Membuat Dompet Pensil Unik Bentuk Mobil dari Kain Perca

Siapa pun pasti tahu kalau tempat pensil merupakan barang yang mutlak diperlukan untuk dijadikan wadah peralatan tulis. Jika saja tidak ada benda yang satu ini, sudah bisa dibayangkan betapa repotnya saat harus mencari peralatan tulis yang dibutuhkan namun ternyata entah kemana karena tercecer atau masuk ke tempat lain yang tak terjangkau di dalam tas. Maka dari itulah, tidak sedikit orang yang menggunakan tempat pensil ke manapun mereka pergi ketika beraktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran maupun pekerjaan.

Dompet Pensil Bentuk Mobil

Setelah membuat beberapa tempat pensil yang modelnya cenderung untuk anak perempuan. Pada kesempatan kali ini seperti biasanya saya akan membagikan pengalaman membuat tempat pensil namun kali ini khusus untuk anak laki-laki yaitu dompet pensil bentuk mobil.

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya anak perempuan itu kan suka bermain boneka dan masak-masakan, sedangkan anak laki-laki suka bermain mobil-mobilan. Para orang tua pun cenderung memperlakukan anak laki-laki dan anak perempuan secara berbeda sejak lahir, seperti mendekor kamar anak dengan berbeda termasuk memilihkan mainan dan peralatan tulis dalam hal ini tempat pensil.

Mengingat betapa mudahnya membuat tempat pensil sendiri apalagi bahan yang digunakan juga dari kain perca. Hal inilah yang membuat saya untuk selalu mencoba dan mencoba berkreasi dengan bentuk-bentuk yang beraneka ragam. Dan disela-sela kesibukan pasti ada waktu luang.

Nah, bagi bunda yang ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk berkreasi dan kebetulan tempat pensil sang anak sudah waktunya minta ganti dan anda ingin membuatkannya sendiri namun masih bigung mau membuat yang seperti apa. Jangan bingung ya bunda, membuat tempat pensil seperti ini mungkin bisa anda coba.

Dompet pensil unik bentuk mobil

Jadi, tunggu apa lagi, yuk bunda buat tempat pensil sendiri. Membuatnya juga tidak terlalu sulit jika kita tahu caranya. Dan pastinya memiliki tempat pensil handmade hasil karya sendiri akan membuat kita merasa bangga dan ada kepuasan tersendiri. Baiklah, untuk membuat tempat pensil bentuk mobil peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beberapa helai kain perca, busa hati atau jika tidak ada bisa diganti viselin tebal dan beberapa peralatan menjahit. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut ini...

Cara Membuat Dompet Pensil Bentuk Mobil

Cara 1 membuat dompet pensil unik bentuk mobil
1. Setelah peralatan dan bahan-bahan sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu membuat pola dari kertas. Pola digambar menyerupai bentuk mobil. Selanjutnya aplikasikan pola pada kain dan busa hati. Potong kain dan busa hati sesuai dengan bentuk pola. Potong untuk furingnya dengan bentuk seperti body dompet dan potong menjadi dua.

2. Tempelkan viselin pada potongan kain yang  berbentuk lingkaran untuk bagian roda dan potongan kain menyerupai bentuk kaca mobil. Rekatkan viselin dengan cara disetrika.

Cara 2 membuat dompet pensil unik bentuk mobil dari kain perca

3. Selanjutnya jahit potongan lain yang berbentuk lingkaran tadi sebagai roda kemudian balikkan dan gunting tengahnya untuk membalikkan. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

4. Langkah berikutnya yaitu memasang keempat roda pada body tempat pensil dengan cara dijahit secara manual menggunakan benang woll.

5. Pasang keempat potongan kain yang menyerupai bentuk kaca mobil seperti pada gambar.

6. Selanjutnya gunting busa hati kira-kira 1 cm untuk tempat memasang resleting. Agar resleting tidak bergeser sematkan jarum pentul. Bentuk sisi dompet ini agak melengkung. Supaya lebih mudah, anda bisa menjahitnya terlebih dahulu dengan teknik tusuk jelujur.

7. Langkah selanjutnya yaitu memasang furing. Pasang furing dengan cara kain furing menumpuk resleting. Setelah furing dijahit hasilnya tampak seperti pada gambar.

8. Karena busa hati agak tebal maka kita memang harus mengguntingnya. Hal ini bertujuan agar furing bisa dilipat ke dalam.

9. Selanjutnya jahit tepi dompet mengikuti bentuk pola. Seperti biasanya agar dompet bisa diletakkan dengan posisi berdiri dan agar dompet lebih berbentuk maka disini kita harus menjahit sudut pada sisi kiri dan kanan.

10. Langkah terakhir yaitu menggabungkan furingnya. Jahit sepanjang sisinya menurut bentuk pola. Sisakan kira-kira satu jengkal yang tidak dijahit. Selanjutnya balikkan dompet. Rapikan dengan menggunakan sumpit hingga tercapai bentuk yang diinginkan. Setelah itu jahit furing untuk menutup lubang yang belum dijahit tadi. Kemudian masukkan furingnya dan rapikan.

11. Setelah semua langkah di atas dilakukan, anda harusnya sudah memiliki tempat pensil handmade bentuk mobil hasil karya anda sendiri. Anda bisa langsung memberikannya kepada anak anda. Dijamin anak anda pasti senang karena tempat pensilnya unik dan mungkin temannya tidak ada yang punya karena di toko tidak ada yang menjual dompet pensil seperti buatan anda.

Oke, sampai disini dulu ya. Trima kasih karena anda sudah sudi mampir dan membaca tutorial yang aneh ini hehe. Tapi percayalah, ternyata Membuat Dompet Pensil Unik Bentuk Mobil dari Kain Perca itu mudah.

0 Response to "Membuat Dompet Pensil Unik Bentuk Mobil dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA