Cara Membuat Boneka Barbie dari Kain Flanel

Kita semua tahu bahwa boneka adalah mainan yang disukai anak perempuan. Boneka menjadi satu diantara beragam jenis mainan yang seolah wajib dimiliki kaum wanita. Tidak hanya anak kecil saja yang suka dengan boneka. Bahkan orang dewasa baik pria maupun wanita juga banyak yang menyukai boneka. Konon boneka di yakini bisa memberikan rasa nyaman. Boneka bagi anak-anak bisa dijadikan sebagai teman curhat yang selalu diajak bicara. Jika kita perhatikan tingkah laku mereka seringkali membuat kita ingin tertawa.

Membuat Boneka Barbie

Sebagai orang tua, pastinya ingin putra-putrinya bahagia. Berbagai upaya dilakukan orang tua agar anaknya bahagia yaitu dengan membelikannya mainan salah satunya boneka. Banyak sekali model boneka yang dapat kita jumpai di pasaran dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah sampai yang mahal. Namun pernahkan anda berpikir untuk membuat boneka sendiri untuk buah hati anda? Jika anda memiliki banyak waktu luang dan ingin memanfaatkan waktu luang anda, tidak ada salahnya untuk mencoba berkreasi. Banyak yang bisa kita lakukan untuk melatih kreativitas kita salah satunya adalah membuat boneka barbie dari kain flanel.

Bagaimana? cantik kan bonekanya? Meskipun tidak mirip dengan boneka barbie yang dihasilkan oleh mereka, tangan-tangan kreatif, setidak-tidaknya kita sudah tahu trik dan cara membuatnya. Dengan demikian akan semakin menambah wawasan dan pengalaman kita dalam berkreasi. Dan yang pasti, ada rasa bangga dan kepuasan tersendiri dengan kreasi yang sudah kita buat dan pengalamannya bisa dibagikan kepada orang lain.

Seperti yang sering kita lihat, pada umumnya boneka bentuk orang terbuat dari bahan plastik atau silicon seperti yang sudah sangat populer yaitu boneka barbie. Saat ini banyak sekali boneka barbie tiruan yang harganya murah meriah. Sebagai pelengkap, kini juga banyak dijual baju boneka barbie. Meskipun boneka barbie bisa dibeli, alangkah senangnya jika kita bisa membuatnya sendiri dari bahan yang sangat sederhana, mudah didapat dan murah. Cara membuatnya juga terbilang cukup mudah namun hasilnya tidak kalah menariknya dengan boneka yang dijual dengan harga yang mahal.

Mungkin anda ingin mencoba membuat boneka sendiri yaitu boneka barbie yang disukai anak-anak namun belum tahu caranya. Anda tidak perlu kawatir, karena kami akan memberikan tutorial cara membuat boneka barbie dari bahan yang sangat sederhana yaitu kain flanel. Boneka barbie ini bisa dikatakan seperti boneka barbie yang biasa digunakan anak-anak untuk bermain karena memiliki tangan dan kaki yang bisa diputar sehingga posisi boneka bisa diubah sesuka hati, jadi tidak melulu berdiri karena bisa didudukkan sehingga membuat anak semakin senang.

Cara Membuat Boneka

Untuk membuat boneka barbie, ada beberapa bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
1. Kertas hvs untuk menggambar pola
2. Pensil
3. Kain flanel
4. Jarum dan benang
5. Lem tembak
6. Mata boneka
7. Benang woll
8. Gunting
9. Dakron

Setelah bahan dan peralatan sudah tersedia, langsung saja untuk penjelasan selengkapnya bisa anda simak dan ikuti tutorial dberikut ini yang sudah kami lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Pola boneka barbie dari kain flanel
1. Pertama-tama, siapakan kertas hvs dan pensil. Buat pola bentuk badan, kaki, tangan dan bentuk oval untuk kepala. Kemudian gunting pola yang sudah dibuat selanjutnya gambar pola tersebut pada kain flannel.

