Prakarya Hiasan Gantung Unik dan Menarik untuk Anak SD

Masih ingat kan, ketika masih kecil dulu, masa-masa sekolah dasar. Waktu itu senang-senangnya membuat kerajinan tangan karena dapat tugas dari guru. Membuat prakarya akan lebih seru dan menyenangkan jika dikerjakan dengan berkelompok. Dan ternyata, membuat prakarya berbahan kertas dari dulu sampai sekarang masih populer dan sering dilakukan anak sekolah. Hiasan gantung yang unik dan menarik dari kertas warna-warni seperti di bawah ini tentunya tidak asing lagi.

Prakarya Hiasan gantung yang mudah dibuat untuk anak SD

Hiasan Gantung

Bagaimana hiasan gantungnya, bagus kan? Lihat, betapa cantiknya. Ketika angin menerpa, ia akan menari dan berputar-putar dengan indah. Membuat prakarya hiasan gantung dari kertas warna-warni seperti ini biasanya ditujukan untuk mempercantik ruang kelas. Ini adalah cara mudah membuat ruang kelas menjadi lebih ceria.

Bagaimanapun, kondisi kelas sangat mempengaruhi semangat belajar para siswanya. Ruang kelas yang indah akan membuat siswa merasa nyaman sehingga proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar karena didukung oleh suasana yang kondusif.

Selain untuk mempercantik ruang kelas, hiasan gantung ini bisa digunakan untuk mendekorasi kamar anak. Untuk keperluan dekorasi kamar anak biasanya dibuat dalam jumlah yang banyak dengan model yang bervariasi. Namun tidak jarang kita jumpai, hiasan gantung seperti ini umumnya ditempatkan di teras rumah.

Mungkin bagi sebagian orang, hiasan gantung seperti gambar di atas tadi bukanlah sesuatu yang istimewa, mengingat sekarang ini banyak sekali hiasan gantung yang dijual di pasaran dengan model bervariasi dan harganya juga cukup terjangkau. Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri.

Membuat hiasan gantung dari kertas selain mudah dilakukan juga sangat baik untuk mendidik kreativitas anak dan ini adalah yang paling penting. Pada umumnya, anak-anak menyukai warna-warna yang cerah. Dengan menggunakan kertas warna-warni, dijamin anak akan bersemangat ketika membuatnya. Ayo bunda, jangan tunda lagi. Manfaatkan waktu luang anda bersama buah hati untuk berkreasi.

Cara Membuat Hiasan Gantung

Untuk membuat hiasan gantung seperti contoh pada artikel ini tidak memerlukan banyak peralatan dan bahan. Yang dibutuhkan hanya beberapa lembar kertas bufallo, lem, benang woll dan gunting. Berikut ini langkah-langkah membuat hiasan gantung yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Cara mudah membuat prakarya hiasan gantung untuk anak SD

1. Hiasan gantung ini terdiri dari tiga bentuk ornamen yaitu bunga, bintang, dan bola. Untuk membuat satu bunga dengan bentuk bulat dibutuhkan 12 potong pola bunga. Untuk ukuran besar kecilnya bunga silahkan disesuaikan sendiri.

Agar tidak terjadi kesalahan ketika proses pemotongan, yang harus dilakukan pertama-tama yaitu membuat pola bunga pada kertas yang agak tebal. Disini saya menggunakan selotip untuk membuat pola dengan menggambar lima buah lingkaran yang digabungkan sehingga menyerupai bentuk bunga. Pastikan pola bunga bentuknya simetris agar ketika ditempelkan bisa pas. Kemudian aplikasikan pola kertas tersebut pada kertas bufallo warna merah, kuning, dan hijau sehingga didapat potongan pola bunga berjumlah 12 buah.

2. Setelah lengkap potongan pola bunga berjumlah 12, kemudian rangkai potongan-potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dengan potongan lain. Bagian yang ditempelkan yaitu pada kelima sisi potongan. Lipat sedikit pada semua bagian sisi bunga. Ambil satu potongan bunga sebagai dasar, kemudian tempelkan kelima potongan bunga secara melingkar pada kelima sisi bunga dasar. Lakukan pada potongan pola bunga yang lain dengan cara yang sama sehingga kita memiliki 2 rangkaian bunga dasar.

3. Pasangkan tali rangkap dari benang woll pada salah satu pola bunga dengan selotip. Selanjutnya gabungkan kedua bunga dasar tadi sehingga terbentuk rangkaian bola-bola bunga yang cantik.

4. Selanjutnya buat 5 potongan bentuk bintang. Lipat menjadi dua hingga didapat garis lipatan vertikal pada semua potongan. Selanjutnya rangkai potongan-potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dengan potongan lain. Bagian yang ditempelkan yaitu pada kelima sisi potongan sampai pada batas garis vertikal sehingga didapat bentuk menyerupai bintang. Setelah itu pasangkan bintang pada benang tadi. Namun sebelumnya buat bundelan pada tali untuk menahan bintang agar tidak meluncur ke bawah.

5. Langkah selanjutnya yaitu membuat bola-bola. Buat 9 potongan bentuk lingkaran. Lipat menjadi dua hingga didapat garis lipatan vertikal pada semua potongan. Selanjutnya rangkai potongan-potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dengan potongan lain. Bagian yang ditempelkan yaitu pada ke sembilan sisi potongan sampai pada batas garis vertikal sehingga didapat bentuk bola-bola. Setelah itu pasangkan bola-bola pada benang tadi. Buatlah bundelan pada tali untuk menahan bola-bola agar tidak meluncur ke bawah.

6. Jika semua langkah telah dilakukan, itu artinya hiasan gantung yang unik dan menarik sudah jadi. Anda bisa menggantungnya di mana saja. Di kamar anak, di teras rumah bahkan di bawah pohon.

Itulah cara membuat Prakarya Hiasan Gantung Unik dan Menarik untuk Anak SD. Bagaimana ? Tertarik ingin membuatnya juga? Mari berkarya.

0 Response to "Prakarya Hiasan Gantung Unik dan Menarik untuk Anak SD"

Posting Komentar

DMCA