Cara Mudah Belajar Menjahit tanpa Kursus

Hallo teman-teman semua..., adakah diantara kalian yang belum bisa menjahit ? Saya yakin pasti ada. Atau mungkin sebenarnya kalian ingin bisa menjahit tapi masih bingung bagaimana memulainya. Sebagian orang berpikir, menjahit itu gampang-gampang susah, harus ada bakat. Jika tidak memiliki bakat maka akan sulit, cepat lelah dan bosan akhirnya menyerah.

Sebenarnya untuk bisa mejahit itu tidak ada istilah tidak ada bakat. Kunci keberhasilan adalah tekat dan kemauan untuk belajar. Apapun itu yang dipelajari, siapapun orangnya, jika ada keinginan yang kuat untuk belajar sudah pasti dijamin bisa.

Hobby yang menyenangkan

Menjahit itu merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Saya sudah membuktikannya loh. Apalagi jika aktivitas menjahit sudah menjadi hobby bahkan sampai bisa menghasilkan uang hehe. Khusus anda yang masih pemula, jika mau belajar sungguh-sungguh, dijamin tidak rugi deh.

Meskipun ada yang pada awalnya niat belajar menjahit karena ingin bisa membuat baju sendiri, tapi seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan seseorang pasti akan bertambah karena pengalaman sehingga menjahitpun menjadi hobby. Maka tidak heran jika dari hobby itulah akhirnya bisa mengasilkan uang.

Awal saya belajar menjahit

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, saya sudah menyukai aktivitas menjahit. Saya suka membuat mainan dari kain, khususnya baju-baju boneka dari kain perca. Pada saat itu saya belum memiliki mesin jahit. Ya iyalah, masih kecil juga. Jika ingin membuat baju boneka atau baju sendiri terpaksa menjahitnya harus menggunakan tangan.

Saya masih ingat ketika kelas 6 SD, ada keinginan membuat baju sendiri. Pada waktu itu saya membuatnya dari daster bekas. Namanya juga anak-anak, belum mengenal pola dasar apalagi belajarnya juga otodidak. Jadi baju tersebut saya buat dengan cara menjiplak. Hasilnya lumayan lah, agak mirip juga dengan contohnya.

Setelah baju jadi, dengan penuh percaya diri, baju itupun saya pakai ketika les di sekolah. Alhasil, saya menjadi korban bully. Teman-teman menertawakan saya. Mereka mengatakan penampilan saya seperti gembel jalanan. Hmmm... mungkin juga benar hehe. Dengan kejadian seperti itu, apakah kemudian membuat saya patah semangat ? Ooh, tidak !

Itulah sepenggal kisah hidup saya di masa lampau. Kenangan terindah di dunia percintaan. Nah, bagi anda yang ingin terjun di dunia jahit-menjahit berikut ini beberapa tips yang sengaja saya bagikan berdasarkan pengalaman saya belajar menjahit tanpa kursus.

Tips belajar menjahit otodidak

Belajar menjahit itu tidak harus kursus. Anda bisa belajar sendiri tanpa guru seperti yang saya lakukan. Yang perlu diperhatikan oleh pemula agar bisa menjahit tanpa kursus adalah :

1. Harus punya niat
Segala sesuatu itu berawal dari niat sama halnya dengan belajar menjahit. Kalau tidak ada niat bagaimana sesuatu itu bisa terlaksana. Jadi intinya mantapkan dulu niatnya. Tidak usah berpikir terlalu jauh kedepannya nanti bagaimana. Dinikmati dan dijalani saja prosesnya dengan senang hati. Yakinlah bahwa tidak ada yang sia-sia di dunia ini.

2. Memiliki mesin jahit
Memiliki mesin jahit menjadi sesuatu yang penting, karena tidak mungkin kan jika niat sudah bulat tapi tidak memiliki mesin. Untuk masalah mesin jahit, anda tidak perlu membeli mesin yang baru. Saat ini banyak dijual mesin jahit bekas tapi masih bagus. Tapi jika ingin membeli yang baru itu lebih bagus. Ada dua pilihan mesin jahit yaitu manual dan portable. Kalau mesin jahit milik saya yang manual. Pernah juga memiliki yang portable tapi sudah saya jual hihihi. Saran saya, untuk anda yang masih pemula lebih baik pilihlah mesin jahit yang sekiranya mudah di gunakan dan mudah perawatannya.

3. Belajar mengoperasikan mesin
Jika sudah ada mesin jahit, saatnya belajar mengoperasikan mesin. Bagi anda yang memiliki mesin jahit baru biasanya sudah dilengkapi buku panduan. Kenali mesin jahit anda terlebih dahulu. Bagaimana cara menggunakannya, semua sudah ada dalam buku panduan tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini,  mencari informasi yang lebih detail tentang bagaimana cara memasang benang, bobbin, pasang jarum, sepatu mesin, itu sangatlah mudah. Semua informasi tersebut bisa anda dapatkan di Youtube.

Kalau sudah terpasang jarum, benang, dan bobbin saatnya untuk menjahit. Untuk langkah awal cobalah menjahit lurus sambil mengatur kecepatan kaki saat menekan pedal mesin. Injakan pedal pertama kali harus sesuai dengan posisi jarum. Karena jika tidak sesuai maka langkah jarum akan berbalik. Semakin cepat pedal ditekan, semakin cepat langkah jarumnya.

