-->
Cara Mudah Membuat Bando Cantik dari Kain Flanel

Cara Mudah Membuat Bando Cantik dari Kain Flanel

Banyak sekali ide untuk membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Seperti yang kita kenal selama ini, kain flanel adalah kain yang memiliki corak beragam dengan tekstur seperti kain wol. Yang disukai dari kain ini yaitu seratnya yang rapat dan padat ketika digunting langsung rapi tanpa menyebabkan serat terburai sehingga kain flanel sangat cocok jika digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan ditambah lagi warna-warnanya yang cerah serta harganya yang murah meriah. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kain flanel bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk yang unik dan menarik. Tidak hanya itu saja, berkreasi dengan kain flanel juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang sangat potensial.

Adapun pada kesempatan kali ini, seperti biasanya saya akan membagikan pengalaman saya membuat salah satu contoh kreasi dari flanel yaitu bando cantik. Meskipun sudah banyak sekali yang membuat aneka kreasi dari kain flanel seperti bando namun bentuknya mungkin berbeda-beda.

Bagi anda ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang dan ingin memanfaatkan waktu luangnya maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk berkarya dengan membuat aneka kerajinan. Mungkin bagi ibu rumah tangga yang passionnya masak-memasak, bisa jadi kurang berminat dengan aktivitas yang berhubungan dengan jahit-menjahit atau membuat kerajinan. Namun jika berbicara tentang fashion, sebagian besar wanita pasti menyukainya. Dan bando adalah salah satu contoh aksesoris yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan kaum hawa.

Dari hasil pengamatan saya, pemakai aksesoris bando ini cenderung didominasi oleh anak-anak saja terutama balita. Sementara bagi orang dewasa, fungsi bando biasanya bukan lagi sebagai aksesoris namun untuk merapikan rambut agar rambut tidak menutupi mata. Bentuk bando yang digunakan pun bando yang sederhana tanpa hiasan.

Nah bagi anda yang memiliki anak perempuan yang sedang lucu-lucunya, dan ingin membuatkan aksesoris namun anda masih bingung karena banyaknya model yang dibuat dan anda tidak tahu harus membuat aksesoris dalam bentuk apa. Model bando seperti yang saya buat ini mungkin bisa anda jadikan referensi.

Bando Cantik dari kain Flanel

Bando bunga cantik dari kain flanel
Proses pembuatan bando seperti ini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal mempersiapkan peralatan dan bahan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita.
Bahan dan peralatan yang dibutuhkan.





  • Kain flanel
  • Kertas tebal untuk pola 
  • Bolpoint
  • Kancing
  • Bando
  • Jarum& + benang
  • Gunting
  • Lem tembak
  •  
    Cara Membuat


    Tutorial bando bunga cantik dari kain flanel
    1. Setelah peralatan dan bahan sudah dipersiapkan, pertama-tama kita harus membuat pola dari kertas yang tebal. Pola ini untuk memudahkan ketika menggambar pada kain flanel. Setelah pola selesai dibuat kemudian aplikasikan pada kain flanel dan gambarlah sesuai pola.

    Selanjutnya gunting kain flanel menurut gambar pola. Buat dalam dua ukuran yang berbeda. Selanjutnya ukur lingkar bando menggunakan kain flanel. Potong dua kain flanel menurut ukuran bando. Tambahkan 2 cm untuk kampuh. Berhubung kain flanel yang saya beli berupa lembaran yang biasanya dijual dengan ukuran 25x25 cm dan ternyata tidak cukup untuk menutupi seluruh lingkar bando sehingga saya harus menyambungnya. Selanjutnya potong kain flanel berbentuk lingkaran untuk membungkus kancing.

    Tutorial 2 bando bunga cantik dari kain flanel
    2. Gabungkan kedua kain flanel yang sudah dipotong tadi dengan cara menempelkannya pada bando yang sebelumya sudah diberi lem tembak. Rapikan semua sisinya dan rekatkan dengan lem tembak. Jika ada yang tidak sama bisa digunting dan dirapikan.

    3. Selanjutnya jahit sekeliling bando yang sudah terbungkus dengan kain flanel tadi menggunakan teknik tusuk feston. Gunakan benang yang warnanya senada.

    4. Untuk mempercantik tampilan bando, kita harus membuat hiasan bunga dari potongan kain flanel yang sudah dibuat tadi. Caranya yaitu dengan menjahit jelujur kemudian tarik benang dengan kencang dan jahit mati. Selanjutnya tumpuk sisi yang terbuka dengan cara dilem tembak sehingga akan berbentuk menyerupai bunga. Selanjutnya jahit jelujur di sepanjang sisi kain flanel yang berbentuk lingkaran kemudian masukkan kancing dan tarik benangnya sekencang mungkin kemudian jahit mati atau anda bisa langsung memberinya lem tembak agar benang tidak lepas.

    5. Langkah terakhir yaitu menempelkan aplikasi bunga yang sudah dibuat pada bando. Tempelkan bunga pertama pada permukaan bando tepat pada sambungan. Hal ini bertujuan untuk menutupi sambungan kain flanel tadi. Tumpuk dengan bunga kedua kemudian pasangkan kancing bungkus flanel pada tengah-tengah bunga. Dengan demikian maka pembuatan bando cantik dari kain flanel telah selesai.

    Demikianlah Cara Mudah Membuat Bando Cantik dari Kain Flanel yang bisa saya bagikan. Bagaimana bunda? Mudah bukan cara membuat bando dari kain flanel tadi? Anda bisa membuat hiasan bando dengan bentuk lain yang lebih bagus lagi dari yang sudah saya buat ini. Kegiatan membuat kerajinan selain bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat yang terpenting adalah untuk mengisi waktu luang daripada melakukan hal-hal yang tidak perlu. Oke, selamat berkreasi...

    Baca juga:

    Tidak ada komentar