Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang-orang yang kreatif. Hitung-hitung daripada ngegosip yang jelas-jelas tidak ada manfaatnya dan hanya menambah dosa, lebih baik menciptakan sesuatu yang unik dan pengalamannya bisa dishare dan dibaca netters sedunia. Betul tidak? Apalagi saya orangnya tidak bisa diam karena pekerjaan saya memang seorang pengacara dan bicara saya dibayar. Namun bukan pengacara yang membela klien untuk menyelesaikan sebuah kasus tapi pengacara dalam arti pengangguran banyak bicara hahaha.

Kreativitas

Seperti hari ini, saya tidak bisa diam, bukan mulut saya, tapi tangan saya yang tidak bisa diam melihat sampah perca dari kerudung pashmina yang masih berserakan di lantai dan belum sempat saya bersihkan. Kerudung pashmina ini sebelumnya saya sulap menjadi jilbab instan. Percanya masih lumayan lebar dan saya suka motifnya yaitu polkadot apalagi warnanya juga cerah. Dibuang sayang karena masih bisa dimanfaatkan. Akhirnya tangan saya yang bicara dan saya pun menyulapnya. Simsalabim prok-prok-prok dipotret jadi apa yaaa...

Tempat sisir unik dari kain perca
Wihh ada perahu dari kain perca ! Eits, itu bukan perahu dari kain perca tapi tempat sisir yang ditempelkan di dinding. Tempat sisir ini juga bisa digunakan untuk meletakkan handphone, pensil alis, maupun peralatan tulis bahkan untuk menyimpan uang. Tempat sisir seperti ini tidak dijual di toko. Jika ada pasti online shop yang menjualnya dan harganya pastilah mahal.

Penasaran kan, bagaimana cara membuatnya. Baiklah kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat tempat sisir dari kain perca. Dan langsung saja ya, di bawah ini merupakan proses pembuatan salah satu contoh kreasi dari kain perca yaitu tempat sisir yang akan saya bagikan foto tutorial dan penjelasan cara membuatnya yang dilanjutkan pada gambar-gambar berikutnya.

Bahan dan peralatan
Untuk membuat tempat sisir ini, bahan dan peralatan yang diperlukan adalah sebagai berikut.
1. Kain perca, motif bisa di sesuaikan dengan keinginanan anda.
2. Kain untuk bisban dan aplikasi bunga
3. Jarum dan benang, jarum pentul
4. Kain viselin
5. Busa hati, jika tidak ada bisa diganti dengan kertas karton
6. Gunting
7. Setrika

Langkah-langkah membuat tempat sisir dari kain perca

Untuk membuat tempat sisir ini sebenarnya cukup mudah. Namun ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan diantaranya sebagai berikut.
Proses memotong bahan

Bentuk pola tempat sisir dari kain perca
• Langkah pertama membuat tempat sisir ini adalah dengan membuat pola terlebih dahulu menggunakan kertas koran. Ukuran tempat sisir bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Jika pola sudah jadi, selanjutnya letakkan pola kertas di atas kain, busa hati, dan viselin lalu potonglah bahan-bahan tersebut mengikuti pola dari kertas koran. Dan hasilnya akan tampak seperti gambar di atas.

Tutorial aplikasi bunga tempat sisir dari kain perca
• Langkah kedua adalah membuat aplikasi bunga seperti gambar di atas dengan cara memotong 5 kain perca berbentuk persegi panjang dan melipatnya menjadi dua untuk mahkota bunga dan 2 kain perca berbentuk persegi panjang yang juga dilipat menjadi dua untuk daunnya. Kemudian potonglah viselin menyerupai bentuk mahkota bunga dan daun kemudian letakkan potongan-potongan viselin tersebut pada potongan kain perca dan sematkan jarum pentul kemudian potong bahan kain mengikuti pola mahkota bunga dan daun. Potong pula viselin dan kain perca berbentuk lingkaran. Agar tempat sisir tampak cantik dan menarik, pilihlah kain yang berwarna cerah. Anda bisa membuat bentuk bunga sesuai dengan keinginan anda misalnya membuat bentuk bunga matahari.

