Kreasi Bunga Mawar Indah dari Kertas Warna-Warni

Tidak disangka ternyata kertas bisa menghadirkan keindahan tersendiri jika kita pandai mengkreasikannya menjadi hiasan atau pernak-pernik. Biasanya kertas yang dijadikan hiasan adalah kertas warna-warni yang cerah. Banyak kreasi yang bisa dibuat dari kertas warna-warni salah satunya yaitu bunga mawar yang indah seperti yang saya buat ini. Lihatlah, cantik kan bunganya? Sekilas bunga ini memang mirip dengan bunga yang banyak dijual. Namun jika diperhatikan dengan seksama, ternyata bunga ini berbahan dari kertas yang harganya murah meriah dan ramah lingkungan.

Kreasi bunga mawar indah dari kertas bufallo

Membuat Bunga Mawar

Bunga mawar memang sangat indah dan selalu sedap saat dipandang mata. Tidak heran jika bunga mawar sering kali dijadikan ide dalam hal membuat kerajinan tangan atau prakarya. Karena ini pula yang membuat saya begitu bersemangat untuk membuat lagi kreasi bunga mawar. Meskipun sudah ada beberapa kreasi bunga mawar dari berbagai bahan, kali ini saya ingin mencoba lagi membuat bunga mawar dari kertas bufallo warna-warni.

Pembuatan bunga mawar ini memang berbeda dari sebelumnya. Bagi sebagian orang mungkin berpikir, membuat bunga mawar seperti yang saya buat ini sangatlah rumit. Dulu saya pun berpikir demikian. Namun setelah tahu tekniknya dan dipraktekkan ternyata membuat bunga mawar yang indah itu sungguh sederhana dan mudah.

Bunga dari kertas bufallo ini bisa dipajang di ruang tamu atau ruangan lain. Kita bisa meletakkan bunga yang sudah kita buat sebagai hiasan di atas meja. Bunga hias ini juga bisa digunakan untuk menghias ruangan pesta atau acara lain. Selain itu, bunga mawar yang sudah kita buat nantinya bisa diberikan kepada orang tersayang. Bunga mawar dari kertas bufallo ini juga cocok dijadikan referensi anak sekolah untuk membuat prakarya. Namun pembuatan bunga seperti ini bagi anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar mungkin bisa menjadi hal yang tidak mudah. Dalam hal ini, peran orang tua diperlukan untuk membimbing dan mengarahkan.

Cara Membuat Bunga Mawar Indah

Apakah anda tertarik dan ingin membuatnya juga? Baiklah, berikut ini saya share pengalaman saya dalam membuat bunga mawar indah yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara membuat bunga mawar indah dari kertas bufllo warna-warni
Sebelum membuat bunga, seperti biasanya persiapkan beberapa peralatan dan bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu : gunting, pensil dan kertas untuk menggambar pola, kertas bufallo sebagai bahan utama, lidi atau tusuk sate untuk tangkai bunga, lem tembak.

1. Pilihlah kertas bufallo warna-warni. Utamakan warna yang cerah yaitu merah, kuning dan hijau. Kertas bufallo ini harganya sangat murah. Anda bisa membeli di toko peralatan tulis maupun pada jasa foto chopy yang biasanya menjual kertas bufallo ini dengan harga eceran.

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat pola mahkota bunga. Agar menyerupai bentuk bunga mawar, maka diperlukan tiga ukuran pola mahkota bunga yaitu besar, sedang dan kecil. Gunting pola yang sudah dibuat selanjutnya aplikasikan pada kertas bufallo. Gunting masing-masing sebanyak 6 helai ditambah 3 helai ukuran paling kecil.

3. Jika bahan sudah dipotong menyerupai bagian mahkota bunga selanjutnya lengkungkan semua mahkota bunga tersebut dengan bantuan tusuk sate.

4. Susun 6 mahkota bunga yang sudah dilengkungkan dengan cara menumpuknya pada bagian tengahnya sehingga bentuknya berjajar. Rekatkan dengan lem tembak. Disini kita dapatkan 4 rangkaian mahkota bunga.

5. Setelah mahkota bunga dirangkai selanjutnya gabungkan pada bagian ujungnya sehingga rangkaian mahkota bunga menyatu menjadi melingkar dan bentuknya sepeti mangkuk.

6. Tumpuk semua rangkaian mahkota bunga yang sudah terbentuk. Beri lem tembak pada bagian ujungnya selanjutnya rekatkan sehingga hasilnya menyerupai bunga mawar.

7. Setelah bunga mawar jadi, kini saatnya membuat tangkai bunga. Siapkan lidi atau tusuk sate yang agak panjang. Selanjutnya potong kertas bufallo warna hijau. Potong pada sisi panjangnya bukan lebarnya agar kertas bisa digulung dan hasilnya bagus. Jangan lupa membuat daun dan kelopak bunga. Lebih mudahnya, buat dulu pola menggunakan kertas. Selanjutnya gunting pola yang sudah dibuat dan aplikasikan pola tersebut pada kertas bufallo. Setelah kita dapatkan kelopak dan daun selanjutnya lengkungkan kelopak dan daunnya dengan bantuan lidi atau tusuk sate.

8. Selanjutnya siapkan lidi atau tususk sate. Beri sedikit lem pada lidi kemudian bungkus lidi dengan kertas bufallo warna hijau. Gulung dengan kedua telapak tangan agar kertas dan lidi menyatu dengan sempurna. Setelah itu ambil kertas bufallo yang warnanya sesuai warna bunga untuk menutupi ujung tangkai. Potong bentuk persegi panjang agak kecil. Buat guntingan lurus sehingga bentuknya menyerupai benang sari selanjutnya pasangkan pada ujung tangkai.

9. Langkah terakhir yaitu menyatukan tangkai dengan bunga. Masukkan tangkai yang sudah dilengkapi dengan benang sari pada tengah-tengah bunga. Beri sedikit lem tembak. Masukkan kelopak bunga yang sudah dilubangi tengahnya. Atur sehingga kelopak bunga menyatu dengan bunga sehingga bagian bawah bunga tidak kelihatan. Selanjutnya pasangkan daun dengan cara dilem tembak dan jadilah sekuntum bunga mawar yang indah merekah.

Bagaimana? Mudah kan cara membuat bunga mawar yang indah ini? Buatlah beberapa kuntum bunga mawar untuk dirangkai ke dalam vas bunga. Percayalah, bunga yang anda buat jika dilihat sekilas sama sekali tidak tampak berasal dari bahan kertas yang sederhana. Dari sini kita bisa membuktikan bahwa mempercantik ruagan itu tidak harus mahal kan? Kreasi Bunga Mawar Indah dari Kertas Warna-Warni ini nyatanya sangat menawan dan cocok untuk menghias ruangan.

0 Response to "Kreasi Bunga Mawar Indah dari Kertas Warna-Warni"

Posting Komentar

DMCA