Cara Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin

Kain satin merupakan kain yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kain satin sendiri banyak sekali jenisnya. Mulai dari yang mahal sampai yang murah. Seperti yang kita kenal selama ini, ciri khas kain satin yaitu permukaannya mengkilap atau glossy. Kain satin yang mahal jika dibuat baju sangat nyaman dipakai karena adem. Sedangkan kain satin yang murah meskipun sama-sama mengkilap bedanya agak panas ketika dipakai.

Pengalaman saya membuat baju dari kain satin yang murah, betapa tidak nyamannya ketika dipakai, karena tidak bisa menyerap keringat. Akhirnya baju yang sudah jadi tidak terpakai. Dibuat serbet atau kain pel pun juga tidak menyerap air. Akhirnya baju tersebut saya gunting-gunting dan saya jadikan berbagai bentuk kreasi dompet, tas, dan yang sekarang saya buat ini yaitu bros bunga kanzashi yang sangat populer di kalangan crafter dan pecinta aksesoris.

Bross bunga kanzashi dari kain satin

Tentang Kanzashi

Ada yang tahu tidak, mengapa disebut kanzashi? Usut punya usust, ternyata kanzashi berasal dari Jepang seperti origami. Jika origami adalah seni melipat kertas, kanzashi merupakan seni melipat kain. Hasil dari seni melipat kain ini berupa bentuk-bentuk seperti bunga dan umumnya dipakai para geisha untuk aksesoris yang dipasang di rambutnya. Biasanya para geisha membuatnya sendiri loh. Jika di Jepang dipakai di rambut, namun di Indonesia umumnya dibuat bros dan sebagai ornamen tas atau dompet. Namun ada juga yang memakainya untuk aksesoris rambut. Jadi suka-suka saja tergantung selera karena bunga kanzashi sangat cantik untuk aksesoris apapun.

Cara pembuatan

Membuat bros kanzashi ini sangat mudah, bahan dan peralatan yang digunakan pun bisa kita dapatkan di sekitar kita. Anda bisa menggunakan sembarang kain perca , namun lebih bagusnya menggunakan kain satin.

Jika anda berminat, berikut ini saya share pengalaman saya membuat bros kanzashi. Caranya kira-kira seperti di bawah ini.

Alat dan bahan yang digunakan
1. Kain satin 2 warna
2. Benang dan jarum
3. Kancing hias
4. Kain flanel
5. Gunting
6. Lem tembak
7. Lilin

Tutorial bagaimana membuat bross bunga kanzashi
1. Potong kain satin dua warna berbentuk persegi dengan ukuran 6 cm. Potong masing-masing sebanyak 9 buah.

2. Lipat potongan kain dengan mempertemukan ujungnya membentuk segitiga. Beri sedikit lem di bagian ujungnya menggunakan lem tembak.

3. Tumpuk dua segitiga yang berbeda warna. Berikan sedikit lem di bagian ujungnya.

4. Lipat kedua sisinya ke depan. Agar tidak lepas beri lem bagian ujungnya.

5. Selanjutnya balikkan kelopak bunga kemudian lipat sisi-sisinya ke dalam. Rapatkan kedua sisinya.

Tutorial lanjutan membuat bross bunga kanzashi dari kain satin
6. Setelah semua potongan kain selesai dilipat, langkah berikutnya adalah menggunting sisi bawahnya yang tidak rapi. Agar serat kain tidak terburai, bakar atau slomot sisinya dengan lilin dan tekan-tekan selagi masih panas agar menyatu.

7. Disini saya membuat dua contoh bunga kanzashi dengan cara yang sedikit berbeda yaitu dengan menggunting bagian bawah kemudian membakarnya dengan lilin sehingga prosesnya tanpa melipat ke dalam.

8. Langkah berikutnya yaitu menjahit semua kelopak bunga agar menyatu dan tidak mudah terlepas.

9. Potong kain flanel berbentuk lingkaran untuk alas bunga. Selanjutnya beri lem tembak yang agak banyak kemudian tempelkan bunga pada potongan flanel.

10. Untuk menutupi lubangnya dan agar kelihatan rapi, beri lem tembak di tengahnya kemudian pasangkan kancing hias atau ornamen berbentuk bunga. Dengan demikian maka bunga kanzashi akan tampak semakin cantik.

Nah, itulah Cara Membuat Bros Kanzashi dari Kain Satin. Anda bisa mengkreasikannya sendiri dengan model-model yang sesuai dengan keinginan anda. Selain untuk bros, bunga kanzashi juga bisa digunakan untuk aksesoris jilbab yang diletakkan di kepala seperti bando yang biasanya bisa kita jumpai pada riasan pengantin berbusana muslim.

Dengan membuat bros sendiri maka otomatis akan sedikit menghemat pengeluaran. Disamping itu juga melatih daya kreativitas kita. Meskipun kelihatannya sederhana, bros kanzashi ternyata banyak peminatnya. Dan inilah saatnya untuk menjadikannya sebagai peluang usaha.

Sekian dulu ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang mencari tutorial. Semoga apa yang saya bagikan ini dapat menjadi inspirasi bagi anda dan menjadikannya sebagai salah satu peluang bisnis yang akan anda jalankan.

0 Response to "Cara Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin"

Posting Komentar

DMCA