Cara Mudah Permak Rok dan Memasang Saku Sembunyi

Sebagai seorang wanita, memakai rok adalah hal yang memang perlu dilakukan. Seperti yang kita tahu, rok bisa membuat penampilan kita lebih feminin dan anggun. Saat ini model rok sangat beragam. Salah satunya adalah rok panjang dengan kerut di pinggang. Dari sekian banyak model rok, yang saya suka adalah yang ada sakunya. Kebanyakan rok jadi yang dijual adalah rok yang tidak dilengkapi dengan saku.

Seperti beberapa rok yang saya miliki. Ketika membelinya, sebenarnya saya kurang begitu tertarik karena tidak ada sakunya. Berhubung motifnya saya suka dan harganya sesuai dengan isi kantong, akhirnya saya beli juga. Namun masalahnya, ketika saya pakai seperti ada yang kurang sehingga saya harus melakukan permak dan memasang saku sembunyi. Mengapa saya menyebutnya saku sembunyi? Karena saku ini memang bersembunyi dan tidak terlihat dari luar.

Cara pasang saku

Permak Rok

Saku samping umumnya berada di celana maupun rok. Saku memiliki banyak fungsi salah satunya sebagai tempat menaruh benda misalnya uang, dompet maupun handphone. Dan rok bersaku ini memang sangat cocok untuk wanita yang ingin tampil lebih modis dan bergaya. Namun yang paling penting, dengan adanya saku, barang-barang yang kita bawa menjadi lebih aman karena ada tempat untuk menaruhnya. Misalnya uang terutama handphone yang kemana-mana biasanya mesti kita bawa. Jika baju atau rok kita ada sakunya, maka kita tidak perlu lagi repot-repot membawa dompet sehingga lebih praktis.

Apakah anda juga memiliki rok yang tidak ada sakunya? Dan anda juga ingin memasang saku sendiri. Tidak seperti memasang dan menjahit saku biasa yang diaplikasikan begitu saja pada baju atau rok. Memasang dan menjahit saku samping bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun jangan kawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara memasang dan menjahit saku samping rok yang hasilnya nanti saku tidak tampak atau bersembunyi.

Di bawah ini adalah gambar rok saya setelah dipasang saku. Keren kaan? Anda ingin mencobanya? Baiklah, simak ya step by step cara memasang saku sembunyi versi saya. Semoga saja artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi untuk melakukan permak rok sendiri.

Cara mudah pasang saku

Cara Memasang Saku Sembunyi

Di bawah ini merupakan langkah-langkah memasang dan menjahit saku sembunyi yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangan yang dilanjutkan dengan gambar dan keterangan berikutnya.
Cara mudah memasang saku sembunyi
1. Langkah pertama yaitu membuka jahitan dengan menggunakan pendedel benang. Jangan terlalu lebar membukanya. Ukur sekiranya tangan anda bisa masuk saku. Disini saya membuat lubang saku berukuran 12 cm.

2. Buka jahitan pada bagian ban pinggang. Buka kira-kira 15 cm atau sesuai dengan lebar saku.

3. Potong kain berbentuk persegi panjang untuk saku. Anda bisa menggunakan kain perca maupun kain bekas baju. Disini kain yang saya pakai berukuran 45x17 cm.

4. Selanjutnya pasang kain untuk saku tersebut pada rok bagian depan yang sudah dibuka jahitannya tadi dengan menyematkan jarum pentul.

5. Kemudian jahit saku dimulai dari bawah ban pinggang dan berhenti pada batas jahitan yang dibuka tadi.

6. Selanjutnya bentangkan saku ke samping kiri, tarik sedikit dan jahit tindas. Jangan lupa menjahit mati pada permulaan dan akhir. Tujuan menjahit tindas saku ini agar jahitan saku lebih kuat disamping itu saku juga kelihatan lebih rapi.

7. Setelah dijahit tindas maka hasilnya tampak seperti pada gambar.

Cara mudah permak rok dan memasang saku
8. Kita lanjut langkah berikutnya yaitu menggunting bagian pinggir rok bagian depan tepat di bawah batas jahitan saku. Gunting kira-kira 1 cm. 

9. Selanjutnya satukan yang sudah digunting tadi dengan tepi rok bagian belakang dan sematkan jarum pentul.

10. Lipat kain saku dan atur lipatannya sehingga lipatan saku membentuk segi empat simetris selanjutnya sematkan jarum pentul pada semua sisi saku kemudian dilanjutkan dengan menjahit tepi saku.

11. Setelah semua tepi saku dijahit, kemudian jahit saku bagian samping menindas pinggir rok. Menjahitnya dimulai dari bawah ban pinggang sampai saku bawah sehingga saku menyatu dengan rok depan dan belakang. Biasanya setelah menjahit bagian ini, kita perlu melakukan jahit obras. Namun disini saya hanya melipat tepi saku sehingga tidak diperlukan jahit obras.

12. Masukkan bagian atas saku ke ban pinggang dan sematkan jarum pentul selanjutnya jahit jelujur. Setelah itu jahit tindas sehingga ban pinggang kembali seperti semula.

13. Jika langkah-langkah seperti yang saya tulis ini sudah dilakukan. Artinya saku sembunyi sudah berhasil dipasang. Tinggal balikkan rok dan kini kita sudah memiliki rok dengan saku sembunyi.

Cukup mudah bukan. Anda bisa mencobanya. Dengan melakukan permak rok sendiri tentunya akan menghemat biaya, betul ? Memasang saku sembunyi juga bisa diterapkan ketika membuat rok, jadi bukan hanya untuk rok yang sudah jadi saja.

Manfaat bisa permak baju sendiri

Menurut saya, bisa menjahit sudah pasti bisa permak baju maupun rok sendiri. Manfaat yang bisa saya peroleh secara langsung yaitu menghemat biaya pastinya, karena saya tidak harus menggunakan jasa penjahit yang jika diperhitungkan ongkosnya bisa untuk membeli paket data.

Saya bersyukur karena keterampilan menjahit yang saya miliki sangat membantu semua masalah saya yang berkenaan dengan pakaian. Dengan bisa menjahit baju sendiri kita bisa membuat baju bahkan melakukan modifikasi jika baju yang terlanjur kita beli tidak pas di hati.

Manfaat lainnya yang sangat saya suka adalah dapat menyenangkan orang lain. Ketika ada saudara yang ingin bajunya dipermak, jika saya bisa melakukannya maka akan saya lakukan. Pernah juga ada beberapa orang yang membutuhkan bantuan saya karena bajunya kepanjangan dan harus dipotong, maka saya akan melakukannya dengan senang hati dan tanpa menarik ongkos sepeserpun karena permak baju yang demikian ini sungguh teramat mudah bagi saya untuk melakukannya. Karena gratis, lama-lama mereka pun segan dan tidak lagi meminta bantuan saya hehe. Padahal saya loh tidak masalah.

Kiranya cukup sekian saja dulu ya sharing pengalaman saya. Trima kasih karena anda sudah membacanya. Jika Cara Mudah Permak Rok dan Memasang Saku Sembunyi menurut anda ternyata tidak mudah dipahami, saya mohon maaf. Tapi percayalah, dalam prakteknya memasang saku sembunyi itu memang mudah. Untuk bisa menjahit apalagi permak baju, anda tidak perlu memiliki keahlian menjahit tingkat tinggi. Jika anda berminat menjadikan permak baju sebagai lahan bisnis, sebagai modal awal cukup dengan keberanian. Hanya dengan menguasai permak baju, anda bisa menghasilkan uang tambahan.

0 Response to "Cara Mudah Permak Rok dan Memasang Saku Sembunyi"

Posting Komentar

DMCA