Membuat Baju Muslim untuk Anak dari Jilbab Tak Terpakai

Mengoleksi jilbab bagi seorang muslimah memang tidak ada salahnya seperti halnya mengoleksi benda berharga lainnya. Jilbab, meskipun jumlahnya banyak dengan model yang beragam, tentunya ada diantaranya yang tidak lagi dipakai. Benar kan?

Memiliki banyak jilbab, apa yang akan anda lakukan dengan jilbab yang sudah tidak dipakai lagi? Apakah anda akan membiarkannya menumpuk di lemari? Atau memberikannya kepada orang lain? Atau memodifikasi jilbab yang sudah tidak dipakai tersebut menjadi kreasi jilbab yang lebih unik? Kalau saya lebih memilih melakukan modifikasi. Jika tidak, maka dari jilbab yang sudah tak terpakai tersebut saya lebih suka membuatnya menjadi baju muslim untuk anak.

Modifikasi Jilbab Anda

Sebagai seorang muslimah sejati, memakai jilbab adalah keniscayaan. Saat ini semakin banyak model jilbab  yang dapat kita pilih. Dengan banyaknya variasi model jilbab tentunya hal ini membuat kaum muslimah semakin mudah memilih jilbab.

Seperti yang kita lihat, yang banyak diminati saat ini adalah kerudung praktis atau yang sering disebut dengan jilbab instan. Dinamakan jilbab instan karena cara mengenakan kerudung ini sangat mudah, langsung dipakai dan tidak harus menggunakan jarum atau peniti. Meskipun demikian, bukan berarti jilbab segiempat tidak lagi dilirik. Jilbab segi empat saat ini masih menjadi favorit kaum muslimah.

Berbicara mengenai jilbab, apakah anda termasuk orang yang suka mengoleksi jilbab? Jika iya, pastilah lemari anda dipenuhi tumpukan jilbab. Diantaranya ada yang tidak terpakai lagi karena alasan tertentu salah satunya mungkin karena bosan atau sudah tidak ada lagi kecocokan dengan jilbab yang dimaksud. Belum lagi semakin banyaknya model jilbab terbaru bermunculan yang membuat kita tidak bisa menahan rasa ingin memilikinya sehingga lemari semakin penuh sesak dengan koleksi jilbab. Betul ?

Jika anda memiliki jilbab yang sudah tidak terpakai lagi, sepertinya memodifikasi jilbab tersebut menjadi barang yang lebih berguna adalah langkah yang bijak. Mungkin saat ini anda juga sedang mencari model baju muslim untuk putri tercinta. Apalagi saat ini sang buah hati sedang rajin-rajinnya belajar mengaji. Tentu saja memakai busana muslim menjadi keharusan.

Seperti yang kita ketahui, baju anak perempuan modelnya banyak sekali dibandingkan dengan model baju anak laki-laki yang cenderung monoton. Untuk memiliki baju anak terutama baju muslim, kita bisa membelinya dengan cara online maupun offline. Jika selama ini anda harus merogoh kocek untuk membeli baju muslim untuk putri tercinta, khusus hari ini cobalah luangkan waktu sejenak untuk melanjutkan membaca artikel saya. Semoga saja apa yang saya tulis ini bisa menjadi referensi para orang tua yang ingin menambah koleksi baju muslim untuk sang buah hati namun bukan dengan cara membeli melainkan dengan membuat sendiri.

Contoh baju muslim anak dai bahan jilbab tak terpakai

Bagaimana Cara Membuat Baju Muslim?

Belajar membuat baju muslim sendiri untuk anak kiranya dapat menjadi awal yang mudah. Tidak diperlukan kepandaian dalam hal menjahit. Mengenai bahan, kita bisa memanfaatkan jilbab yang sudah tidak terpakai seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Nah penasaran kan? Silahkan simak tutorial atau lebih tepatnya sharing pengalaman saya berikut ini yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Proses Pemotongan Bahan

Inilah pola baju muslim untuk anak

1. Pertama-tama, siapkan dua jilbab yang sudah tidak terpakai lagi. Pilih motif polos dan bercorak bunga. Pastikan jilbab yang dipilih berbahan katun yang dingin agar nantinya baju nyaman ketika dipakai. Disini saya menggunakan jilbab segi empat atau persegi berukuran 110 x 110 cm.

Langkah selanjutnya yaitu membuat pola. Jika anda masih bingung bagaimana membuat pola baju anak, anda bisa mendapatkan pola baju dengan cara mendownloadnya. Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan anda mencari informasi di internet atau di Youtube tentang bagaimana tutorial membuat pola baju yang benar. Namun jika anda ingin memiliki pengalaman dalam hal membuat pola, mudahnya gunakan saja baju yang sudah jadi selanjutnya anda bisa menjiplak baju tersebut untuk dijadikan acuan. Anda tinggal menyesuaikan ukuran yang diinginkan sesuai dengan ukuran tubuh anak anda.

2. Jika pola sudah selesai dibuat selanjutnya aplikasikan pada kedua jilbab yang dipilih. Lipat jilbab menjadi dua selanjutnya letakkan pola bagian atasan. Sematkan jarum pentul kemudian gambar dengan menggunakan kapur jahit. Beri jarak 1,5 cm untuk kampuh. Untuk bagian rok, potong jilbab motif menjadi dua bagian. Lipat kain menjadi dua. Selanjutnya letakkan pola rok bagian depan dan belakang pada masing-masing potongan. Tambahkan kira-kira 15 cm untuk kerutan. Selanjutnya sematkan jarum pentul kemudian gambar dengan menggunakan kapur jahit. Beri jarak 1,5 cm untuk kampuh.

3. Jika pola sudah diaplikasikan pada kain, selanjutnya potong kain sesuai pola yang sudah digambar tadi. Hasilnya bisa anda lihat seperti pada gambar.

4. Apabila semua pola sudah selesai dibuat, selanjutnya lepaskan jarum pentul dan buka lipatan kain. Maka akan didapat bagian-bagian baju seperti pada gambar dan siap untuk dijahit perbagian.

Proses Menjahit Baju

Sekarang kita lanjutkan dengan proses menjahit perbagian. Untuk proses menjahit ini, anda bisa menggunakan mesin jahit dan mesin obras. Namun jika tidak ada mesin jahit, anda bisa menjahitnya secara manual dengan tangan. Dan untuk merapikan bagian tepinya, usahakan dengan menjahit obras agar serat kain tidak terburai. Jika tidak memiliki mesin obras, anda bisa menjahit lipat bagian tepinya. Ingat, jangan dibakar bagian tepinya dengan solder atau lilin ya. Karena jika dibakar, hasilnya tidak rapi apalagi yang memakai nantinya anak anda yang masih kecil. Bisa dibayangkan pasti geli dan gatal-gatal.

Inilah cara membuat baju muslim anak dari jilbab tak terpakai
Oke deh, kita lanjutkan tutorialnya berdasarkan nomor gambar ya...

5. Gabungkan pola atasan dimulai dengan menggabungkan bagian bahu. Selanjutnya bagian samping atau bawah kerung lengan dengan cara menjahitnya kemudian jahit obras agar serat kain tidak terburai. Selanjutnya buat kerutan rok dengan cara menjahit panjang-panjang kemudian tarik benangnya. Buat tali baju dengan menggunakan sisa kain. Kemudian gabungkan rok dengan bagian atasan. Jangan lupa selipkan talinya. Jahit dimulai dari bawah kerung lengan sampai ujung rok. Setelah itu jahit obras dan lanjutkan dengan menjahit tindas di atas sambungan rok dan atasan.

6. Selanjutnya pasang resleting. Disini saya menggunakan resleting jepang. Untuk menjahit resleting ini, agar mudahnya jahit dengan teknik tusuk jelujur dulu. Setelah resleting terpasang selanjutnya jahit roknya hingga menutup. Jika menggunakan resleting biasa, anda harus menjahit roknya dulu sampai batas resleting yang akan dipasang.

7. Langkah selanjutnya yaitu membuat krah baju. Agar krah baju bisa pas, anda harus mengukur kerung leher. Buat pola dari kertas dulu kemudian aplikasikan pada kain motif sisa dari bagian rok dan jahit krah menurut pola. Jika krah sudah jadi selanjutnya pasangkan pada kerung leher agar tampilan baju semakin manis.

8. Langkah terakhir yaitu membuat lengan baju. Siapkan pola lengan, selanjutnya aplikasikan pada kain. Buat kerutan pada lingkar pergelangan tangan dan pasangkan manset. Agar lengan bisa disingsingkan ketika berwudhu, maka saya buat belahan dan saya pasangkan kancing cetek. Setelah bagian lengan baju selesai dibuat selanjutnya gabungkan dengan baju dan pasang pada bagian kerung lengan selanjutnya jahit obras. Berhubung jilbab motif yang saya gunakan tepinya merupakan jahit rolbis maka disini saya tidak lagi menjahit kelim bagian roknya.

Bagaimana bajunya? Keren kan. Caranya juga sangat sederhana. Anda tentunya merasa bosan jika melihat model dan bahan baju yang tidak sesuai dengan harapan. Apabila bisa membuat sendiri tentunya akan mengurangi pengeluaran dan anda pun dapat berkreasi dengan model yang diinginkan. Ditambah lagi bahannya dari jilbab bundanya yang sudah tidak dipakai lagi. Selain jilbabnya menjadi lebih bermanfaat, andapun akan mendapat pahala karenanya. Baju muslim buatan anda akan sering-sering dipakai oleh anak anda untuk kebaikan yaitu mengaji dan mendoakan orang tuanya.

Demikian penjelasan mengenai Membuat Baju Muslim untuk Anak dari Jilbab Tak Terpakai. Trimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir disisni. Semoga yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan cara untuk membuat baju anak sendiri.

2 Responses to "Membuat Baju Muslim untuk Anak dari Jilbab Tak Terpakai"

  1. Kreatif skali bgus di jadikan inspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya. Monggo dicoba sist. Mari manfaatkan waktu luang untuk berkreasi

      Hapus

DMCA