Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Warna-warni

Menghias ruangan itu tidak perlu mahal. Cukup dengan memanfaatkan bahan yang sangat sederhana saja, maka terciptalah bunga-bunga yang indah. Beraneka ragam bentuk bunga bisa kita buat hanya dengan menggunakan kertas warna-warni, salah satunya bunga mawar.

Cara membuatnya juga terbilang sangat mudah. Tidak seperti pembuatan bunga mawar yang biasanya terkesan begitu rumit. Dengan menggunakan cara seperti yang saya lakukan ini, membuat beberapa kuntum bunga mawar yang cantik dan indah tidak lagi sulit. Begitu mudahnya membuat bunga mawar seperti ini hingga dalam hitungan beberapa menit, saya dapat membuat banyak kuntum bunga.

Kreasi Bunga Mawar

Bunga mawar dari kertas bufallo warna-warni

Bagaimana kreasi yang saya buat kali ini. Bagus kan? Siapa sangka bunga mawar merah dan kuning yang dilengkapi dengan tangkai dan daunnya yang hijau segar ini cara pembuatannya sederhana saja. Apakah anda tertarik ingin membuatnya juga? Berikut ini saya share pengalaman saya. Silahkan ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangan.

Tutorial cara membuat bunga mawar dari kertas
Untuk membuat bunga mawar seperti pada gambar di atas, bahan dan peralatan yang diperlukan sebagai berikut.
Alat dan Bahan
• Kertas bufallo warna kuning dan merah untuk bunga. Warna hijau untuk tangkai dan daunnya.
• Gunting
• Pensil
• Lidi untuk menggulung
• Double tape
• Lem tembak

Langkah-langkah Pembuatan Bunga Mawar

1. Disini saya membuat beberapa kuntum bunga yang terdiri dari bunga mawar warna merah dan kuning. Untuk jumlah bunga dan warnanya silahkan sesuaikan dengan selera anda. Setelah alat dan bahan sudah tersedia, selanjutnya ambil selembar kertas bufallo warna merah. Setelah itu gambarlah bentuk lingkaran dengan menggunakan pensil, ukuran bisa anda sesuaikan. Disini saya menggunakan lingkaran double tape untuk menggambar pola. Setelah itu buatlah pola seperti obat nyamuk.

2. Jika pola sudah dibuat, kemudian gunting menurut pola garis yang telah dibuat sehingga potongan kertas berbentuk seperti spiral obat nyamuk bakar. Selanjutnya gulung kertas dari arah luar menuju bagian tengah. Gulung dengan rapat namun usahakan kertas jangan sampai terlipat karena kertas bufallo jika terlipat kesannya seperti patah. Setelah gulungan sampai pada bagian tengah agak renggangkan gulungan kertas agar bunga mawar bisa merekah.

Selanjutnya rekatkan bagian tengah atau ujung gulungan pada bunga yang terbentuk. Bagian tengah atau ujung gulungan ini sabagai dasar bunga yaitu tempat menempelnya kertas yang sudah digulung tadi. Agar gulungan kertas menyatu dan membentuk makhota bunga mawar yang tidak mudah lepas, gunakan lem tembak.

3. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, disini saya membuat beberapa bunga karena tujuan saya membuat bunga ini memang untuk menghias ruangan sehingga saya membuatnya beberapa bunga dengan warna yang berbeda agar jika dirangkai dalam vas bunga hasilnya indah dipandang mata.

4. Setelah beberapa bunga selesai dibuat, langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai bunga, kelopak bunga dan daun. Siapkan kertas bufallo warna hijau. Potong bentuk persegi panjang untuk tangkai bunga, bentuk daun dan bentuk menyerupai kelopak bunga. Untuk memotong bagian tangkai bunga, potong kertas pada bagian sisi panjangnya bukan lebarnya. Pengalaman saya ketika menggunakan kertas pada sisi lebarnya ternyata tidak bisa digulung. Meskipun bisa digulung namun hasilnya kusut sehingga saya harus memotong kertas lagi pada sisi panjangnya.

Selanjutnya gulung kertas dengan bantuan lidi atau tusuk sate kemudian gulung menggunakan kedua telapak tangan. Setelah tangkai selesai dibuat, langkah selanjutnya yaitu menyatukan bunga dengan tangkainya. Caranya, lubangi dasar bunga kemudian masukkan tangkai bunga dari atas bunga menembus dasar bunga. Agar tangkai tidak bergeser tempelkan double tape.

Setelah itu, ambil kelopak bunga. Lubangi tengahnya dan masukkan tangkai yang sudah dipasang bunga tadi. Gunakan lem tembak untuk menempelkan kelopak bunga ke bagian dasar bunga agar bunga dan kelopak menyatu dengan sempurna.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik, tambahkan daun sebagai pelengkap tumbuhan bunga. Tempelkan potongan doble tape pada ujung daun. Selanjutnya tempelkan daun pada tangkai bunga. Lekukkan sedikit daunnya agar tampilan bunga kelihatan natural.

5. Nah, itu dia bunga mawar dari kertas warna-warni yang sudah jadi. Meskipun dari bahan yang sangat sederhana, ternyata hasilnya cukup memuaskan setelah dirangkai di dalam vas.

Bagaimana, mudah bukan Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Warna-warni ini ? Semoga artikel ini memudahkan anda dalam berkarya. Jangan tunda lagi. Ayo segera buat sendiri bunga mawar anda. Kembangkan kreativitas yang anda miliki.

0 Response to "Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Warna-warni"

Posting Komentar

DMCA