Membuat Prakarya Bunga dari Kertas Krep untuk Anak SD

Setiap jenjang sekolah pasti ada tugas prakarya atau membuat kerajinan. Pembuatan kerajinan tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Misalnya untuk anak SD, yang perempuan biasanya mendapat tugas membuat kerajinan dan mereka cenderung memilih membuat bunga dari kertas. Tentunya prakarya bunga yang dibuat haruslah yang sederhana dan mudah.

Prakarya Untuk Anak SD

Tugas prakarya yang paling tepat untuk diberikan kepada anak adalah membuat kerajinan tangan yang bisa mengasah kreativitas. Semua dilakukan karena anak SD memang masih memiliki daya kreativitas yang tinggi, sehingga jika dilatih dengan baik, maka tingkat kreativitas mereka pun juga akan semakin baik. Hal tersebut sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Prakarya untuk anak sekolah dasar bentuknya bermacam-macam, salah satunya adalah kerajinan tangan yang biasanya dibuat dengan menggunakan kertas yang benar-benar mampu mengasah kreativitas anak. Ada banyak kertas yang digunakan salah satunya adalah kertas krep untuk membuat bunga.

Meskipun memiliki daya kreativitas yang tinggi, sebagaimana diketahui kemampuan anak sekolah dasar dalam hal membuat kerajinan mungkin bisa dikatakan masih sangat minim sehingga dibutuhkan bimbingan dan latihan. Pembuatan bunga yang rumit dan memerlukan sentuhan kreativitas yang tinggi jelas bukanlah hal yang mudah mereka ikuti. Anak SD memang memiliki banyak sekali ide-ide yang masih tersimpan. Sebagai orang dewasa seharusnya kita mengajarkan banyak hal yang dapat membuat mereka semakin pandai dalam berkreasi.

Jika saat ini bunda ingin membantu dan mengajari anak membuat prakarya, mungkin contoh kerajinan tangan bunga dari kertas krep yang satu ini dapat dijadikan bahan pertimbangan. Bunga dari kertas krep ini sengaja saya buat untuk menghias ruangan sembari mengenang masa-masa SD ketika mendapat tugas prakarya. Meskipun dibuat dari bahan sederhana yaitu kertas krep atau kertas klobot yang harganya relatif murah, cara membuatnya juga sangat mudah sehingga cocok dipraktekkan oleh putri anda yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Prakarya bunga kertas krep untuk anak SD

Bagaimana bunda? Apakah anda juga ingin membuatnya bersama putri tercinta? Lalu bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan. Baiklah, simak tutorial di bawah ini yang sudah saya lengkapi dengan gambar beserta penjelasannya.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat bunga kertas ini adalah:
1. Kertas krep atau kertas klobot
2. Lem kertas
3. Lidi
4. Gunting
5. Benang

Berikut ini langkah-langkah yang cukup mudah membuat bunga dari kertas krep. Saya membuat dalam dua bentuk yang mana keduanya sama-sama mudah untuk dipraktekkan.

Cara membuat prakarya bunga dari kertas krep
1. Siapkan kertas krep warna merah dan pink atau warna apa saja untuk bunga dan warna hijau untuk daun.

2. Potong kertas krep berbentuk mahkota bunga sebanyak 12 helai, kelopak dan daun. Untuk kelopak dan daun dipotong dobel agar lebih tebal.

3. Beri sedikit lem pada bagian mahkota bunga. Selanjutnya tumpuk sebagiannya saja sehingga mahkota bunga yang terbentuk berjajar. Selanjutnya ambil lidi, potong kertas bentuk lingkaran untuk dijadikan benang sari. Ambil kertas krep kecil-kecil dan remat-remat dengan tangan sehingga membentuk bola-bola kertas kemudian bungkus bola-bola kertas tersebut dengan kertas yang berbentuk lingkaran tadi kemudian masukkan lidi selanjutnya ikat dengan benang.

4. Langkah berikutnya yaitu merangkai mahkota bunga dengan cara melingkarkannya pada lidi yang sudah dipasang benang sari berbentuk bola-bola kertas. Beri sedikit lem, atur bentuknya sehingga menyerupai bunga. Selanjutnya ikat rangkaian bunga dengan benang. Pastikan ikatannya kencang agar bunga tidak mudah lepas. Agar bunga tampak lebih indah, pasang kelopak bunga yang dilubangi tengahnya. Masukkan tangkai lidi pada lubang dan beri sedikit lem pada kelopak bunga selanjutnya tempelkan pada bunga bagian bawah.

5. Bungkus tangkai bunga dengan kertas krep warna hijau. Beri sedikit lem selanjutnya lingkarkan secara spiral dimulai dari kelopak bunga sampai pada ujung lidi. Beri sedikit lem pada kertas pelipit kemudian rekatkan pada ujung lidi sehingga semua tangkai tertutup kertas krep. Agar bunga lebih menarik lagi, pasangkan daun di tengah-tengah tangkai dengan cara dilem. Pada gambar di atas adalah penampakan bunga dari kertas krep yang sudah jadi. Cantik kan bunganya?

Membuat Bunga yang Lebih Mudah

6. Ada lagi bunga yang cara membuatnya jauh lebih mudah namun tidak kalah bagus hasilnya. Anda bisa melihatnya pada gambar. Langkah pembuatannya sama. Untuk bunga yang satu ini, kita hanya membutuhkan potongan kertas krep berbentuk persegi panjang dengan ukuran 10x30 cm. Cara membuatnya, lipat kertas tersebut menjadi dua selanjutnya gulung kertas tersebut pada tangkai lidi yang sebelumnya sudah dipasang benang sari. Lipat tepinya dan atur agar bunga menjadi mekar.

Nah, prakarya bunga dari kertas krep yang sederhana dan mudah ini telah selesai dibuat. Kita tinggal memasukkannya ke dalam vas dan mengatur posisinya. Agar lebih menawan, buatlah beberapa kuntum bunga. Gunakan beragam warna seperti kuning, atau oranye, bahkan ungu jika anda menyukainya. Rangkai bunga di dalam vas. Anda tinggal pilih membuat model bunga yang mana yang anda suka.

Jika mau, anda juga bisa membuat dua model bunga sekaligus dan menaruhnya dalam satu vas agar tampak bervariasi. Membuat dua model bunga seperti yang saya buat ini memang sama-sama mudah untuk dipraktekkan.

Demikian cara Membuat Prakarya Bunga dari Kertas Krep untuk Anak SD, sebuah contoh kerajinan tangan sederhana dari bahan yang murah dan mudah dibuat yang tentunya sangat cocok diberikan pada anak-anak SD. Semoga pengalaman yang sudah saya share ini bermanfaat khususnya untuk pembaca yang sedang mencari ide membuat kerajinan tangan. Selamat mencoba...

0 Response to "Membuat Prakarya Bunga dari Kertas Krep untuk Anak SD"

Posting Komentar

DMCA