Proses menyetrika
• Setelah proses memotong bahan, kemudian dilanjutkan dengan proses menyetrika bahan. Lepaskan jarum pentul yang tadi disematkan pada pola bunga dan daun selanjutnya lakukan proses penempelen viselin pada potongan kain yang menyerupai bentuk mahkota bunga dan daun dengan cara menyetrika. Usahakan suhunya tidak terlalu panas karena jika suhu terlalu panas, bahan yang disetrika bisa berkerut dan melengkung. Pastikan viselin melekat pada kain dengan sempurna. Lakukan juga proses menyetrika tempat sisir bagian depan dan belakang.

Proses menjahit
• Tumpuk bahan yaitu tempat sisir bagian depan dan belakang yang sudah disetrika tadi pada busa hati. Selanjutnya potong sedikit kain perca untuk lapisan dalam tempat sisir bagian depan.
• Buat lubang sebagai tempat masuknya paku ketika ditempelkan pada dinding. Lubang untuk memasukkan paku seharusnya berbentuk lingkaran bukan persegi panjang.
• Selanjutnya jahit tepi pada kedua pola tempat sisir agar tidak terlepas karena dalam proses pembuatan tidak menggunakan lem.
• Langkah selanjutnya yaitu memasang bisban pada pinggiran tempat sisir. Persiapkan kain berukuran lebar 2,5 cm panjangnya menyesuaikan panjang pinggiran tempat sisir. Cara menjahit bisban yaitu dari dalam kemudian bisban dilipat keluar dengan cara dijahit jelujur dulu kemudian dijahit dengan mesin. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.

Tutorial lanjutan membuat tempat sisir dari kain perca

Langkah selanjutnya yaitu membuat aplikasi bunga
• Setelah tadi bagian aplikasi bunga dan daun disetrika, selanjutnya yaitu menjahit aplikasi berbentuk bunga dan daun tersebut. Cara menjahitnya dengan menindas viselin agar viselin tidak terlepas ketika dibalik. Dan setelah dibalik maka hasilnya akan menyerupai bentuk mahkota bunga dan daun. Untuk bagian daun bisa ditambahkan dengan menjahit bentuk tulang daun.
• Jika proses membuat bunga dan daun selesai, selanjutnya tempelkan aplikasi bunga dan daun tersebut pada tempat sisir bagian depan dengan bantuan jarum pentul kemudian menjahitnya. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.

Tutorial paling mudah membuat tempat sisir dari kain perca
• Agar bisa disebut sebagai tempat sisir maka tempat sisir bagian depan dan belakang harus digabungkan dengan cara menjahit tepi dan dilanjutkan dengan memasang bisban untuk menutupi pinggiran tempat sisir dan agar kelihatan rapi.

Lanjut langkah terakhir.
• Untuk lubang masuknya paku seharusnya berbentuk lingkaran seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Berhubung tadi proses memotongnya terlanjur berbentuk persegi panjang kecil sehingga jika ditempelkan di dinding tempat pensil ini akan miring. Maka saya siasati dengan membuatkan pita dan sebuah lingkaran ditengahnya yang dilubangi untuk masuknya paku. Agar kain yang dilubangi seratnya tidak lepas maka diperlukan teknik jahit feston seperti membuat lubang kancing.

Proses pembuatan tempat sisir dari kain perca sudah selesai dan hasilnya bisa anda lihat pada gambar paling atas. Sebenarnya masih banyak sekali bahan-bahan yang bisa kita buat menjadi tempat sisir dengan model yang lebih menarik dari apa yang saya buat ini.



Sekali lagi, jika anda memiliki barang bekas atau kain bekas jangan langsung dibuang. Disimpan saja dulu sembari mencari inspirasi. Siapa tahu nantinya anda menemukan ide dan bisa membuatnya menjadi kreasi unik dan menarik serta bermanfaat.

Kiranya Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca yang saya bagikan ini sudah cukup panjang. Saya yakin praktek membuat tempat sisir dari kain perca seperti yang saya buat pasti lebih mudah dari pada membaca tutorial yang tidak jelas ini hehe.Tapi trima kasih ya, karena anda sudah sudi mampir dan membaca artikel saya di blog ini. Semoga tulisan ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat khususnya pemula yang ingin mencoba untuk membuat prakarya. Ok, selamat berkreasi.

0 Response to "Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA