Tutorial Membuat Gantungan Kunci Kumbang Kepik Cantik

Bentuk tubuhnya yang bundar mungil dilengkapi sepasang sayap di punggungnya dengan motif polkadot berwarna-warni semakin mempercantik penampilan hewan yang satu ini. Di negara barat hewan ini dikenal dengan sebutan ladybug. Di Indonesia hewan ini dikenal dengan sebutan kepik atau bapak pucung.

Kepik adalah sejenis kumbang. Meskipun tidak semua orang menyukai kumbang, namun tidak demikian halnya dengan kepik. Penampilannya yang indah dan menawan begitu memukau dan telah menginspirasi banyak orang. Kepik yang biasanya banyak kita temukan di area dekat persawahan, kini kehadirannya bisa kita temukan di tempat-tempat yang lebih berkelas. Kalau tidak percaya, silahkan anda buktikan sendiri. Ketika jalan-jalan di mal, kita bisa melihat kepik-kepik cantik hinggap di etalase berupa boneka kepik. Tidak hanya itu saja, kepik juga menjadi figur binatang yang hadir menjadi aksesoris cantik untuk rambut, jilbab dan baju wanita. Sungguh merupakan ide yang sangat menarik bukan?

Gantungan Kunci Kumbang Kepik Cantik

Tidak mau kalah dengan mereka yang sudah lebih dulu terjun di dunia crafting dengan ide-idenya yang cemerlang. Setelah melihat-lihat hasil karya mereka, akhirnya keluarlah jurus andalan saya yaitu jurus ATM hehehe. Dan inilah hasil kreasi saya berupa kerajinan berbentuk kepik untuk dijadikan gantungan kunci dan saya memberinya nama gantungan kunci kepik cantik.

Gantungan kunci kumbang kepik cantik

Berikut ini sharing pengalaman saya membuat kepik cantik yang mungkin berguna untuk anda yang sedang mencari tutorial. Yang sudah expert dalam hal crafting, just smile ! It has been enough.

Gantungan kunci bentuk kumbang kepik cantik ini saya buat dari kain flanel. Sebenarnya kerajinan membuat kepik ini bisa menggunakan bahan kain perca katun. Namun saya lebih memilih menggunakan kain flanel karena banyak pilihan warna. Untuk membuat bentuk kumbang kepik, ada baiknya anda perlu mengetahui peralatan dan bahan-bahan apa saja yang harus dipersiapkan.

Dan inilah peralatan dan bahan yang diperlukan.
• Kertas untuk membuat pola
• Kain flanel 4 warna
• Manik-manik untuk mata
• Dakron
• Benang + jarum
• Bolpoint untuk menggambar pola
• Gantungan kunci + tali kur
• Gunting
• Lem tembak

Cara Membuat

Apabila bahan-bahan sudah dipersiapkan, selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat gantungan kunci kumbang kepik cantik dari kain flanel. Di bawah ini langkah-langkahnya yang sudah saya lengkapi dengan gambar beserta keterangannya.

Tutorial membuat gantungan kunci flanel kumbang kepik

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menggambar pola pada kertas yang telah dipersiapkan sebelumnya. Buatlah bentuk tubuh kumbang dan bentuk sayap. Bentuk tubuh kumbang menyerupai bentuk buah pir dan bentuk sayap berupa lingkaran. Buat pula bentuk kepala dengan mengambil ukuran tubuh kumbang bagian atas. Selanjutnya, jika pola sudah digunting kemudian aplikasikan bentuk pola tersebut pada kain flanel.

Maaf jika pola kepik yang saya buat tadi tidak saya sertakan gambarnya. Setelah kain flanel dipotong, hasilnya bisa anda lihat seperti pada gambar. Tubuh kumbang pada kain flanel berwarna kuning matang jumlahnya ada dua. Kepala dan sayap berwarna hitam. Sementara untuk motif polkadotnya kita buat dari kain flanel warna pink berupa bentuk lingkaran kecil sebanyak 10. Potong kain flanel warna pink untuk antena kumbang dan flanel warna putih untuk mata.

Tutorial 2 membuat gantungan kunci kumbang kepik

2. Langkah berikutnya setelah proses memotong bahan selesai yaitu memasang gantungan kunci dan tali kur. Ada dua cara memasang gantungan kunci. Cara pertama, letakkan tali kur yang sudah dikaitkan ke gantungan kunci pada bagian tubuh kumbang dengan cara dilem tembak. Arahkan gantungan kunci keluar. Selanjutnya tumpuk tubuh kumbang dan jahit dengan teknik tusuk feston. Sisakan lubang untuk mengisi dakron. Selanjutnya masukkan dakron sampai tubuh kumbang terisi penuh. Setelah itu lanjutkan menjahit untuk menutup lubang untuk memasukkan dakron tadi.

3. Cara kedua memasang gantungan kunci yaitu letakkan tali kur yang sudah dikaitkan ke gantungan kunci pada bagian tubuh kumbang dengan cara dilem tembak. Arahkan gantungan kunci ke dalam. Selanjutnya tumpuk tubuh kumbang dan jahit dengan teknik tikam jejak. Sisakan lubang untuk mengisi dakron. Kemudian balikkan dan masukkan dakron kemudian tutup lubang dengan cara menjahitnya.

4. Bentuk tubuh kumbang kepik dengan menggunakan teknik tusuk feston.

5. Bentuk tubuh kumbang kepik dengan menggunakan teknik tikam jejak.

6. Selanjutnya pasang mata pada bagian kepala dengan cara dilem tembak selanjutnya jahit manik-manik di tengahnya. Jika mata kumbang sudah terpasang, barulah kita potong menjadi dua pola yang berbentuk lingkaran untuk bagian sayapnya. Pasang lingkaran-lingkaran kecil pada bagian sayap. Selanjutnya tempelkan antena pada tubuh kumbang, dilanjutkan dengan menempelkan dua sayap kemudian tutup antena dengan pola kepala kumbang.

7. Jika semua langkah diatas sudah dilakukan berarti proses pembuatan kembang kepik cantik selesai. Kumbang kepik cantik siap terbang dan hinggap di tempat-tempat yang terhormat.

Demikianlah Tutorial Membuat Gantungan Kunci Kumbang Kepik Cantik versi saya. Cukup mudah bukan. Anda bisa membuatnya dengan model yang lebih bervariasi. Kerajinan berbentuk kepik cantik sangat disukai anak-anak loh. Tidak hanya untuk gantungan kunci saja, kepik cantik seperti ini juga bisa dipasang pada pensil dan untuk hiasan lainnya.

0 Response to "Tutorial Membuat Gantungan Kunci Kumbang Kepik Cantik"

Posting Komentar

DMCA