Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar dari Kain Perca Flanel

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dibuat dari bahan yang beragam pula. Pemanfaatan bahan bekas masih mendominasi ide kreatif. Kain perca adalah salah satu contoh bahan baku kerajinan yang banyak kita temui. Seperti yang kita tahu, kain perca adalah kain sisa guntingan dari proses pembuatan baju, tas, atau aneka kerajinan berbahan tekstil. Sejatinya kain perca tidak terbatas pada sisa guntingan dari pembuatan baju. Kain flanel yang digunakan untuk membuat kerajinan pastinya juga memiliki sisa guntingan atau perca yang bisa dimanfaatkan misalnya untuk membuat hiasan bunga mawar.

Hiasan Bunga Mawar Flanel

Mengenai artikel yang saya tulis ini, saya tidak tahu secara pasti sudah berapa banyak yang memposting tutorial kerajinan seperti yang saya buat ini. Berguna atau tidak berguna artikel ini, saya tetap menulis karena sudah sering saya sampaikan bahwa berbagi pengalaman baik dan menyenangkan itu tidak dilarang. Apalagi yang saya tulis ini tutorial yang mungkin saja ada yang membutuhkan karena memang masih pemula khususnya para pelajar yang mendapat tugas prakarya dari guru seni budaya dan keterampilan. Dan contoh kerajianan bunga mawar seperti yang saya buat ini bisa dijadikan referensi.

Hiasan bunga mawar dari bahan kain flanel

Bagaimana hiasan bunganya? Bagus kan? Seperti yang sering kita lihat, saat ini kerajinan dari kain flanel memang sangat beragam. Kain flanel juga mudah didapat misalnya saja di toko bahan kerajinan bahkan toko peralatan tulis kini juga menyediakan kain flanel. Jika dulu harga kain flanel bisa dikatakan murah, namun saat ini kain flanel yang dijual dalam bentuk lembaran kecil yang biasanya berukuran 30 x 30 cm atau 25 x 25 cm harganya tidak lagi murah meskipun masih bisa dikatakan sangat terjangkau. Bisa jadi naiknya harga kain flanel ini dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang menggunakan kain flanel sebagai bahan baku kerajinan.

Membuat kerajinan adalah hobby saya sejak dulu terutama yang berbahan dasar flanel. Banyaknya perca flanel sisa potongan dari berbagai kerajinan yang sudah saya buat masih tersimpan dalam kantong kresek. Ditambah dengan naiknya harga flanel membuat saya berpikir dua kali jika harus membeli bahan baku sehingga ketika ingin membuat kerajinan lagi, saya lebih memilih menggunakan percanya saja daripada membeli kain flanel baru.

Bukan maksud saya pelit, tapi memang prinsip ekonomi kan dengan modal sekecil-kecilnya untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya meskipun kerajinan yang saya buat tidak untuk dijual. Mungkin ada yang belum tahu, bunga mawar hias seperti yang saya buat ini pada situs jual beli dibanderol puluhan dollar loh. Harga yang terlalu mahal untuk orang yang notabene kantongnya pas-pasan seperti saya hehe.

Membuat Sendiri Hiasan Bunga Mawar yuk !

Setelah tahu harga yang ditawarkan pastinya kita akan berpikir kenapa tidak membuat sendiri saja. Padahal membuat hiasan bunga mawar flanel itu sangatlah mudah dan sederhana namun hasilnya sangat cantik. Tentunya bunga mawar yang kita buat nantinya dapat digunakan untuk menghias ruangan agar penghuninya semakin betah di rumah. Maka dari itu disini saya mengajak anda yang ingin mempercantik ruangan dengan bunga-bunga yang indah yang mana bunga-bunga cantik tersebut dihasilkan oleh tangan kita sendiri.

Nah, ingin tahu kan proses pembuatan bunga mawar flanel seperti yang saya buat. Berikut ini saya bagi tutorial cara membuat bunga mawar flanel yang sudah saya lengkapi gambar dan keterangannya.

Inilah tutorial cara membuat hiasan bunga mawar dari flanel

Untuk membuat bunga mawar flanel ini kita tidak begitu membutuhkan banyak bahan dan peralatan. Yang perlu kita persiapkan adalah sebagai berikut.
Bahan
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Pelipit bunga

Alat
1. Gunting
2. Lem tembak

Cara Membuat

1. Potong kain flanel bentuk lingkaran. Ukuran dan jumlah bunga bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

2. Setelah kita dapat potongan kain flanel bentuk lingkaran, selanjutnya gunting pinggirnya membentuk seperti gerigi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

3. Selanjutnya buat potongan melingkar seperti pola obat nyamuk namun bentuk potongan dibuat bergerigi.

4. Jika sudah didapat potongan seperti pola oabat nyamuk, selanjutnya uraikan dan gulung dimulai dari ujung bagian luar menuju ke dalam. Beri sedikit lem tembak pada sisi bawahnya. Gulung agak longgar namun usahakan rapat pada sisi bawahnya agar mawar yang terbentuk bisa merekah. Setelah gulungan mencapai akhir selanjutnya rekatkan bagian pangkalnya di tengah-tengah bunga sebagai dudukan bunga.

5. Hasil bunga setelah digulung. Bentuk bunga seperti pada gambar bisa langsung digunakan untuk bross atau jepit rambut. Untuk menghias ruangan, ada baiknya kita buat dalam jumlah lebih banyak dengan variasi warna-warna yang cerah.

6. Langkah selanjutnya yaitu membuat tangkai bunga, kelopak dan daun. Potong kawat untuk tangkai bunga dan daun. Setelah itu potong kain flanel bentuk menyerupai kelopak bunga dan daun. Untuk daun kita potong double karena nantinya terdapat dua lembar potongan daun untuk satu helai daun. Pada gambar saya menggunakan kain flanel yang rencananya untuk membungkus tangkai kawat. Namun setelah dipraktekkan, ternyata penggunaan kain flanel untuk membungkus tangkai kawat hasilnya tidak bagus sehingga saya menggantinya dengan pelipit bunga (solasi hijau dari kertas krep yang ada lemnya)

7. Setelah kawat, daun dan kelopak sudah tersedia, selanjutnya ambil dua potongan bentuk daun. Beri lem tembak di tengahnya selanjutnya letakkan kawat dan tutup dengan potongan daun yang satunya. Selanjutnya kita bungkus tangkai kawat dengan melilitkan pelipit bunga. Pasangkan tangkai daun dan lanjutkan melilitkan pelipit sampai ujung tangkai kawat dan tangkai bunga sudah jadi untuk selanjutnya siap dipasang pada bunga.

8. Langkah terakhir yaitu memasang bunga ke tangkai. Masukkan tangkai pada kelopak bunga yang sudah dilubangi tengahnya. Selanjutnya masukkan tangkai pada lubang bunga. Tekuk sedikit tangkai kawat yang dimasukkan tadi agar tangkai tidak mudah lepas. Beri sedikit lem tembak dan tarik tangkainya ke bawah. Rekatkan bunga dengan bantuan tangan. Jangan lupa, beri sedikit lem tembak pada kelopak bunga kemudian rekatkan pada sisi bawah bunga. Jika sudah, maka jadilah setangkai bunga mawar flanel yang indah.



Jika anda ingin menjadikan mawar flanel untuk hiasan, maka buatlah beberapa kuntum bunga lalu rangkai dan masukkan ke vas bunga atau gelas kaca. Dan akhirnya mawar flanel sudah jadi dan siap dipajang di atas meja tamu, meja kerja maupun diletakkan di sudut ruangan.

Bagaimana? Mudahkan Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar dari Kain Perca Flanel ? Jika anda berminat ingin membuatnya juga namun tidak memiliki kain perca flanel, jangan kawatir. Anda bisa membeli kain flanel di toko terdekat yang harga perlembarnya dijamin masih terjangkau. Pilih mana? Membuat sendiri dengan modal yang murah meriah dan pasti irit, apa membeli bunga mawar flanel di situs jual beli yang harganya selangit. Up to you 😎

0 Response to "Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar dari Kain Perca Flanel"

Posting Komentar

DMCA