Cara Mudah Membuat 2 Tempat Pensil dari Stik Es Krim

Beberapa anak berkerumun sedang bermain stik es krim. Terdengar suara begg...begg...begg. Mereka memukul lantai secara bergantian dengan membuka kedua telapak tangannya. Dari luar sangat ramai dan berisik sekali. Saya pun masuk kelas dan menyapa mereka. "Assalamualaikum... ". Ada yang menjawab dan ada yang tidak.

Lalu saya pun mendekat dan memperhatikan mereka. Dalam hati saya bertanya-tanya, anak-anak ini sebenarnya sedang bermain apa ya. Begg...begg...begg, stik es krim pun melompat dan berbalik karena terkena hembusan udara yang berasal dari hentakan telapak tangan. Lucunya, ada yang stiknya bergambar upin-ipin, ada yang bergambar frozen. Permainan semakin seru, bahkan mereka sampai bertengkar dan berkata "Hooo, kamu curang !". Suasana semakin ramai dan berisik. Sampai disini saya masih belum paham, permainan jenis apa yang sedang dimainkan anak-anak ini.

Saya pun berteriak dengan nada tinggi "Hayo bubar, bubar. Saatnya belajar ! Ada yang menurut ada pula yang membangkang. Akhirnya stiknya saya rampas. Ada 3 anak yang membawa 1 gebok stik yang isinya 100 batang. Saya pun membujuk dan merayu mereka, "Anak-anak, apa telapak tangan kalian tidak sakit? Stik es krim sebanyak ini buat apa? Bagaimana kalau stik es krim ini kita sulap menjadi kerajinan yang unik?'' Tanpa basa-basi mereka pun setuju. Alhamdulillah, akhirnya saya mendapat stik es krim gratis tanpa harus mencari-cari apalagi sampai mengobrak-abrik tempat sampah hehe. Meskipun jika membeli harganya pun juga sangat murah.

Kreasi Tempat Pensil dari Stik Es Krim

Setelah berhasil mendapatkan banyak stik es krim, akhirnya kami membuat tempat pensil bersama-sama. Ada dua bentuk tempat pensil yang kami buat yaitu tempat pensil bentuk prisma segitiga dan bentuk tabung. Berikut ini cara pembuatan kedua tempat pensil tersebut yang ternyata cukup mudah.

Tempat pensil bentuk prisma segitiga

Tempat pensil bentuk prisma segitiga

Setelah stik es krim tersedia, saatnya menyulap stik-stik tersebut menjadi karya yang unik salah satunya tempat pensil. Sebenarnya banyak sekali bentuk tempat pensil yang bisa dibuat dari stik es krim ini. Namun kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat tempat pensil dengan model yang paling sederhana dan tentunya pengerjaannya juga terbilang sangat mudah. Sehingga anak-anakpun juga bisa membuatnya sendiri. Tempat pensil dari stik es krim ini disusun secara horisontal membentuk segitiga. Setelah jadi, tempat pensil ini berbentuk menyerupai bangun ruang prisma segitiga.

Alat dan bahan yang diperlukan
1. 72 batang stik es krim (60 batang untuk bagian sisi), (9 batang untuk alas), dan (2 batang untuk hiasan bunga dan daun)
2. Lem Fox
3. Cat akrilik warna merah dan kuning
4. Manik-manik
5. Cutter untuk memotong

Langkah-langkah membuat tempat pensil

Tutorial tempat pensil bentuk prisma segitiga

1. Ambil sebuah stik es krim kemudian beri sedikit lem pada bagian ujungnya.

2. Selanjutnya ambillah stik kedua dan beri pula lem pada bagian ujungnya kemudian rekatkan stik pertama dengan stik kedua. Beri lem lagi pada ujung stik pertama dan kedua. 

3. Ambil stik ketiga dan beri lem pada bagian ujungnya. Selanjutnya tempelkan stik pertama dan kedua pada stik ketiga dan disini saya menyebutnya segitiga pertama (seperti gambar 1).

4. Ulangi langkah 1,2,3 untuk stik keempat, kelima, keenam dan seterusnya membentuk segitiga. Beri sedikit lem pada semua bagian ujung segitiga stik es krim, kemudian letakkan segitiga dari stik es krim tersebut menumpuk segitiga pertama yang ujungnya juga diberi lem.

5. Lanjutkan proses pengerjaan dengan cara menumpuk segitiga-segitiga yang lain hingga membentuk bangun prisma segitiga yang berasal dari 20 tumpukan segitiga sebagai pondasi utama tempat pensil.

