Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula

Membuat kerajinan dari barang bekas seolah tidak pernah ada habisnya. Hal ini dikarenakan bahannya yang ada di sekitar kita. Bahan baku membuat aneka kerajinan yang berasal dari bahan yang tidak terpakai memang mudah sekali ditemukan. Dan seperti biasanya saya akan membagikan pengalaman membuat kreasi dari bahan yang mudah didapat. Kali ini kreasi yang saya buat pun juga sama dengan sebelumnya yaitu bahan yang berasal dari bahan bekas.

Dan bahan bekas yang dimaksud tersebut adalah baju yang sudah tidak terpakai. Lagi-lagi dari bahan bekas ya. Padahal pada artikel saya yang lain sudah banyak contoh kreasi dari bahan bekas yang memang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang beraneka ragam. Namun kreasi yang saya buat kali ini adalah dompet pensil dari baju bekas berbahan kain satin. Cara membuat dompet pensil ini sangat mudah sekali dan cocok untuk pemula yang sedang belajar menjahit dan mencoba untuk membuat kerajinan tangan juga.

Dompet pensil

Cara membuat dompet pensil
Nah, langsung saja saya bagikan tutorialnya. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Bahan utama yang dibutuhkan tentu saja kain. Jika  ingin membuatnya, anda bisa menggunakan kain perca, kain dari bekas baju atau kain baru yang penting kain ya, bukan daun.

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:
1. Kain perca/ kain bekas baju
2. Busa angin
3. Resleting
4. Kancing hias
5. Gunting
6. Lem tembak
7. Benang + jarum
8. Lilin

 Tutorial membuat dompet pensil untuk pemula

Cara membuat dompet pensil

1. Setelah peralatan dan bahan sudah tersedia, selanjutnya potong kain untuk dompet bagian luar, lining, busa angin dengan ukuran yang sama yaitu 23 cm x 20 cm. Ukuran sudah termasuk kampuh jahitan.

2. Biasanya ketika membuat dompet, lining dijahit setelah dompet hampir jadi. Namun untuk model dompet pensil kali ini, lining dijahit bersamaan dengan busa angin dan kain bahan dompet karena prosesnya lebih mudah dan cepat. Namun ada yang harus dilakukan ketika menggunakan cara ini yaitu menjahit obras di sekeliling kain agar serat kain tidak terurai. Jika tidak ada mesin obras, bisa menggunakan lilin atau solder listrik untuk menylomot atau membakar pinggir kain.

3. Langkah selanjutnya yaitu memasang resleting. Caranya, balikkan resleting kemudian letakkan resleting di atas kain dompet sehingga bagian dalam resleting menumpuk bagian luar dompet. Sematkan jarum pentul kemudian jahit jelujur bila perlu. Setelah selesai menjahit satu sisi resleting kemudian dilanjutkan dengan menjahit resleting sisi yang satunya.

4. Setelah proses menjahit resleting selesai maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar.

5. Agar bisa disebut dompet, langkah selanjutnya yaitu menjahit tepi bahan dompet. Sebelum dijahit, resleting harus dilipat ke bawah. Sedangkan cara menjahitnya dimulai dari atas yaitu pada bagian resleting kemudian jahit tindas.

6. Langkah berikutnya yaitu membuat sudut dompet dengan cara membuat jahitan lurus pada dompet bagian bawah. Buatlah jarak sekitar 2 cm.

Tutorial 2 membuat dompet pensil untuk pemula
7. Agar dompet bagian dalam tampak rapi, setelah membuat sudut potong sedikit sudutnya kemudian jahit obras atau dislomot/ dibakar pinggirnya. Hasilnya tampak seperti pada gambar.

8. Dompet tanpa aplikasi rasanya kurang menarik. Maka diperlukan ornamen untuk mempercantik dompet yaitu memberinya hiasan bunga. Pada dompet yang saya buat ini saya menambahkan ornamen bunga bakar dari kain satin. Cara membuatnya yaitu dengan memotong kain satin berbentuk kelopak bunga sebanyak 12 buah terdiri dari ukuran besar dan agak kecil. Potong kain polkadot berbentuk lingkaran untuk bagian tengahnya bunga.

9. Selanjutnya bakar pinggirnya hingga bentuknya melengkung. Setelah itu rangkai 6 kelopak bunga yang besar dengan cara melingkar hingga menyerupai bentuk bunga. Rangkai pula 6 kelopak bunga yang agak kecil dengan cara yang sama. Untuk proses merangkai bunga ini gunakan lem tembak. Selanjutnya jahit jelujur pada tepi potongan kain polkadot berbentuk lingkaran untuk tengahnya bunga. Masukkan kancing selanjutnya tarik benang sehingga kancing terbungkus kain.

10. Setelah bunga jadi selanjutnya pasang bunga pada dompet dengan cara dijahit menggunakan tangan. Hal ini dilakukan agar jika dompet dicuci bunganya tidak mudah lepas. Pasangkan kancing bungkus di tengah-tengah bunga dengan cara dijahit dulu kemudian dilem tembak. Dompet pensil sudah jadi, hasilnya tampak pada gambar paling atas. Dompet pensil ini siap digunakan untuk menyimpan peralatan tulis.

Itulah sharing pengalaman saya. Mengapa saya memberi judul artikel ini Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula. Itu karena kreasi yang saya buat ini memang terbilang mudah dan simpel. Ketika membuat dompet ini saya hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja mulai dari persiapan bahan sampai finishing. Saya yakin anda juga bisa membuat dompet seperti yang saya buat dan mungkin lebih bagus. Anda bisa berkreasi dengan bentuk lain. Mengkombinasikan warna dan corak kain sesuai dengan keinginan anda. Jika anda bisa membuatnya sendiri tentunya ada kepuasan batin yang dirasakan selain itu juga menghemat pengeluaran.

Jika anda memiliki kain perca atau baju yang sudah tidak terpakai jangan keburu dibuang. Kini saatnya anda berkreasi. Ajaklah putra-putri anda untuk berkarya. Jika anda mampu membuat dengan model yang unik, sudah pasti putra-putri anda akan tertarik. Dijamin mereka pasti senang dan bangga menggunakan barang made in mamanya.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula"

Posting Komentar

DMCA