Cara Mudah Membuat Origami Baju Kemeja

Sejak jaman dahulu sampai sekarang, origami terus berkembang. Teknik-teknik yang digunakan pun juga semakin beragam. Yang mulanya hanya beberapa lipatan menjadi bentuk yang sederhana menjadi berbagai macam lipatan yang rumit dan bervariasi.

Kabarnya nih, origami sebenarnya berasal dari Tiongkok. Namun berkembang pesat dan populer di Jepang. Sekilas origami memang tampak sepele, namun jika dilihat sebagai sesuatu yang mendidik, origami sangat besar manfaatnya. Origami dapat meningkatkan kemampuan Matematika. Dalam proses lipat-melipat pasti terjadi proses berhitung. Membagi kertas dalam dua atau beberapa lipatan, atau bagaimana membagi kertas tersebut menjadi beberapa bagian yang sama besar. Setelah itu ketika sebuah hasil lipatan origami yang sudah jadi dibuka kembali, akan terlihat pola-pola simetris dari garis bekas lipatan tersebut. Hal inilah yang  membantu seseorang terlebih anak-anak dalam mengenali pola dan konsep bentuk atau bangun geometris.



Berbicara mengenai teknik melipat-lipat kertas, beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah berbagi pengalaman membuat kreasi origami. Meskipun sebenarnya saya kurang begitu tertarik dengan kegiatan lipat-melipat kertas ini karena tidak mudah awalnya bagi saya. Namun begitu mempraktekkan beberapa tutorial akhirnya saya menyimpulkan bahwa ternyata membuat prakarya origami itu tidak sesulit yang saya bayangkan. Selain untuk belajar berkreativitas, membuat kerajinan origami ini dapat melatih kesabaran. Dari selembar kertas, segudang manfaat akan didapat dari origami.

Dan di bawah ini adalah kreasi yang saya buat yaitu origami baju kemeja yang fotonya bisa anda lihat. Sekilas nampak seperti baju sungguhan ya. Siapa sangka ternyata baju ini hanyalah baju mainan dari kertas yang dilipat-lipat alias origami.

Origami Baju Kemeja 

Membuat origami baju kemeja
Bagaimana bunda, siap bermain origami juga? Jangan mau kalah sama anak TK ya. Jika anda juga ingin membuatnya, berikut ini saya share pengalaman saya. Anda bisa mempraktekkannya nanti bersama putra-putri anda. Tentunya ini sangat menyenangkan bukan?

Baiklah, untuk membuat origami baju kemeja, bahan yang diperlukan kali ini adalah:
Kertas origami ukuran 160x160 mm, bermotif atau polos. Jika tidak ada kertas origami, anda bisa menggunakan kertas kado atau kertas apa saja juga boleh.
Gunting atau cutter untuk memotong.

Cara membuat

1. Siapkan selembar kertas origami dengan ukuran 160 x 160 mm.
2. Lipat kertas menjadi dua bagian hingga membentuk garis bantu vertikal. Selanjutnya potong kertas tepat pada garis horizontal tersebut menggunakan gunting atau cutter karena yang digunakan hanya separuh bagiannya saja sehingga menghasilkan bentuk persegi panjang.
3. Balikkan kertas, yang berwarna di bawah sementara yang putih di atas. Selanjutnya lipat sedikit tengahnya untuk mencari garis bantu verikal dan diagonal dengan cara dicubit atau bisa menggunakan pensil untuk menandai.
4. Lipat kertas menjadi dua bertemu garis bantu horizontal tengah.
5. Lipat sisi kanan ke garis tengah vertikal.
6. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang satunya.
7. Buka lipatan dan lipat secara serong ke kanan dengan garis lipatan sampai pada garis horizontal tengah. Demikian pula pada sisi yang satunya, buka lipatan dan lipat serong ke kiri dengan garis lipatan sampai pada garis horizontal tengah. Ini untuk membentuk lengan.
8. Kemudian lipat sisi atas. Lipat sedikit ke arah belakang. hasilnya tampak seperti pada gambar.
9. Selanjutnya buat bentuk kerah dengan cara melipat serong sudut kanan atas ke garis tengah vertikal.
10. Demikian juga pada sudut kiri atas lipat serong ke garis vertikal.
11. Lipat bagian bawah ke atas sampai tepat di bawah kerah. Selipkan tepat dibawah kerah agar rapi. Dengan demikian origami baju kemejanya sudah jadi.

Demikianlah Cara Mudah Membuat Origami Baju Kemeja. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Sekali lagi tidak ada sesuatu yang sulit jika kita mau belajar. Setelah tahu caranya dijamin anda pasti ketagihan. Tangan anda tak bisa diam. Selalu saja ingin melipat-lipat hehe

0 Response to "Cara Mudah Membuat Origami Baju Kemeja"

Posting Komentar

DMCA