Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel

Membaca buku kini sudah menjadi kebutuhan. Bahkan bagi sebagian orang, membaca bisa menjadi hobby yang menyenangkan. Kemana-mana yang dibawa pasti buku favoritnya hingga melekat pada dirinya julukan si kutu buku dan biasanya bukunya itu tidak tanggung-tanggung tebalnya. Entah itu novel, buku cerita, education book, maupun buku motivasi. Rutinitas membaca seperti ini biasanya dilakukan anak kuliahan.

Meskipun membaca sudah menjadi rutinitas, namun untuk membaca keseluruhan tidak mungkin diselesaikan dalam satu waktu bukan? Pasti ada yang namanya jeda dan ingin melanjutkan di lain waktu. Biasanya sebelum buku ditutup, kita selalu menandai hingga mana halaman yang kita baca. Untuk menandainya biasanya kita melipat ujungnya sehingga bekas lipatannya akan membekas dan bisa mengakibatkan buku menjadi kusut.

Dan yang paling sering ketika sedang membaca lalu diselingi kegiatan yang lain ternyata lupa menandai sampai halaman berapa yang dibaca. Oleh karena itu, maka diperlukan yang namanya pembatas buku. Dengan pembatas buku ini kita bisa menandai sampai pada halaman berapa kita terakhir membaca tanpa harus melipat.

Bagi anda para pecinta buku, sebenarnya banyak sekali pembatas buku yang dijual di pasaran namun kadang kita bosan dengan modelnya yang hanya dari kertas agak tebal cuma menang warnanya saja dan tampilannya yang glossy. Kalau pembatas buku yang seperti itu membuat sendiri juga bisa ya. Bahkan kita bisa membuatnya dengan desain yang lebih unik dan menarik tentunya. Sehingga jika diselipkan di antara halaman buku akan terlihat semakin keren dan membuat kita semakin semangat menyelesaikan bacaan.

Pembatas Buku

Kreasi pembatas buku dari flanel

Seperti penjelasan di atas pembatas buku merupakan benda yang dipakai untuk memberikan tanda pada halaman di dalam buku yang sedang dibaca. Fungsi lain dari pembatas buku ini untuk menghindari kerusakan buku yang biasanya untuk menandakan halaman yang sedang dibaca dengan cara dilipat.

Nah, bagi anda yang gemar membaca buku berarti anda harus punya pembatas buku supaya anda tidak bingung ketika membuka kembali buku yang pernah anda baca untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

Pembatas buku juga bisa digunakan sebagai souvenir untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, seminar, lokakarya, bedah buku, dan lain sebagainya. Berbagai macam bentuk pembatas buku bisa kita dapatkan dengan mudah dengan cara membeli. Bahkan ada juga pembatas buku yang bisa kita dapatkan secara gratis pada saat membeli buku sebagai bonus. Tapi sekali lagi bahannya dari kertas dan bentuknya pun terbatas. Mau kan membuat pembatas buku sendiri? Kegiatan ini akan meningkatkan kreativitas sekaligus menghemat uang anda.



Berikut ini adalah 2 pembatas buku yang sudah saya buat. Adapun peralatan dan bahan yang dibutuhkan adalah : gunting, jarum + benang, kain flanel, stik es krim, lem tembak, dan manik-manik, benang sari.

Cara membuat pembatas buku bentuk kupu-kupu

Cara membuat pembatas buku dari kain flanel bentuk kupu-kupu
Setelah peralatan dan bahan disiapkan, langkah pertama membuat pembatas buku bentuk kupu-kupu ini adalah dengan menggunting kain flanel mengikuti bentuk dan ukuran stik es krim. Selanjutnya potong kain flanel menyerupai bentuk badan kupu-kupu dan sayap (seperti gambar di atas).

Kemudian jahit feston kedua kain flanel menutupi stik es krim. Sisakan bagian atasnya. Untuk bagian sayap, lipat seperti membuat wiru pada kedua potongan kain untuk sayap selanjutnya ikat dengan benang. Pasang manik-manik untuk mata kupu-kupu dengan cara dijahit. Setelah itu tempelkan stik es krim di bawah sayap kupu-kupu dengan cara dilem tembak kemudian tutup stik es krim dengan potongan kain flanel bagian badan kupu-kupu selanjutnya pasang benang sari dan tutup stik dan sayap bagian bawah dengan potongan flanel yang berbentuk badan tadi. Sampai disini pembatas buku sudah selesai dibuat dan hasilnya seperti gambar yang ada di atas.

Cara membuat pembatas buku bentuk bunga

Cara membuat pembatas buku dari kain flanel bentuk bunga
Setelah kain flanel di potong mengikuti bentuk stik es krim, selanjutnya potong 2 kain flanel berbentuk pola lingkaran. Potong pula 9 potongan kecil kain flanel berbentuk menyerupai mahkota bunga. Kemudian jahit feston kedua kain flanel menutupi stik es krim.

Untuk membuat bunga caranya tempelkan kesembilan potongan mahkota bunga pada pola lingkaran dengan melingkar dan berjajar. Selanjutnya pasang stik es krim pada bunga dan tutup bagian bawahnya dengan pola berbentuk lingkaran yang satunya. Tambahkan potongan flanel berbentuk mata dan bibir agar bunga tampak cantik dan tersenyum. Sampai disini pembatas buku sudah selesai dibuat dan hasilnya seperti gambar yang ada di atas.

Pembatas buku seperti yang saya buat bentuknya masih terbilang sederhana dan mudah dibuat. Anda bisa membuatnya dengan model yang lebih bagus dari apa yang sudah saya buat. Pembatas buku ini juga bisa digunakan oleh anak-anak yang sedang belajar mengaji untuk menandai halaman kitab suci Al-Quran yang sudah dibacanya.

Meskipun sebenarnya sudah ada pembatas buku default dari pita warna-warni, namun pada umumnya anak-anak menggunakan penunjuk yang terbuat dari plastik yang bentuknya panjang agak meruncing yang sekaligus digunakan untuk pembatas buku. Maka dengan membuatkan pembatas buku sendiri dengan bentuk yang lebih menarik dan lucu sudah barang tentu akan membuat putra-putri anda senang dan membangkitkan semangat membaca.

Peluang usaha

Kelihatannya sepele memang, tapi tahukah anda jika pembatas buku ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Untuk memulainya anda tentu harus mempersiapkannya dengan matang. Hal pertama yang diperlukan adalah pembuatan konsep atau perencanaan bisnis. Sedangkan untuk masalah modal, dalam berbisnis pembatas buku tidaklah terlalu besar. Ketika ada pemesanan dalam jumlah besar, maka perlu penerapan sistem uang pembayaran di muka terlebih dahulu.

Peluang bisnis pembatas buku pastinya memiliki banyak persaingan. Yang harus dilakukan untuk memenangkan pasar adalah mengutamakan kualitas, desain yang unik harus menjadi daya tarik tersendiri. Disinilah pentingnya daya kreativitas yang harus terus di tingkatkan.

Pemasaran

Pemasaran untuk tahap awal bisa dilakukan dengan cara online. Ada beberapa media online yang biasanya  digunakan untuk pemasaran yaitu dengan membangun website, melalui situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter, dan juga melalui situs video seperti Youtube. Sedangkan untuk pemasaran offline bisa dengan meminta bantuan teman-teman, sahabat ataupun saudara dan juga menitipkan produk ke toko-toko kerajinan maupun ke toko peralatan tulis.

Demikianlah Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.

0 Response to "Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA