Cara Membuat Boneka Balita Lucu dari Kain Flanel

Memiliki hobby membuat kerajinan tangan itu memang menyenangkan. Setiap kali menemukan ide rasanya ingin segera mempraktekkannya. Ada kebanggaan tersendiri dengan kreasi yang kita hasilkan meskipun seringkali hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Minimal sudah mencoba dan yang pasti pengalaman akan semakin bertambah. Selain itu, hasil dari berkreasi juga bisa mendatangkan uang. Kerajinan yang kita buat nantinya bisa dijual. Salah satu kerajinan yang dapat menghasilkan uang yaitu kerajinan dari kain flanel.

Sebenarnya membuat kerajinan yang unik dan menarik itu tidak terlalu sulit. Seperti yang sering kita lihat, kerajinan kain flanel sangat beragam mulai dari bross, bando, gantungan kunci, dompet, tas, boneka dan masih banyak lagi. Sebagian besar orang membuat kerajinan dari kain flanel memang untuk dijual. Harga kerajinan berbahan flanel juga tidak terlalu mahal mengingat bahan baku yang digunakan juga mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau.

Saya yakin, andapun juga bisa membuatnya sendiri jenis kreasi apa yang akan anda buat untuk mengisi waktu luang. Apalagi jika membuat kerajinan memang sudah menjadi hobby atau kegemaran. Rasanya ingin selalu berkreasi. Dan pada kesempatan kali ini, saya pun mencoba membuat boneka flanel bentuknya seperti anak balita yang lucu dan menggemaskan.

Boneka balita lucu dari bahan kain flanel

Bagaimana boneka flanelnya? Memang lucu dan menggemaskan ya? Tertarik ingin membuatnya juga? Caranya sebenarnya cukup mudah kok. Tidak diperlukan mesin jahit untuk membuat boneka balita. Anda hanya membutuhkan teknik tusuk feston, teknik jahit stik balik dan proses mengelem. Penasaran kan?

Begini Caranya Membuat Boneka Flanel

Untuk membuat boneka flanel, bahan dan alat yang digunakan sangat sederhana serta proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit sehingga mudah dipraktekkan oleh pemula sekalipun. Baiklah, sebelum melangkah untuk mengikuti step by step proses pembuatan boneka balita, anda perlu mempersiapkan beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan yaitu :
1. Pensil dan kertas untuk membuat pola
2. Kain flanel
3. Gunting
4. Jarum dan benang
5. Lem tembak
6. Dakron
7. Manik-manik

Jika peralatan dan bahan sudah tersedia, selanjutnya simak langkah-langkah pembuatan boneka balita yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangan seperti yang ada di bawah ini.

Tutorial boneka balita lucu yang dibuat dari kain flanel
1. Dalam membuat boneka balita, pertama-tama siapkan polanya terlebih dahulu. Untuk ukuran silahkan disesuaikan dengan keinginan anda. Gambar pola bagian-bagian boneka seperti pada gambar. Pola boneka terdiri dari kepala, badan, kaki, tangan, rambut dan sepatu. Setelah pola selesai digambar selanjutnya gunting pola tersebut dan pola siap diaplikasikan pada bahan.

2. Siapkan kain flanel untuk boneka. Pilih kain flanel yang warnanya seperti kulit manusia. Selanjutnya potong kain flanel menurut bentuk pola yang sudah dibuat.Untuk bagian kepala, badan, kaki dan tangan, buatlah dua potongan. Selanjutnya potong untuk bagian rambut depan dan belakang. Untuk bagian sepatunya bisa menyusul.

3. Setelah proses memotong selesai, selanjutnya gabungkan potongan-potongan pola dengan cara menjahitnya dengan teknik tusuk feston. Untuk bagian kepala boneka, menjahitnya hanya sebagian saja karena pada bagian atas disisakan untuk masuknya dakron. Demikian pula dengan bagian tangan dan kaki juga bagian badan.

Selanjutnya masukkan dakron pada lubang yang tidak dijahit. Untuk mudahnya memasukkan dakron, gunakan sumpit atau tusuk sate. Setelah itu gabungkan badan dan kepala dengan cara dilem tembak. Buat jahitan untuk membuat cekungan yang digunakan untuk memasang mata. Kemudian pasangkan matanya dengan cara dilem tembak. Tambahkan jahitan ditengahnya dengan benang putih.

Selanjutnya tutup bagian kepala boneka dengan potongan bagian rambut belakang dan poni. Jahit bagian rambutnya dengan teknik tusuk feston. Setelah itu pasangkan bagian kaki dan tangan pada badan boneka dengan cara dijahit feston.

4. Nah itu dia boneka flanel balitanya sudah jadi. Agar tampak lebih manis pasangkan anting-anting dari manik-manik.

5. Saatnya membuat baju boneka. Potong kain flanel bentuk persegi panjang untuk roknya. Selanjutnya buat wiru. Potong pula bagian bajunya. Kemudian jahit pada bagian bahu dan kedua sisi baju. Setelah itu tempelkan roknya dengan cara dilem tembak. Tutup sambungan dengan kain flanel. Untuk bagian sepatu disini saya tidak jadi menggunakan seperti pada pola kertas tapi menggantinya seperti pada gambar.

6. Jika baju sudah selesai dibuat, sebelum dipasangkan pada boneka pasangkan dulu sepatu boneka dengan cara dijahit dengan tusuk feston. Setelah itu pasangkan baju pada boneka. Rekatkan baju bagian belakang dengan lem tembak.

Buat kuncir boneka dari potongan kain flanel kemudian pasangkan pada kepala. Hiasi dengan pita. Anda bisa menambahkan bulu mata dengan spidol hitam.

Langkah terakhir yaitu membuat empeng haha. Tapi benar ya namanya empeng. Maaf kalau salah. Jika sudah, tempelkan empengnya maka proses pembuatan boneka balita selesai.

Bagaimana? mudah kan Cara Membuat Boneka Balita Lucu dari Kain Flanel? Boneka yang sudah kita buat selain untuk menambah koleksi mainan anak, juga bisa dijadikan pajangan. Kiranya sampai disini saja ya apa yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Boneka Balita Lucu dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA