Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas

Hallo reader Kreasi Ceria...Jumpa lagi dengan tulisan saya. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang barang bekas atau barang yang sudah tidak dipakai lagi. Masih sama dengan bahan yang saya gunakan yaitu baju bekas. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana mengkreasikan barang bekas tersebut menjadi sebuah karya yang lebih bernilai dan bermanfaat tentunya. Dan kreasi saya kali ini berupa tempat pensil.

Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu

Meskipun sebelumnya saya sudah pernah berbagi tutorial tentang pembuatan tempat pensil, namun kali ini tempat pensil yang saya buat bentuknya agak berbeda dari yang lainnya. Mengapa berbeda? Ya, tentu saja. Sudah menjadi sifat manusia kan yang namanya bosan itu pasti ada. Dan anda pastinya juga pernah merasakannya.

Ketika melihat meja belajar atau meja kerja yang di atasnya ada tempat pensil yang modelnya itu-itu saja dan bahannya terbuat dari bahan plastik, fiber atau seng yang mudah berkarat. Hal ini tentu membuat kita merasa bosan kan? Jika rasa bosan sudah menyelinap di hati sudah pasti kita ingin sesuatu yang lebih unik ada di atas meja belajar atau meja kerja supaya diri menjadi lebih bersemangat. Contohnya seperti ini nih, tempat pensil unik bentuk sepatu yang ternyata membuatnya juga terbilang cukup mudah.

Kreasi tempat pensil unik bentuk sepatu

Bagaimana? cantik kan tempat pensilnya. Untuk membuat kerajinan tangan yang satu ini caranya hampir sama dengan membuat sepatu sungguhan. Jika anda bisa membuat tempat pensil seperti yang saya buat ini, dijamin anda pasti bisa membuat sepatu sendiri karena pada dasarnya pola dan langkah-langkah pembuatannya tidak jauh berbeda.

Satu lagi, jika di atas meja kerja atau meja belajar kita terdapat tempat pensil buatan kita sendiri, tentunya ini sangat menyenangkan dan membanggakan. Apalagi jika pembuatannya kita lakukan untuk mengisi waktu luang dan bahan-bahan yang digunakan juga sederhana, murah, dari barang bekas bahkan dari daur ulang sampah. Sungguh ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

Lebih asyik lagi jika membuatnya dilakukan bersama dengan teman-teman. Biasanya para pelajar kan ada tugas membuat prakarya atau keterampilan. Mungkin jenis kerajinan ini bisa kalian coba. Siapa tahu berawal dari coba-coba akhirnya muncul ide-ide baru dan membuahkan kreasi yang lebih unik dan menarik.

Sudah tidak diragukan lagi dan sudah terbukti bahwasanya kreasi unik itu banyak yang melirik loh. Jika sudah demikian maka tidak menutup kemungkinan untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. Lumayan kaan untuk menambah uang jajan hehe. Daripada terus menerus meminta orang tua, kalau bisa mencari uang sendiri kan hebat. Selain untuk meringankan beban orang tua yang pasti juga dapat pahala.

Cara Membuat

Nah,kali ini kembali saya akan mencoba memberikan sebuah tutorial sederhana untuk pembuatan kreasi unik dari bahan atau barang bekas. Dalam hal ini baju bekas adalah bahan yang saya gunakan untuk membuat barang yang lebih bermanfaat, yaitu tempat pensil bentuk sepatu. Namun sebelum melakukan proses pembuatan, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan dahulu peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan.

Alat dan Bahan
1. Kertas untuk pola
2. Pensil untuk menggambar pola
3. Kain dari baju bekas atau kain perca
4. Busa hati
5. Resleting
6. Kain motif polkadot untuk pita
7. Busa angin untuk isi pita (opsional)
8. Jarum + benang
9. Gunting

Langkah-Langkah Pembuatan Tempat Pensil Bentuk Sepatu
Berikut ini langkah-langkah pembuatan tempat pensil yang hasilnya tampak seperti gambar di atas dan tutorialnya sudah saya lengkapi dengan gambar beserta keterangannya.

Tutorial 1 Kreasi tempat pensil unik bentuk sepatu
1. Setelah alat dan bahan sudah tersedia, pertama-tama kita buat terlebih dulu dahulu pola sepatu dengan menggunakan kertas. Anda bisa menggunakan kertas koran atau kertas HVS. Ukuran tempat pensil silahkan disesuaikan dengan keinginan anda. Setelah pola sudah dibuat hasilnya tampak seperti pada gambar.

2. Langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikan pola pada bahan. Potong kain dan busa hati sesuai dengan bentuk pola kertas. Kain dan busa hati untuk alas dan bagian atas yang berbentuk melengkung dipotong dengan ukuran yang sama. Untuk bagian samping yang berbentuk persegi panjang, kain dilebihkan 1 cm  dari pada ukuran busa hati untuk lipatan. Agar serat kain tidak terburai, maka kita harus membakar atau menyelomot pinggir kain dengan lilin atau solder.

3. Selanjutnya, tumpuk semua potongan kain di atas busa hati dan sematkan jarum pentul. Lipat tepi kain yang berbentuk dua persegi panjang tadi kira-kira 1 cm dan melipatnya ke bawah sehingga menutupi busa hati kemudian sematkan jarum pentul.

Tutorial 2 Kreasi tempat pensil unik bentuk sepatu
4. Langkah selanjutnya yaitu proses menjahit. Kain yang sudah dilipat pada busa hati tadi kemudian dipasang resleting. Letakkan resleting di bawah kain. Jahit dahulu resleting dengan teknik tusuk jelujur kemudian jahit dengan mesin.

5. Jika resleting sudah terpasang selanjutnya jahit upper atau sepatu bagian atas pada bahan. Tutup dahulu resletingnya kemudian jahit upper di atas pembatas resleting. Hasilnya bisa dilihat pada gambar.

6. Selanjutnya gabungkan kedua bagian sepatu samping kiri dan kanan dengan cara menjahitnya pada bagian belakang.

7. Rapikan tepi kain yang sekiranya tidak sama dengan busa hati dengan mengguntingnya kemudian bakar tepinya agar serat kain tidak terburai. Upper atau sepatu bagian atas jika dibalik maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

8. Langkah berikutnya yaitu memasang bagian alas sepatu. Pada proses ini kita membutuhkan kesabaran ekstra karena bahan yang digunakan agak kaku maka kita harus melakukan proses ini dengan hati-hati dan seksama agar bentuk sepatu nantinya tidak penceng. Maka yang harus dilakukan yaitu pertama-tama menjahitnya dari belakang dulu tepat pada bagian sambungan. Untuk bagian depan, kita juga harus mengatur agar posisi upper bisa pas dengan alas sepatu. Dan untuk memudahkan proses ini, sematkan jarum pentul kemudian jahit dengan teknik tusuk jelujur kemudian jahit dengan mesin. Setelah itu balikkan.

9. Nah, itu dia sepatunya sudah jadi. Namun tampilannya terlihat kurang menarik tanpa adanya ornamen. Disinilah perlunya membuat hiasan. Ornamen ini bisa dibuat dalam bentuk bunga. Namun saya pilih yang simpel saja yaitu bentuk pita yang membuatnya juga sangatlah mudah. Agar pita tampak berisi maka saya beri busa angin. Kegunaan dari pita ini selain untuk mempercantik penampilan tempat pensil juga untuk menutupi pembatas resleting.

10. Setelah pita sudah selesai dibuat selanjutnya pasangkan pita dengan cara dijahit menembus upper agar pita tidak mudah lepas. Jika sudah, maka jadilah tempat pensil unik bentuk sepatu yang siap digunakan untuk menemani aktivitas terutama para pelajar dan ibu guru.

Demikianlah pengalaman saya membuat Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas yang tutorialnya sudah saya bagikan. Trima kasih sudah membacanya. Semoga brermanfaat dan selamat berkreasi tanpa batas.

0 Response to "Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas"

Posting Komentar

DMCA