-->
Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin

Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin

Kita semua tahu, bando merupakan salah satu aksesoris rambut yang digemari wanita. Banyak sekali bando dengan segala variasinya dibuat dari beraneka ragam bahan. Bagi anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dan berniat ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat, itu adalah ide yang bagus. Salah satu yang bisa anda coba adalah dengan membuat kreasi dari bahan-bahan yang mudah ditemukan yaitu kain perca.

Khusus untuk bunda yang memiliki anak perempuan, anda bisa membuat bando yang modis dan manis untuk sang buah hati. Artikel ini adalah pengalaman saya membuat bando yang cantik khusus dipakai oleh bayi dan anak balita. Namun jika orang dewasa ingin memakainya juga tidak masalah. Tinggal menyesuaikan saja ukurannya.

Untuk kreasi kali ini, bahan yang saya gunakan adalah kain perca satin. Ya, perca lagi perca lagi. Kebetulan persediaan kain perca di rumah saya memang banyak sekali. Dan saya sengaja menggunakan kain perca satin karena penampilannya yang mewah berkilau tampak elegan dan cocok jika digunakan sebagai bahan aksesoris. Berikut ini adalah step-by step cara membuat bando dari kain perca lengkap dengan petunjuk untuk anda yang ingin membuatnya.

Bando Cantik dari Kain Perca Satin

Bando cantik yang dibuat dari kain perca satin

Cara membuat

Ada tahap-tahap yang harus dilakukan sebelum membuat bando dari kain perca satin. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar bando yang dibuat nanti hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Pengukuran
Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum membuat bando yaitu pengukuran. Langkah ini penting dilakukan untuk mengetahui lingkar kepala agar bando bisa pas ketika dipakai. Cara mengukur kepala yaitu dengan menggunakan meteran. Anda bisa mengukur langsung kepala anak anda. Karena bando ini menggunakan karet elastik maka yang diukur adalah lingkar kepala dimulai dari kepala belakang yaitu di atas tengkuk lalu ke atas dimana biasanya bando dipasang dan bertemu pada awal pengukuran sehingga bando ini jika sudah jadi berbentuk lingkaran seperti gelang. Tentukan pula lebar bandonya. Disini lebar bando saya sesuaikan dengan lebar elastik. Jadi, bando yang saya buat ini setelah jadi lingkarannya berukuran 50 cm dan lebarnya 3 cm.

Untuk membuat bando cantik tersebut, peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut.
• Kain perca satin
• Kancing hias
• Jarum + benang
• Karet elastik
• Gunting 
• Lem tembak
• Lilin
• Seterika

Memotong bahan

Tutorial cara membuat bando cantik dari kain perca satin

1. Setelah anda mempersiapkan peralatan dan bahan untuk membuat bando, langkah selanjutnya yaitu proses memotong. Pertama-tama, potong kain menjadi dua buah bentuk persegi panjang untuk bando bagian atas dan yang bawah untuk tempat elastik. Potongan kain untuk bando bagian atas panjangnya 32 cm lebarnya 8 cm. Dan potongan kain bagian bawah untuk elastik panjangnya 12 cm. Semua kain yang dipotong sudah termasuk tambahan untuk kampuh. Kain satin biasanya seratnya mudah sekali terburai. Agar serat kain tidak lepas yang perlu dilakukan yaitu membakar pinggir kain menggunakan lilin atau solder listrik.




Selanjutnya potong elastik dengan panjang 6 cm. Disini saya menggunakan elastik yang lebarnya 2,5 cm.  Selanjutnya bakar kedua sisinya agar serat karet elastis tidak lepas. Usahakan karetnya tidak terlalu kencang. Dengan demikian akan membuat bandonya bertahan lebih lama. Pastikan pula agar bando tidak terlalu ketat agar nyaman ketika dipakai. Untuk mempercantik bando, disini saya membuat ornamen pita kanzashi. Cara membuat kanzashi , anda harus memotong kain bentuk persegi dengan ukuran 6 cm. Potong sebanyak 12 buah.

