pada kain menggunakan rader. Karena rader memiliki roda bergerigi maka pola yang digambar akan menghasilkan garis putus-putus. Ada banyak pilihan warna kertas karbon. Pilihlah kertas karbon berwarna cerah agar gambar pola pada kain bisa terlihat jelas.

Sebenarnya masih ada lagi yang lebih penting dalam kegiatan jahit-menjahit yaitu kain. Mengapa kain tidak saya masukkan dalam daftar? Karena kita semua sudah tahu kan, kalau menjahit itu ya harus ada kain yang akan dijahit. Menurut saya, kain itu bukan termasuk peralatan, namun masuk kategori bahan. Untuk pemula jangan membeli kain yang mahal dulu ya misalnya katun jepang apalagi kain sutra. Belilah kain yang harganya murah misalnya kain kiloan. Anda juga bisa menggunakan kain perca atau kain daur ulang dari baju bekas juga boleh.

Itu saja ya penjelasan dari saya tentang 15 Peralatan Jahit yang Harus Diketahui oleh Pemula. Semoga bermanfaat and happy sewing ...

0 Response to "15 Peralatan Jahit yang Harus Diketahui oleh Pemula"

Posting Komentar

DMCA