Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu

Apa yang anda lakukan setelah mengkonsumsi susu kotak kemasan 1000 ml? Kemasannya pasti langsung anda buang kan? Saya pun juga demikian. Biasanya setelah susu habis kemasannya langsung saya buang begitu saja. Tapi kali ini tidak. Begitu melihat kemasan susu berbentuk kotak yang lumayan besar, tba-tiba saja muncul ide untuk membuat kreasi. Dan hari ini saya begitu bersemangat untuk membuat salah satu kreasi dari barang bekas yaitu kotak susu.

Bagi sebagian orang, kotak susu memang hanya dianggap sebagai sampah. Padahal  kotak susu seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Jika saya mampu membuatnya, anda pun juga harus mencoba nya ya. Saya yakin sedikit banyak pasti ada manfaatnya jika kita mampu mengolahnya menjadi sebuah prakarya. Manfaatnya tidak hanya untuk kita saja yang sudah membuat dan memakainya tetapi juga untuk lingkungan. Dengan mendaur ulang sampah, berarti kita sudah ikut melestarikan lingkungan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali ide-ide kreatif bermunculan yang bisa kita coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal pengelolaan sampah. Mendaur ulang sampah menjadi produk kerajinan yang unik dan inovatif kini sudah tidak asing lagi. Banyak sekali kreasi yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif yang membuat hati berdecak kagum dan tidak percaya bahwa sebenarnya bahan yang mereka gunakan adalah limbah rumah tangga.

Dan berikut ini akan saya share pengalaman saya dalam membuat salah satu contoh kerajinan tangan dari kotak susu. Kerajinan ini berupa tempat gunting yang dilengkapi dengan tempat jarum. Setelah melihat kreasi yang saya buat ini, bagi anda mungkin terkesan biasa-biasa saja, namun bagi saya ini sungguh merupakan sesuatu yang luar biasa. Mengapa? Karena saya punya materi untuk menulis dan posting artikel di blog kesayangan saya ini hehehe.

Tempat Gunting dan Jarum

Tempat gunting dan jarum dari kotak susu
Untuk membuat tempat gunting dan jarum seperti gambar di atas, diperlukan bahan-bahan dan peralatan sebagai berikut.
- 2 kemasan kotak susu 1000ml
- Kain spunbond motif bunga
- Kain flanel
- Dakron
- Gunting + benang + jarum
- Lem tembak

Cara membuat

Bagaimana cara membuat tempat gunting dan jarum
1. Untuk membuat tempat gunting dan jarum ini saya menggunakan kain spunbond motif bekas tempat jilbab. Kain spunbond ini sudah terpasang bisban pada salah satu sisinya. Setelah bahan dan peralatan sudah dipersiapkan selanjutnya gunting bagian atas kotak susu. Keluarkan sisa-sisa susu dan cuci bagian dalamnya dengan sabun untuk menghilangkan baunya yang amis. Kemudian gunting kain spunbond mengikuti ukuran kotak susu. Lebihkan 3 cm untuk lipatan.

2. Potong kain spunbond dengan lebar sekitar 5 cm untuk menutupi pinggiran kotak susu bagian atas. Kemudian tutup seluruh permukaan kotak susu dengan kain spunbond menggunakan lem tembak.

3. Setelah seluruh permukaan kotak susu tertutup kemudian lipat kelebihan kain bagian bawah dengan cara dilipat keluar atau menghadap permukan tempat gunting (lipatan berbentuk segitiga). Selanjutnya potong sedikit lipatan yang berbentuk segitiga tersebut dan rekatkan pada sisi tempat gunting dengan cara dilem tembak.

Tutorial 2 tempat gunting dan jarum dari kotak susu
4. Potong kotak susu yang satunya untuk tempat jarum. Untuk tutupnya buatlah potongan seperti pada gambar diatas. Namun sebelum membuat tutupnya sebaiknya diukur atau digambar dulu dengan menggunakan atau meletakkan potongan kotak susu yang akan dijadikan tempat jarum agar ukurannya sesuai dan nantinya bisa pas ketika ditutup.

5. Setelah membuat tempat jarumnya dan tutupnya selesai selanjutnya bungkus atau lapisi tutup tempat jarum tersebut dengan kain spunbond. Selanjutnya satukan tempat jarum dengan tutupnya dan lapisi dengan kain spunbond. Cara melapisi dengan kain spunbond sama seperti membuat tempat gunting tadi.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat aplikasi bunga. Selain untuk mempercantik tempat gunting, aplikasi bunga ini dibuat untuk menusukkan jarum. Cara membuat bunga flanel yaitu dengan cara menggunting kain flanel menjadi bentuk lingkaran dan bentuk mahkota bunga. Selanjutnya pada kain flanel pola lingkaran, jahit jelujur tepinya kemudian isi dengan dakron. Jika dakron telah terisi selanjutnya tarik benangnya sehingga pola lingkaran flanel membentuk bola-bola. Selanjutnya rangkai mahkota bunga dengan cara melingkar dan pasang bola-bola flanel di tengahnya. Jadilah bunga yang cantik.

7. Langkah terakhir yaitu menggabungkan tempat gunting dan tempat jarum. Beri lem yang agak banyak selanjutnya tempelkan keduanya. Agar tidak mudah lepas dan untuk menutupi lipatan kain spunbond bagian bawah, maka bisa dipasangkan pita. Selanjutnya pasang bunga pada tutup tempat jarum dan selesai. Hasil akhirnya tampak seperti gambar di atas. Tempat gunting dan jarum dari kotak susu siap digunakan untuk menyimpan peralatan crafting.

Bagaimana? Mudah kan cara membuat tempat gunting dan jarum ini? jawabnya pasti saaangat mudah sekali. Ini hanya salah satu dari sekian banyak kreasi yang dapat kita buat dari kotak susu. Ternyata bahan untuk membuat kerajinan itu tidak harus mahal. Selagi kita mau berusaha untuk membuat kreasi, selalu ada saja ide yang muncul. Anda pun juga dapat mempraktekkannya di rumah tentunya dengan kreasi yang yang lebih bagus dari apa yang saya buat ini.

Nah, kini saatnya anda yang memiliki banyak kotak susu yang biasanya hanya menjadi sampah dan mengotori lingkungan tempat tinggal. Ada baiknya jika anda memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih berguna. Dengan sedikit kreativitas, anda bisa menyulap kotak susu menjadi kreasi yang unik dan juga indah.

Jadi bila anda mempunyai kotak susu jangan buru-buru dibuang ya apalagi ditukarkan bawang, terutama ibu-ibu nih yang putra-putrinya gemar minum susu. Lebih baik kotak susu tersebut anda simpan dulu agar suatu saat nanti anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah karya yang berguna dan mungkin juga bisa dijadikan peluang usaha. Berawal dari sampah siapa tahu akhirnya menjadi ladang bisnis yang omzetnya berlimpah-limpah.

Dan kiranya cukup sekian saja ya share pengalaman dari saya. Semoga penjelasan tentang Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu bisa dipahami. Terimakasih dan selamat berkarya.

0 Response to "Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu"

Posting Komentar

DMCA