Cara Mudah Membuat Kreasi Kristik untuk Pemula

Siapa yang tak kenal kristik? Kata kristik berasal dari bahasa Belanda, yaitu kruissteek. Pada zaman penjajahan Belanda, sulaman kristik sangat populer dan menjadi favorit para ibu dan remaja putri. Kristik biasanya digunakan sebagai hiasan dinding dan taplak meja.

Kristik Masih Diminati

Seiring dengan berjalannya waktu, membuat kerajinan kristik ini mulai memudar. Kini sudah jarang sekali kita jumpai ibu-ibu yang tangannya disibukkan dengan menyulam kristik. Namun bukan berarti sudah tidak ada lagi yang tertarik dengan kerajinan yang satu ini. Di sekolah-sekolah, membuat kristik merupakan salah satu materi keterampilan. Ini membuktikan bahwa kristik masih diminati meskipun tidak sepopuler dulu.

Tidak hanya anak sekolah saja, saya pun juga menyukai kerajinan kristik. Selain untuk koleksi, kegiatan membuat sulaman kristik ini saya lakukan jika ada pesanan. Ketika membuatnya, biasanya saya dibantu anak-anak tetangga yang ingin belajar. Dan memang benar, kerajinan kristik itu sangat mudah dipelajari, bahkan untuk pemula sekali pun. Dalam membuat kristik, yang dibutuhkan adalah ketekunan dan kesabaran.

Contoh kerajinan Kristik

Baiklah, untuk memulai membuat kristik ini , biasanya bahan sudah tersedia dalam satu paket kristik lengkap yang disertai dengan benang, pola dan kainnya. Alat dan bahan yang digunakan dalam membuat kreasi ini adalah:
Alat
•Jarum Tumpul
•Gunting
•Pemidang / bentang
Bahan
•Kain strimin atau kain aida
Ada dua pilihan kain yaitu kain strimin dari plastik yang berlubang-lubang dan kain aida yang terbuat dari serat benang.
•Buku strimin
•Benang wool atau benang sulam

Step by step membuat kristik

Cara membuat kristik dengan Tusuk silang
• Carilah gambar pola sesuai yang anda inginkan misalnya pola mawar yang ada pada buku strimin. Jepit kain strimin dengan pemidangan agar kain tidak mudah berkerut. Hitung dulu berapa kotak yang ada pada pola mawar. Menghitungnya kita mulai dari tepi pola mawar yang ada dalam buku strimin. Tusukkan jarum dari bawah kain.

Langkah awal menjahit ini bisa dimulai dari kiri atas atau bawah. Kalau saya lebih suka mulai dari kanan atas ke bawah seperti gambar 1. Mulailah membuat separuh silangan dengan rapi, tidak perlu membuat simpul benang untuk mencegahnya terlepas. Cukup sisakan ujung benang seperlunya. Buatlah tusukan paruh-silangan dengan satu arah selanjutnya selipkan dulu benang dengan panjang secukupnya tadi pada jahitan belakang sebelum mulai membuat silangan di bagian depan.

• Kemudian buat tusuk lagi untuk menimpanya dengan arah sebaliknya seperti gambar 2. Dengan cara ini maka pengerjaan kristik secara keseluruhan menjadi lebih cepat dan bagian belakangnya tampak lebih rapi.



• Untuk benang selanjutnya, setelah jarum keluar dari bawah kain, tusukkan ke arah kiri atas. Buatlah  tusukan sehingga membentuk setengah silangan lagi seperti gambar 3.

• Setelah itu tusukkan jarum ke atas, sehingga jarum akan keluar di sebelah kiri bawah pada kotak kedua menimpa separuh silangan seperti gambar 4. Jika akan ganti benang, selipkan benang pada jahitan belakang. Selanjutnya benang bisa diganti sesuai dengan warna yang ada pada gambar. Cara mengakhiri tusukan sisakan benang di bawah kain, kemudian selipkan ke benang lain agar benang tidak lepas. Lakukan hingga membentuk gambar kristik yang diinginkan.

Jadi intinya, agar hasil sulaman sesuai dengan gambar, kita harus menghitung berapa jumlah kotak yang ada pada gambar. Di sinilah ketekunan dan kesabaran diperlukan.

Itulah Cara Mudah Membuat Kreasi Kristik untuk Pemula yang bisa saya bagikan dan silahkan langsung dipraktekkan. Meskipun membuat kristik terbilang sangat mudah, namun kerajinan ini nampaknya sudah mulai langka padahal peminatnya sangat banyak terutama wisatawan dan inilah sebenarnya peluang bagi siapa saja yang ingin memulai usaha kerajinan tangan. Selain modalnya tidak terlalu besar, cara membuat kristik juga tidak terlalu rumit, sekali lagi hanya butuh kesabaran dan ketekunan. Umumnya kerajinan kristik ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Bagaimana ? Anda ingin mencoba ?

0 Response to "Cara Mudah Membuat Kreasi Kristik untuk Pemula"

Posting Komentar

DMCA