Cara Mudah Membuat Sarung HP Cantik dari Baju Bekas

Hallo readers Kreasi Ceria, punya HP tidak? Pastinya punya kaan. Masa kalah sama bapak-bapak tukang becak dan ibu-ibu penjual rujak. Oh ya HPnya apa dunk? Pasti HP pintar, smartphone. Iya kaan? Yang kameranya beresolusi tinggi, canggih, keluaran dari vendor ternama dan harganya mahal. Betul kaan? Kalau punya HP bagus, apa yang kalian lakukan. Pasti HPnya disayang-sayang. Hayoo, ngaku.

Biasanya kalau punya HP bagus, empunya selalu berusaha untuk menjaganya jangan sampai terbentur, tergores apalagi terjatuh. Banyak cara dilakukan untuk melindungi smartphone kesayangan salah satunya dengan memakaikan sarung. Saat ini banyak sekali dijual sarung HP atau smartphone dari bahan yang sangat beragam dengan  model yang bervariasi. Namun terkadang sarung HP yang dijual di pasaran tidak cocok dengan selera.

Contoh Sarung HP Cantik

Meskipun banyak sekali sarung Hp yang dijual di pasaran, pernah tidak kalian mengalami kesulitan menemukan tempat hp yang cocok dengan keinginan kalian? Pastinya pernah kaan? Seperti yang saya alami saat ini. Saya kesulitan mencari sarung handphone yang sesuai dengan tipe hp saya. Kebanyakan yang dijual di pasaran, modelnya mengacu pada smartphone merk tertentu. Setiap saya coba pasang, selalu saja ada yang tidak pas. Akhirnya saya memutuskan membuat sarung Hp DIY. Kebetulan ada baju yang tidak terpakai tapi masih bagus hanya modelnya saja yang saya tidak suka. Oleh sebab itu baju bekas tersebut akhirnya saya eksekusi menjadi sarung HP cantik.

Bagaimana reader, cantik kaan? Jika kalian saat ini juga mengalami masalah yang berkenaan dengan tempat HP, tidak ada salahnya kaan mencoba membuat sendiri. Memang sebagian orang disibukkan oleh rutinitas sehingga tidak sempat untuk melakukan sesuatu yang bisa menyenangkan diri sendiri misalnya berkreasi. Tapi saya yakin, pada dasarnya semua orang itu menyukai keindahan terlebih kaum wanita. Ketika melihat benda yang menarik pasti terbersit dalam pikirannya, wah bagus ya. Bagaimana ya cara membuatnya? Kelihatannya tidak terlalu sulit dan bahannya juga mudah didapat. Nah loh...

Sudah berapa kali saya katakan, kalau memiliki barang utamanya baju yang sudah tidak dipakai, jangan langsung dibuang. Biasanya kalau ada baju yang sudah tidak dipakai, reflek kita langsung saja membuangnya atau menyimpannya di tempat penyimpanan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Karena baju bekas, jika mau dikasihkan ke orang nanti dikiranya menghina. Repot juga kaan. Dari pada bingung, lebih baik disulap saja menjadi barang yang lebih bermanfaat. Begitu saja kok repot. Lagi pula, sekarang ini kan banyak sekali ide kreasi yang dapat kita hasilkan dari bahan bekas salah satunya dari baju. Jangan berpikir kalau barang bekas itu tidak ada harganya ya, karena pada kenyataannya kreasi dari bahan bekas juga memiliki nilai jual yang lumayan.

Seperti pada gambar di atas, jika baju bekas sudah selesai didaur ulang menjadi barang yang berguna maka akan terlihat seperti barang baru. Bagaimana? tertarik ingin membuatnya juga. Simak pengalaman saya yang sudah terangkum dalam bentuk tutorial berikut ini.

Cara Membuat

Untuk bahan sarung HP cantik ini, di sini saya menggunakan :
• Baju bekas yang saya tidak tahu jenis kainnya apa, kalau tidak salah kain katun corduroy karena memiliki pola bergaris-garis.
• Kain perca satin untuk bunga
• Kain Flanel untuk alas bunga
• Kain perca polkadot untuk bisban
• Busa angin
• Kain spunbond untuk lining
• Velcro
• Renda zig-zag
• Kancing baju
• Gunting
• Jarum + benang
• Kapur jahit untuk menggambar
• Lilin atau korek gas

Dan jika semua bahan sudah tersedia selanjutnya anda tinggal mengikuti langkah-langkah cara membuatnya pada gambar di bawah ini berikut penjelasannya.