4. Pelajari jenis jahitan
Ada beberapa jenis jahitan yang harus diketahui oleh pemula yaitu :
-Jahitan Lurus, jenis jahitan ini sudah umum dan sudah pasti digunakan. Mesin jahit yang kita gunakan biasanya sudah settingan pabrik.

-Jahitan Mati, jahitan ini sangat penting agar benang tidak terburai. Jahitan mati di lakukan di awal dan di akhir jahitan. Misalnya ketika di awal menjahit bahan, lakukan jahit maju 3-4 langkah dan jahit mundur 2-3 langkah.

-Jahitan Jelujur, adalah jahitan berbentuk panjang dan biasanya di lakukan dengan tangan. Jahitan ini fungsinya hanya sementara dan untuk memudahkan saja, karena nantinya akan dilepas setelah kain dijahit dengan mesin.

5. Praktek
Anda bisa memulai proses belajar menjahit dengan mencoba menjahit yang mudah dan simpel misalnya menjahit sarung bantal, membuat tas sederhana. Anda bisa mendapatkan ilmu lebih banyak dengan cara browsing via internet atau membaca buku tutorial menjahit untuk pemula. Jika anda serius dan telaten, lama-lama ide menjahit akan muncul dengan sendirinya misalnya ingin membuat baju sendiri.




Untuk awal belajar menjahit baju, pilihlah model yang sederhana untuk diri sendiri, keluarga terdekat misal untuk anak, ibu atau untuk suami. Bahan bisa dipilih dari yang murah dulu misalnya kain kiloan karena masih belajar tentunya tidak lepas dari kesalahan-kesalahan. Trial and error dalam belajar itu sudah biasa. Jadi anda jangan berputus asa, tetap semangat, terus belajar dan berlatih. Dijamin lama-lama anda akan mahir dengan sendirinya. Jika sudah agak mahir anda pasti ketagihan dan akan berusaha menciptakan kreasi-kreasi unik.

6. Percaya diri
Bisa membuat baju sendiri itu sungguh menyenangkan meskipun modelnya sederhana dan hasil jahitan kurang rapi. Tidak usah malu memakai baju buatan sendiri. Karena terkadang orang yang memandang justru memiliki penilaian yang berbeda dari apa yang kita pikirkan. Siapa tahu, begitu anda menekuni aktivitas menjahit, ada orang yang menawari anda untuk menjahitkan bajunya atau permak baju. Terima saja asalkan tidak terlalu sulit. Dengan demikian pengalaman anda akan semakin bertambah dan kemampuan andapun akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Manfaat bisa menjahit

Selain sebagai hobby yang menyenangkan, bisa menjahit merupakan kebanggaan tersendiri bagi kaum wanita yang pada umumnya menyukai dunia fashion. Berikut ini beberapa manfaat jika kita bisa menjahit :

1. Menghemat biaya
Ketika tahun ajaran baru, menjahitkan seragam sekolah untuk anaknya yang akan masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah kewajiban. Jika anda bisa menjahit sendiri untuk anak, tentunya ini akan menghemat uang anda. Tidak hanya itu saja, andapun bisa membuat baju sendiri, mukena, tas kapanpun anda mau. Anda tinggal mendesign model sesuai dengan keinginan anda.

2. Permak baju sendiri
Terkadang ketika membeli baju seringkali tidak sesuai dengan ukuran badan. Kekecilan atau terlalu besar ini yang sering dialami. Sedangkan ongkos permak baju biasanya hampir sama dengan ongkos jahit baju. Jika bisa menjahit sendiri tentunya akan menghemat pengeluaran anda.

3. Menyulap baju bekas menjadi pakaian baru
Baju yang lama dan tidak dipakai bisa disulap menjadi baju baru loh. Anda bisa mengkreasikan baju bekas anda menjadi baju untuk anak. Daripada menghabiskan uang anda untuk membeli kain. Mengapa tidak mencoba menggunakan bahan bekas saja kalau memang masih bisa dimanfaatkan.



4. Membuat kreasi

Belajar menjahit untuk pemula dan membuat tas laptop
Menjahit itu tidak terbatas membuat baju saja. Ada banyak kreasi yang bisa dihasilkan misalnya tas, tutup kulkas, tutup galon dan sebagainya. Anda bisa menemukan banyak ide dari buku maupun browsing internet.

6. Menghasilkan uang
Dengan keahlian menjahit yang anda miliki, sudah  pasti akan menghasilkan uang. Anda bisa menjadi penjahit professional dengan membuka usaha konveksi.

Oke teman-teman, demikianlah Cara Mudah Belajar Menjahit tanpa Kursus. Artikel ini berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai penulis. Jadikan dunia jahit-menjahit sebagai hobby dan aktivitas yang menyenangkan. Bermula dari otodidak, siapa tahu kedepannya anda bisa menjadi desainer sukses dan terkenal. Di dunia ini tak ada yang tak mungkin.

1 Response to "Cara Mudah Belajar Menjahit tanpa Kursus "

DMCA