Membuat Kreasi Dompet Lukis dari Kaos dan Baju Bekas

Semua orang pasti menyukai karya seni. Ada beragam karya seni yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang salah satunya lukisan. Pada jenjang sekolah menengah, melukis merupakan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Khusus mata peajaran ini, siswa diharuskan untuk melukis dengan media kain menggunakan cat acrylic.

Dompet lukis yang dibuat dari kain bekas

Prakarya Dompet Lukis

Pada umumnya media dasar yang digunakan untuk melukis adalah kanvas dan kertas. Namun sebenarnya lukisan buatan kita itu dapat dituangkan dimana saja. Tak hanya terbatas pada kanvas dan kertas. Jika tidak ada kain kanvas, kita masih bisa menggunakan kain bekas warna polos. Lihatlah pada gambar di atas! Prakarya dompet lukis yang saya buat semua berasal dari kain bekas. Dompet pensil warna hijau berbahan kain kaos. Sedangkan dompet warna putih berbahan baju bekas.

Nah, bagi kamu yang kebetulan sedang mendapat tugas dari guru seni budaya dan keterampilan untuk membuat kerajinan tangan yang berhubungan dengan bahan bekas, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba menuangkan lukisanmu itu pada kreasi yang telah kamu buat. Dengan memberikan desain lucu dan unik, dijamin gurumu akan langsung jatuh cinta dan pastinya kamu mendapat nilai yang memuaskan sebagai hadiahnya 😁

Cara Membuat Dompet Lukis

Berikut ini sharing pengalaman saya dalam hal membuat dompet lukis dari kain bekas. Jika kamu berkenan dan ingin membuatnya juga, silahkan simak tutorial berikut ini.

Tutorial cara membuat dompet lukis dari bahan bekas
Sebelum melukis, yang harus kamu lakukan adalah membuat dompet terlebih dahulu. Pada proses pembuatan dompet, caranya sama seperti pada tutorial pembuatan dompet yang sudah saya tulis sebelumnya. Untuk kamu yang masih pemula dalam hal membuat kerajinan tangan yang memerlukan proses menjahit, mungkin langkah-langkah seperti yang ada pada gambar di atas bisa kamu ikuti.

Untuk membuat dompet simple seperti contoh prakarya yang saya buat ini sangatlah mudah. Kamu perlu menyiapkan bahan untuk membuat dompet diantaranya adalah kain kaos atau kain dari baju bekas, busa hati untuk lapisan (jika tidak ada bisa diganti dengan viselin/ kain flanel) dan resleting. Jika kamu kurang paham dengan tutorial gambar cara membuat dompet yang ada pada artikel ini, mungkin beberapa tutorial cara membuat dompet yang sudah saya tulis bisa kamu baca-baca lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi yang saat ini banyak sekali bertebaran di dunia maya tentang bagaimana cara membuat dompet. Dan saya yakin, membuat dompet yang modelnya seperti pada gambar di atas tadi sangatlah mudah dilakukan meskipun oleh pemula sekalipun.

Setelah dompet jadi, kamu bisa langsung menuangkan ide kamu yang berupa gambar atau lukisan. Harus kita akui, melukis di atas kain itu tidaklah mudah, tergantung jenis kain yang akan dilukis apalagi yang digunakan adalah cat yang tidak mudah dihapus jika terjadi kesalahan. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan ketekunan dalam mengerjakannya.

Pada dasarnya, kemampuan menggambar atau melukis setiap orang itu berbeda-beda. Jika kamu belum mahir benar dalam hal menggambar atau melukis, hal ini tentunya akan membuat kamu ragu dan takut nantinya terjadi kesalahan. Solusinya, kamu bisa melakukan proses melukis ini sebelum dompet dijahit atau ketika dompet masih berupa potongan. Dengan demikian, kamu bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

Cara Melukis

Dan inilah proses melukis dompet yang saya terapkan pada dompet yang sudah jadi dan kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya jika kamu sudah yakin akan kemampuanmu dan tidak takut lagi terjadi kesalahan.
• Siapkan peralatan melukis yaitu cat acrylic, kuas, palet, pensil, penghapus, dan bahan yang akan dilukis yaitu dompet yang sudah dibuat tadi.

• Pilih desain gambar dan warna sesuai kebutuhan. Dalam hal ini kamu bisa membuat desain gambar sesuai dengan yang kamu inginkan. Usahakan menggambar desain yang paling mudah menurut kamu.

• Gunakan pensil 2B untuk membuat sketsa agar tampak.

• Gunakan cat acrylic yang sudah banyak dijual dipasaran. Disini saya menggunakan cat acrylic yang harganya tidak terlalu mahal namun hasilnya lumayan karena tidak luntur.

• Gunakan kuas yang bagus atau kuas khusus agar mudah melukisnya dan nanti hasil lukisan juga bagus.

• Siapkan palet dan air juga kain untuk mengeringkan kuas.

• Setelah itu, mulailah melukis dengan menggambar sketsa terlebih dahulu pada bahan. Selanjutnya warnai gambar dengan cat acrylic. Gunakan palet yang sudah diisi dengan air dan jangan lupa siapkan kain untuk membersihkan kuas. Air yang ada dalam palet saya gunakan untuk membersihkan kuas ketika ingin mengganti warna. Jadi saya tidak mencampur cat acrylic dengan air. Namun jika kamu ingin mencampurnya dengan air maka gunakan air secukupnya saja untuk mencampur cat, karena jika terlalu banyak menggunakan air maka warna yang didapat akan pudar dan kurang indah.

• Lakukan dengan hati-hati ketika proses mewarnai. Jangan sampai kuas yang masih belepotan cat mengenai bidang yang lain. Ingat, cat acrylic ini cepat mengering jadi agak susah jika ingin menghapusnya. Namun bukan berarti tidak bisa dihapus. Kamu bisa menghapusnya dengan air dan bisa menempa dengan warna lain. Atau kamu bisa menyiasati kesalahan yang terjadi dengan menambahkan gambar kemudian mewarnainya.

Itulah cara Membuat Kreasi Dompet Lukis dari Kaos dan Baju Bekas versi saya. Kamu bisa mencobanya. Berawal dari mencoba, siapa tahu bakat menggambar yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk mendesain prakarya lain yang sudah kamu buat sehingga prakaryamu menjadi lebih unik. Dalam arti hasil karyamu itu lain daripada yang lain.

0 Response to "Membuat Kreasi Dompet Lukis dari Kaos dan Baju Bekas"

Posting Komentar

DMCA