6. Langkah berikutnya yaitu membuat alas tempat pensil. Tutup bagian bawah tempat pensil dengan stik es krim. Setelah semua stik ditempelkan, selanjutnya potong kelebihan stik agar bagian alas dari tempat pensil ini juga berbentuk segitiga (lihat gambar 2)

7. Untuk mempercantik tempat pensil, beri hiasan bunga dan daun yang dibuat dari stik es krim yang dipotong menyerupai bentuk mahkota bunga dan daun. Beri warna kuning untuk bagian bunganya serta warna hijau untuk bagian daunnya dengan menggunakan cat akrilik. Setelah cat kering, tempelkan bunga dan daun yang sudah diberi lem. Tambahkan warna merah pada bunga. Jangan lupa tempelkan juga manik-manik di tengahnya.

Untuk warna, motif dan ukuran alat tulis bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Selain bentuk prisma segitiga, tempat pensil dari stik es krim ini bisa dibuat menjadi bentuk prisma segi empat. Namun tempat pensil dengan bentuk prisma segi empat akan membutuhkan stik es krim yang lebih banyak lagi.
 

Tempat pensil bentuk tabung

Tutorial tempat pensil bentuk tabung

Setelah membuat tempat pensil dari stik es krim berbentuk prisma segitiga, ada lagi tempat pensil berbentuk tabung atau lebih tepatnya menyerupai bentuk gelas. Tempat pensil ini dibuat dengan stik es krim yang disusun secara berdiri atau vertikal (tegak lurus). Cara membuat tempat pensil model ini lebih mudah dan stik yang diperlukan juga tidak terlalu banyak.

Alat dan bahan yang diperlukan
1. 25 batang stik es krim
2. Cat akrilik warna hijau dan merah
3. 1 cup bekas pop mie berukuran sedang
4. Kuas cat
5. 2 lembar Kertas bufallo (1 warna hijau dan 1 warna coklat muda)
6. Lem Fox
7. Gunting
8. Bubuk Akrilik warna emas
9. Bola Kapas

Langkah-langkah membuat tempat pensil
1. Potong bagian tepi atas cup bekas pop mie. Pemotongan ini dilakukan agar cup rata.

2. Beri lem secara merata pada stik es krim juga pada cup bekas pop mie. Selanjutnya tempelkan stik satu-persatu pada cup. Tutupi seluruh permukaan cup dengan stik es krim yang disusun secara vertikal.

3. Setelah cup tertutup semua dengan stik es krim, biarkan beberapa saat hingga lem kering. Kemudian lanjutkan dengan mengecat stik es krim yang sudah disusun dengan cat akrilik warna hijau tua.

4. Tunggu beberapa saat. Setelah cat kering, celupkan bola kapas ke dalam bubuk akrilik. Kemudian, usapkan bola kapas tersebut ke beberapa bagian permukaan tempat pensil untuk memberikan efek gradasi warna keemasan.

5. Untuk mempercantik tempat pensil,  buat hiasan bunga dan daun dari kertas bufallo. Cara membuat bunga cukup mudah yaitu dengan membuat potongan berbentuk lingkaran kemudian gunting seperti pola obat nyamuk selanjutnya buka dan gulung hingga menyerupai bentuk bunga. Buatlah beberapa bunga dan daun.

6. Tempelkan hiasan bunga dan daun tersebut pada tempat pensil bagian depan. Anda bisa mengganti hiasan dengan bentuk lain sesuai dengan selera anda.

7. Tempat pensil dari stik es krim sudah jadi dan siap digunakan untuk meletakkan peralatan tulis.



Cukup mudah bukan cara membuat tempat pensil dari stik es krim ini? Ternyata barang bekas yang tadinya dianggap sampah masih bisa dimanfaatkan dan disulap menjadi kreasi unik. Selain mengurangi limbah sampah rumah tangga, dengan membuat tempat pensil sendiri tentunya akan menghemat pengeluaran anda disamping itu juga mendidik anak menjadi kreatif.

Oh ya, sekedar info. Setelah tempat pensil jadi, saya pun meletakkan tempat pensil tersebut di atas meja LBB untuk dipakai bersama. Yang penting anak-anak ikhlas ketika stiknya saya pakai. Sehingga saya senang, anak-anakpun juga senang 😀

Demikianlah Cara Mudah Membuat 2 Tempat Pensil dari Stik Es Krim yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat, happy crafting dan salam kreatif.

0 Response to "Cara Mudah Membuat 2 Tempat Pensil dari Stik Es Krim"

Posting Komentar

DMCA