Tutorial Membuat Dompet Pensil Teddy Bear dari Kain Perca

Membuat tempat pensil berbagai bentuk itu sebenarnya mudah. Kita tinggal mencari ide selanjutnya praktek dan jadi. Seperti yang kita ketahui, tempat pensil yang bentuknya unik dan menarik bisa membuat kita lebih bersemangat. Kita bisa membuat sendiri tempat pensil dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan kita. Dan jika pun kita tidak begitu membutuhkannya, kita bisa memberikan hasil kreasi kita kepada yang lebih membutuhkan.

Seperti yang saya buat kali ini. Dompet pensil karakter Teddy Bear yang bahannya dari kain perca atau sisa potongan baju bekas yang saya pakai sebagai bahan untuk membuat kreasi sebelumnya. Jika memiliki waktu luang, anda pun juga bisa mencoba membuatnya. Bentuk tempat pensil yang seperti ini pasti menarik untuk putra putri bunda.

Dompet Pensil unik Teddy bear

Dompet Pensil Teddy Bear

Selain untuk tempat pensil, dompet teddy bear ini juga bisa digunakan untuk menyimpan handphone dan uang karena bentuknya yang lebar dan begitu elegant ketika dalam genggaman. Dan memang jika memiliki sesuatu yang dibuat sendiri tentunya akan membuat kita merasa bangga dan berkesan. Apalagi jika yang kita hasilkan adalah karya yang unik dan menarik.

Jika anda memiliki sisa kain atau perca, baju bekas, celana jeans maupun kain jenis lain yang sudah tidak dipakai, sebaiknya mulai dari sekarang cobalah untuk mengkreasikannya menjadi sesuatu yang unik dan tentunya bisa digunakan. Dan membuat kerajinan tempat pensil bentuk teddy bear seperti pada gambar di atas ternyata tidaklah terlalu sulit. Nah, sudah tidak sabar kan bagaimana cara membuat dompet teddy bear yang lucu ini? Simak tutorial berikut ini !

Cara Membuat Dompet Pensil Teddy Bear 

Anda hanya membutuhkan 2 helai kain, beberapa potong perca, resleting, busa hati dan peralatan menjahit. Jika tidak ada busa hati, anda bisa menggantinya dengan viselin atau busa angin. Dan untuk proses menjahitnya, jika tidak memiliki mesin jahit, anda bisa menjahit manual dengan tangan. Meskipun dikerjakan dengan tangan, bukan berarti hal ini akan mengurangi esensi keindahan dan kegunaan dari tempat pensil itu sendiri. Karena pada dasarnya menjahit dengan mesin maupun secara manual hasilnya sama saja. Perbedaannya mungkin jika menggunakan mesin jahit, hasil jahitan lebih kuat dan proses menjahitnya juga lebih cepat.

Oke, kita lanjutkan ya. Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, saatnya untuk beraksi menyulap kain perca atau kain dari baju bekas tersebut menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Tutorial 1 membuat dompet pensil teddy bear

1. Pertama-tama buatlah mal atau pola bentuk kepala teddy bear. Ukuran bisa disesuikan dengan panjang resleting. Buatlah pola dengan menggunakan kertas yang agak tebal. Selanjutnya potong pola seperti pada gambar.

2. Aplikasikan pola pada kain dan busa hati. Potong kain dan busa hati seperti pada gambar. Potong pula viselin dan kain untuk bagian moncongnya. Potong pula viselin dan kain perca bentuk lingkaran untuk hidung. Untuk bagian moncong dan hidungnya, tempelkan viselin dengan cara disetrika.

3. Pasang resleting pada kain lapisan. Cara menjahit resleting dari dalam.

4. Setelah resleting selesai dijahit, kemudian balikkan. Agar rapi dan rata jahitlah tindas pada sisi luarnya.

Tutorial 2 membuat dompet pensil teddy bear
5. Membuat moncong teddy bear. Caranya jahit dengan tangan menggunakan benang woll atau benang sulam pada kain untuk membuat bentuk hidung selanjutnya jahit juga yang berbentuk lingkaran tadi.

6. Pasang bagian moncong teddy bear pada body dompet. Untuk memudahkan, lipat dahulu sepanjang sisi moncongnya dengan teknik jahit jelujur. Kemudian pasang moncongnya pada body dompet dan sematkan jarum pentul kemudian jahit.

7. Gabungkan lapisan yang sudah dipasang resleting tadi dengan body dompet. Gabungkan bagian depan dengan bagian sisi lapisan demikian juga bagian belakang juga digabungkan dengan cara yang sama. Menjahitnya berawal dan berhenti pada bagian bawah bentuk telinga.

8. Satukan dompet bagian depan dan belakang dengan menjahit tepinya dimulai dari bawah bentuk telinga melanjutkan bagian yang sudah dijahit tadi.

9. Setelah kedua sisi dompet dijahit, hasilnya tampak seperti pada gambar.

10. Jahit pada kedua pojok atau sudutnya. Tujuan menjahit sudut agar dompet bisa diletakkan dengan posisi berdiri. Disamping itu dompet akan tampak lebih berbentuk.

11. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya balikkan dompet. Rapikan dengan sumpit terutama pada bagian telinganya. Untuk mempermanis dompet ini bisa ditambahkan ornamen bentuk bunga maupun pita simple.

12. Dompet pensil bentuk teddy bear sudah jadi dan siap digunakan untuk menyimpan peralatan tulis, hp, uang dan lain sebagainya.

Bagaimana? mudah kan cara membuat dompet pensil teddy bear? Dompet pensil teddy bear ini juga bisa dirubah menjadi tas mini loh. Kita tinggal memasang gasper untuk memasang tali atau mengaitkan dengan rantai. Dan jadilah tas mungil yang siap dipakai untuk jalan-jalan hehe.

Kiranya sampai disini dulu ya pengalaman saya berkreasi yang sudah saya tuangkan dalam bentuk artikel yang berjudul Tutorial Membuat Dompet Pensil Teddy Bear dari Kain Perca. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika gambar dan rangkaian tutorialnya susah untuk dipahami. Tapi percayalah, membuat dompet  seperti ini jika dipraktekkan langsung akan jauh lebih mudah. Trima kasih sudah membacanya. Selamat mencoba...

0 Response to "Tutorial Membuat Dompet Pensil Teddy Bear dari Kain Perca"

Posting Komentar

DMCA