Tutorial Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Perca

Kerajinan atau prakarya sudah tidak asing lagi bagi kalangan pelajar. Seperti yang kita ketahui, pemanfaatan barang bekas atau sampah saat ini memang sedang booming. Para pengrajin pun berlomba-lomba untuk menciptakan beraneka ragam kerajinan dari limbah sampah. Selain menekan biaya produksi, upaya mengurangi sampah dengan hal yang positif ternyata dapat membantu menyelamatkan dunia.

Oleh karena itu, di sekolah-sekolahpun diajarkan bagaimana mengelola dan memanfaatkan sampah atau barang bekas tersebut menjadi barang yang lebih berguna. Membuat kerajinan dari sampah atau barang bekas adalah salah satu tugas keterampilan siswa-siswi sekolah dasar dan menengah. Kerajinan tangan yang bisa dibuat dari sampah yang didaur ulang tersebut antara lain dompet, tas, tempat pensil dan sebagainya.

Kreasi bunga tulip dari kain perca

Apakah saat ini kamu juga sedang mendapat tugas membuat prakarya? Atau sekedar ingin mempercantik meja belajarmu dengan hiasan yang unik, indah tapi murah. Mungkin bunga tulip dari kain perca seperti gamar di atas bisa kamu coba.

Bunga Tulip dari Kain Perca

Bagaimana, cantik kan bunga tulipnya? Membuatnya juga sangat mudah. Apalagi bahan yang digunakan juga dari bahan bekas atau limbah yang biasanya larinya ke tempat sampah. Ternyata setelah dikreasikan hasilnya cukup memuaskan dan sedap di pandang mata.



Penasaran dan ingin membuatnya juga? Siapa tahu prakaryamu nantinya mendapat nilai A plus dari gurumu. Biasanya prakarya yang bagus-bagus itu menjadi barang inventaris atau dokumentasi sekolah. Pastinya kamu merasa bangga dan senang kan, kalau misalnya hasil karyamu itu ternyata masuk nominasi hehe. Jika kamu juga ingin membuatnya, berikut ini cara membuat bunga tulip dari kain perca. Simak tutorialnya ya...

Cara Membuat Bunga Tulip

Untuk membuat bunga tulip, kamu harus mempersipkan peralatan dan bahan-bahan yang sangat sederhana dan juga mudah didapat. Berikut ini peralatan dan bahan-bahannya.
Peralatan :
- Gunting
- Benang
- Jarum
- Pensil
- Kertas
- Manik-manik

Bahan-bahan :
- Kain perca
- Viselin
- Dakron
- Tusuk sate
- Double tape
- Lilin

Setelah alat dan bahan-bahan sudah tersedia, berikut ini langkah-langkah pembuatan bunga tulip yang sudah admin lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Tutorial 1 bunga tulip dari kain perca
1. Pertama-tama buatlah pola bentuk daun pada kertas. Selanjutnya gunting pola tersebut dan aplikasikan pada bahan. Potong kain warna hijau dan viselin untuk dijadikan daun. Potong kain berbentuk persegi panjang berukuran 12 x 7 cm untuk dijadikan bunga. Jumlah bunganya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Disini saya membuat delapan bunga. Potong kain warna hijau untuk pelipit tangkai bunga. Bakar/ selomot pinggir kain pelipit dengan lilin agar serat kain tidak terburai.

2. Setelah bahan dipotong selanjutnya rekatkan viselin pada potongan kain bentuk daun tadi dengan setrika. Lipat kedua sisi kain untuk bunga, tindas dengan setrika. Hasilnya bisa dilihat pada gambar.

2. Kita lanjutkan dengan proses menjahit bunga dan daun. Gabungkan kedua sisi kain yang berbentuk persegi panjang untuk bunga. Jahit lurus kemudian balikkan dan bentuknya berubah seperti gelondongan tabung. Jahit daunnya mengikuti bentuk pola daun. Viselin harus ikut terjahit agar ketika dibalik tidak mudah lepas. Kemudian balikkan daun dengan bantuan tusuk sate atau sumpit. Agar daun lebih berbentuk, kamu bisa menyetrika ulang.

4. Selanjutnya kita buat bunga tulipnya. Caranya, jahit jelujur pada salah satu sisi yang berbentuk gelondongan tabung tadi secara melingkar mengikuti lingkaran kain tersebut sehingga menghasilkan kerutan. Jarum dan benangnya jangan dilepas dulu, biarkan menjuntai. Tarik benangnya dan kendurkan sedikit kerutannya, lalu masukkan tusuk sate selanjutnya tarik benangnya untuk merapatkan kerutannya kemudian lilitkan benang yang menjuntai tadi dan simpulkan benangnya. Tusukkan jarum pada kerutan sampai menembus kerutan tersebut agar bunga tidak mudah lepas.

Tutorial 2 bunga tulip dari kain perca
 5. Agar bunga berbentuk, isi lubang tersebut dengan dakron secukupnya. Tekan-tekan dan tambahkan lagi dakronnya bilamana masih ada ruang yang kosong di dalamnya agar bunga padat berisi.

6. Jahit bunganya mulai dari bagian dalam agar bundelan benang tidak tampak dari luar dan kelihatan lebih rapi.

7. Jahit untuk mempertemukan kedua sisi kain. Tarik benang dengan kencang dan ulangi menjahitnya agar jahitan lebih kuat dan tidak mudah lepas.

8. Setelah itu jahit kembali dari arah sebaliknya. Jangan lupa matikan jahitannya agar benang tidak lepas. Untuk langkah ini benang jangan dipotong dulu. Agar bunga tampak cantik selanjutnya pasang manik-manik di tengahnya dengan cara dijahit. Setelah itu matikan jahitannya dan pastikan agar jahitannya kencang.

9. Setelah dipasang manik-manik bunga tampak lebih cantik dan indah kan?

10. Selanjutnya kita pasang pelipit untuk membungkus tangkai bunganya. Tempelkan double tape pada ujung kain pelipit, lalu tempelkan kain pelipit tersebut mulai dari bawah bunga yang dikerut. Lalu lilit spiral kebawah dan balut sampai ujung tusuk sate. Jangan lupa berikan double tipe pada kain pelipit ketika sampai di ujung tusuk sate.

11. Bunga tanpa daun tampaknya kurang menarik dipandang mata. Kini saatnya memasang daun yang sudah dibuat tadi. Caranya, tempelkan double tape pada ujung daun selanjutnya tempelkan daun pada tangkai dan jahit daunnya tersebut agar daun tidak mudah lepas. Gunakan benang dengan warna yang senada dengan warna kain.

12. Kreasi bunga tulip dari kain perca sudah selesai dibuat dan siap dipajang.

Tips tambahan : Agar bunga bisa berdiri, tancapkan pada styrofoam yang biasanya ada pada kardus televisi. Namun jika tidak ada styrofoam, kamu bisa menggunakan karton bekas yang digulung. Selanjutnya kamu bisa merangkai beberapa bunga tulip yang sudah dibuat dan menaruhnya ke dalam gelas yang dihias dengan pita. Atau gunakan saja botol plastik yang tidak terpakai dan telah dihias. Dijamin meja belajarmu menjadi lebih hidup dan berwarna. Kamu juga bisa memajangnya di sudut ruangan maupun di meja tamu.

Bagaimana adik-adik? Mudah bukan? Kiranya cukup sekian Tutorial Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Perca yang bisa admin bagikan. Selamat berkreasi! Semoga hasil karyamu lebih bagus sehingga membuat hari-harimu lebih menyenangkan dan bisa menginsipasi teman-temanmu tentunya. 

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA