Bisnis Aksesoris Wanita, Peluang Usaha Berprospek Cerah

Perkembangan dunia Fashion di Indonesia sangatlah pesat. Hal ini ditandai dengan lahirnya brand-brand baru serta model pakaian terbaru. Namun pakaian atau busana yang modis dan trendi terasa belum lengkap jika tidak didukung oleh aksesoris.

Aksesoris dan Wanita

Dengan aksesoris, pakaian atau busana yang dikenakan akan tampak elegan. Jika dulu aksesoris itu mungkin hanya berupa tas, gelang, kalung dan anting-anting, namun seiring dengan perkembangan zaman, kini aksesoris sangatlah beragam. Tidak heran jika kini aksesoris banyak diburu oleh kaum wanita khususnya para remaja. Dan inilah kesempatan bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di dunia wirausaha.

Saat ini banyak orang cenderung melirik dunia usaha daripada menjadi karyawan perusahaan. Kesuksesan finansial yang diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha sendiri. Salah satunya adalah usaha aksesoris. Selain modalnya yang tidak terlalu besar, keuntungannya pun terbilang cukup lumayan. Anda bisa membeli aksesoris dengan harga grosir yang tentunya jauh lebih murah. Atau membuatnya sendiri.

Ada banyak jenis aksesoris wanita yang bisa di buat dari bahan bekas atau limbah yang tidak terpakai. Contoh nya adalah tas wanita dari bahan bekas bungkus kopi atau kain perca. Bahkan anda bisa membuat dari bahan jenis lain yang lebih variatif. Bagi kalangan ibu rumah tangga, menekuni bisnis aksesoris wanita memang sangat menjanjikan karena usaha ini bisa mendatangkan omzet besar setiap bulan.

Kodrat wanita yang suka berdandan dan mengutamakan penampilan, menjadikan peluang usaha ini seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Jangan heran bila usaha modal kecil ini kebanyakan ditekuni oleh ibu rumah tangga. Karena selain bisa dijalankan dengan mudah, jenis usaha ini tidak membutuhkan modal usaha yang begitu besar. Keuntungan pun berlipat ganda jika bisa memproduksi aksesoris wanita dari hasil tangan anda sendiri.

Aksesoris wanita untuk peluang usaha yang berprospek cerah

Kiat Memulai Usaha

Bagi Anda kalangan ibu rumah tangga yang memiliki keahlian atau passion khusus untuk memproduksi beragam jenis produk aksesoris wanita, berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa dijalankan untuk menekuni bisnis aksesoris wanita dengan modal yang terbilang sangat murah.

Membuat aksesoris tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan hobi, skill, atau passion yang dimiliki untuk menciptakan aksesoris baik dengan menggunakan kain perca, manik-manik, benang rajut, ataupun teknik handmade lainnya. Untuk mengasah keterampilan dalam membuat aksesoris wanita, Anda bisa belajar secara otodidak menggunakan buku panduan yang banyak beredar di pasaran bebas atau bisa juga mengikuti kelas kursus handmade yang ada di sekitar kota Anda.

Memulai usaha aksesoris

•Lakukan riset pasar terlebih dalulu sebelum memproduksi aksesoris. Trend aksesoris apa saja yang sedang booming di pasaran. Misalnya kalung wanita, gelang wanita, aksesoris cantik untuk jilbab yaitu bross dan korsase.

•Pilihlah bahan baku yang terbilang murah dan mudah didapat misalnya kain perca, kain flannel, manik-manik dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut dengan mudah di beberapa toko grosir bahan souvenir yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghemat biaya produksi tentunya.

•Perluas jangkauan pemasaran agar omzet penjualan cepat meningkat. Sistem online Anda bisa memasarkannya melalui social media, sedangkan untuk pemasaran offline Anda bisa menitipkan produk aksesoris tersebut di beberapa toko swalayan, butik-butik, toko baju, toko aksesoris, maupun di sekolah dan kampus yang didominasi oleh kaum wanita.

Untuk mempromosikan nya secara luas, anda bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti bazar ataupun pameran yang diselenggarakan di sekitar tempat tinggal anda. Semakin sering anda mengikuti berbagai event seperti pameran dan bazar, maka semakin banyak pula calon konsumen yang mengenal bisnis anda. Agar tak kalah bersaing dengan produk pabrikan, lengkapi pula produk aksesoris yang anda pasarkan dengan label atau merk yang ingin anda perkenalkan. Dengan begitu, calon konsumen juga lebih mudah untuk mengenali dan membedakan produk aksesoris yang Anda produksi dengan produk lainnya milik para pesaing.

Jika dirasa peluang bisnis ini telah berjalan lancar dan stabil, tidak ada salahnya bila anda mulai menerima pesanan dalam jumlah besar. Di sinilah peluang anda untuk bekerja sama dengan para agen atau reseller yang tertarik membeli produk anda dalam jumlah besar. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan grosir yang membeli produk dalam jumlah besar, anda bisa memberikan potongan harga. Dengan menerapkan strategi tersebut, para pelanggan grosir ataupun reseller yang anda miliki tidak akan berpaling ke produsen lain.

Kendala usaha aksesoris wanita

Disamping keuntungannya cukup besar, menjalankan usaha ini terkadang juga dihadapkan dengan beberapa kendala maupun resiko usaha yang tak kalah besar. Salah satunya yaitu persaingan pasar yang cukup ketat, baik itu persaingan dari sesama pelaku usaha maupun persaingan pasar dengan produk-produk aksesoris serupa produksi  pabrik seperti aksesoris murah buatan China yang dipasarkan dengan kisaran harga yang lebih murah. Sehingga tidak heran bila sebagian konsumen memilih produk aksesoris dari China, dibandingkan dengan produk aksesoris yang anda pasarkan.

Untuk mengantisipasinya, pastikan aksesoris yang anda produksi memiliki keunikan yang tidak bisa diproduksi oleh pabrik. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami atau memilih desain unik yang mewakili ciri khas brand anda. Walau bagaimanapun produk handmade buatan industri rumahan memiliki desain yang lebih cantik dan bernilai seni cukup tinggi jika dibandingkan dengan produksi pabrik.

Demikianlah ulasan tentang Bisnis Aksesoris Wanita, Peluang Usaha Berprospek Cerah yang patut anda coba. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bisnis Aksesoris Wanita, Peluang Usaha Berprospek Cerah "

Posting Komentar

DMCA