2. Lipat kain yang berbentuk persegi tadi menjadi lipatan segitiga. Untuk mempercepat pekerjaan, lipat keseluruhan dengan cara dilem tembak pada sudutnya kemudian rekatkan.

3. Lipat lagi sehingga membentuk segitiga yang lebih kecil.

4. Kemudian lipat seperti membuat wiru. Selanjutnya gunting bagian bawahnya agar rapi kemudian bakar. Gunting lagi sedikit pada bagian belakangnya agar rapi kemudian bakar agar serat kain tidak terburai. Mekarkan kanzashi yang telah dibuat dengan menarik ke kiri dan ke kanan sehingga bentuk kelopak kanzashi menyerupai bentuk kipas.

5. Setelah proses membuat ornamen kanzashi selesai, hasilnya tampak seperti pada gambar.

Menjahit Bando

Tutorial cara 2 membuat bando cantik dari kain perca satin
6. Untuk proses menjahit ini anda bisa menggunakan tangan maupun mesin jahit. Lipat kain menjadi dua kemudian jahit lurus. Sisakan bagian tengahnya tidak terjahit untuk lubang membalik kain. Bagian ini adalah bagian utama dari bando yang nantinya melingkari kepala dengan hiasan. Bentuk bagian bando ini menyerupai tabung. Untuk bagian ini jangan dibalik dulu. Selanjutnya jahit kain untuk bando bagian bawah atau tempat elastik. Caranya sama yaitu dengan melipatnya menjadi dua kemudian dijahit lurus kemudian balikkan. Selanjutnya masukkan elastik dengan menggunakan bantuan peniti. Setelah itu jahit dan bakar kedua sisinya.

7. Masukkan bando bagian bawah yang sudah dipasang elastik ke dalam kain bagian utama bando. Jahit tepinya kemudian balikkan kain melalui lubang yang tidak dijahit tadi. Kemudian masukkan lagi bando bagian bawah yang sudah dipasang elastik. Gunakan sumpit atau tusuk sate sehingga sisi yang satunya bertemu dengan sisi bagian utama bando. Selanjutnya jahit dan bakar lagi pinggirnya agar semakin kuat dan serat tidak mudah terburai.

8. Setelah bagian yang ada elastiknya telah terpasang dengan sempurna, selanjutnya balikkan kain. Anda bisa melakukannya dengan tangan tetapi akan lebih mudah jika menggunakan alat pembalik kain. Mulailah menarik sedikit demi sedikit kain ini. Jika sudah selesai membalik jahitan ini, anda perlu menyeterika agar kainnya menjadi pipih dan bentuk bandonya lebih rapi. Usahakan suhunya tidak terlalu panas agar kain tidak berkerut karena kain satin tidak tahan panas.

9. Langkah selanjutnya yaitu memasang hiasan kanzashi sebagai pemanis bando. Letakkan bando dengan posisi elastik berada di tengah selanjutnya pasang dua kanzashi seperti pada gambar.

10. Pasang semua kanzashi yang sudah dibuat dengan cara menyisipkan bagian ujungnya pada kelopak kanzashi yang lain sehingga bentuknya menyerupai pita yang bertumpuk. Jika semua kelopak khanzashi sudah terpasang selanjutnya pasang kancing hias atau hiasan lain di tengahnya.

11. Proses pembuatan bando cantik dari kain perca satin sudah selesai.

Bagaimana bunda, cukup mudah bukan cara membuat bando seperti di atas? Sekali lagi ternyata kain perca itu banyak manfaatnya tergantung bagaimana cara kita menyulapnya menjadi berbagai bentuk kreasi dan tentunya daya kreativitas masing-masing orang berbeda-beda. Namun saya yakin, semakin sering berlatih maka keterampilan kita akan semakin terasah dengan sendirinya.

Sampai disini dulu ya curhatan saya yang sudah saya share menjadi tulisan berupa Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin yang mungkin bisa anda jadikan referensi dalam berkarya terutama bagi anda yang masih pemula atau yang sudah mahir sekalipun tidak ada salahnya jika anda juga ingin membuatnya untuk putri anda tercinta.

Baca juga:

Tidak ada komentar