Tutorial cara membuat sarung HP cantik dari baju bekas
Memotong Bahan dan Membuat Bunga
1. Pertama-tama ukur hp anda dengan cara meletakkan Hp di atas kain. Untuk bagian belakang, lebihkan setengah bagian untuk digunakan sebagai penutupnya. Selanjutnya gambarlah persegi panjang dengan bentuk agak oval pada bagian sudutnya menggunakan kapur jahit. Untuk ukuran sarung hp, lebihkan potongan di tiap kelilingnya kira-kira 2 cm dari ukuran hp sebenarnya untuk kampuh.

Selanjutnya buat lagi untuk bagian depan sesuai ukuran hp. Kemudian potong sesuai pola yang digambar. Hasilnya ada satu lembar untuk bagian depan dan satu lembar lagi untuk bagian belakang yang mana bagian belakang harus dibuat lebih panjang dari pada bagian depan untuk dijadikan penutupnya. Selanjutnya potong busa angin dan kain spunbond atau kain biasa untuk lining dengan bentuk yang sama seperti pola sarung yang sudah dipotong sebelumnya. Selanjutnya potong kain satin berbentuk persegi dengan ukuran 4X4 cm untuk membuat bunga kanzashi.

Membuat Bunga  
Disini saya tulis keterangan membuat bunga kanzashi berdasarkan nomor yang ada pada gambar.
2. Lipat kain bentuk persegi tadi menjadi bentuk segitiga.

3. Lipat lagi dari kanan dan kiri membentuk segitiga yang lebih kecil sehingga menjadi bentuk seperti pada gambar diatas.

4. Lipat ke belakang atau cubit sehingga membentuk seperti mahkota bunga. Selanjutnya gunting pada bagian ujung bawah dan belakang kemudian bakar dengan lilin atau korek gas agar serat kain tidak terburai.

5. Jika semua mahkota kanzashi sudah selesai dibuat, hasilnya akan tampak seperti pada gambar di atas.

Proses Menjahit Sarung HP Cantik 
Untuk proses menjahit ini, anda bisa menggunakan mesin jahit atau manual menggunakan tangan jika anda belum memiliki mesin jahit atau memang belum bisa menjahit dengan mesin :)

6. Tumpuk potongan kain, busa hati dan kain spunbond, sematkan jarum pentul. Selanjutnya jahit bisban pada bagian depan sarung hp.

7. Hias bagian depan sarung hp dengan pita zig-zag yang sebelumnya sudah diselipkan daun kanzashi. Pasang velcro pada bagian depan dan belakang. Kemudian tumpuk bagian depan dan belakang. Sematkan jarum pentul agar bahan tidak bergeser. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di atas.

8. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan bagian depan dan belakang dengan cara menjahit bisban langsung. Caranya bisban dijahit dari bagian belakang selanjutnya lipat ke depan, jahit dahulu dengan teknik tusuk jelujur kemudian jahit tindas.

9. Langkah terakhir yaitu mempercantik sarung hp dengan hiasan bunga kanzashi. Agar mudah membuatnya menjadi bentuk bunga, potonglah kain flanel bentuk lingkaran sebagai alas bunga. Selanjutnya rangkai mahkota kanzashi yang sudah dibuat tadi kemudian tempelkan pada alas bunga. Pasang pada penutup sarung dengan cara dilem tembak. Selanjutnya jahit kancing baju di tengahnya agar bunga tampak semakin indah. Jadi deh, sarung handphone cantik buatan sendiri, dan hasilnya tampak seperti gambar paling atas.

Itulah Cara Mudah Membuat Sarung HP Cantik dari Baju Bekas versi saya. Mohon maaf jika ada kesalahan. Trima kasih sudah membacanya. Selamat mencoba. Semoga yang anda buat lebih bagus dari yang saya buat. Happy blogging, happy reading and happy crafting readers.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Sarung HP Cantik dari Baju Bekas"

Posting Komentar

DMCA