2. Setelah pola digambar pada kain flanel, selanjutnya potong kain flanel menurut pola sehingga didapat bagian-bagian boneka yaitu bagian tangan (4 buah), bagian badan (2 buah), bagian kepala ( 2 buah), dan bagian kaki (4 buah).

Tutorial boneka barbie dari kain flanel
3. Jahit dua lembar bagian kepala boneka dengan tusuk feston. Sisakan sedikit pada bagian sambungan untuk memasukkan dakron. Lakukan hal yang sama untuk bagian badan, tangan, dan kaki boneka barbie.

4. Setelah semua bagian boneka sudah terjahit, selanjutnya balikkan dengan menggunakan bantuan sumpit atau tusuk sate. Atur dan ratakan sehingga membentuk bagian-bagian boneka yang diinginkan.

5. Setelah itu isi bagian-bagian boneka dengan dakron menggunakan bantuan sumpit. Usahakan semua bagian terisi penuh agar boneka menjadi padat berisi dan tidak mudah kempes. Pada bagian kepala boneka, lipat sedikit ke dalam untuk menyambungkan ke bagian badan boneka.

6. Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan semua bagian pada badan boneka. Jahit dengan teknik tusuk rol. Usahakan agar benang tidak terlihat. Untuk bagian tangan dan kaki, jahit yang sebelumnya terbuka untuk memasukkan dakron tadi.

7. Pasangkan bagian tangan dan kaki dimulai dari bagian tangan dulu. Cara menjahitnya yaitu dengan menusukkan jarum pada bagian tangan boneka menembus bagian badan selanjutnya pasangkan tangan yang satunya lagi. Jahit secara berulang agar bagian tangan dan badan menyatu dengan kuat. Lakukan hal yang sama untuk bagian kaki boneka. Setelah semua bagian boneka digabungkan, maka hasilnya boneka menjadi lebih flexibel dengan tangan dan kaki yang bisa diputar seperti robot-robotan.

8. Langkah selanjutnya yaitu membuat sepatu boneka. Polanya tampak seperti pada gambar. Cara membuat sepatu sama seperti cara membuat sepatu bayi. Yaitu dengan menyambungkan pola yang berbentuk U. Setelah itu gabungkan dengan alasnya. Dan sepatu boneka sudah jadi selanjutnya pasang pada kaki boneka dengan cara dilem tembak agar sepatu tidak mudah lepas.

9. Kita lanjutkan langkah berikutnya yaitu membuat rambut boneka. Rambut boneka ini dibuat dari benang woll yang digulung pada bidang persegi. Selanjutnya potong benang yang sudah digulung. Kemudian potong kain flanel dan tempelkan pada benang woll untuk membentuk poni lalu jahit agar rambut tidak mudah terburai. Setelah itu pasangkan rambut pada boneka dengan cara dilem tembak.

10. Setelah boneka jadi, saatnya membuatkan baju. Untuk baju boneka, anda bisa membuatnya sendiri dari kain ataupun kain flanel. Disini kami membuat baju yang sangat sederhana dari kain flanel. Proses membuat baju yaitu dijahit dengan tusuk feston kemudian dibalik.

11. Langkah terakhir yaitu memasang mata. Gunakan mata boneka atau jika tidak ada bisa diganti dengan kancing baju atau kain flanel. Jangan lupa, buat pula gambar mulut dengan menggunakan spidol atau cat akrilik. Agar boneka barbie semakin cantik, ikat rambutnya dengan pita. Boneka barbie yang cantik dari kain flanel pun sudah jadi dan siap diberikan kepada sang buah hati.

Bagaimana bunda? Mudah kan Cara Membuat Boneka Barbie dari Kain Flanel? Perlu diketahui, pembuatan boneka barbie dari kain flanel ini juga bisa dijadikan peluang usaha mandiri yang menghasilkan budget besar jika dikembangkan lagi menjadi kreasi yang lebih beragam untuk selanjutnya dipasarkan sehingga nantinya akan diperoleh laba dan penghasilan hanya dengan beberapa langkah mudah. Tidak diperlukan modal yang besar untuk memulai berbisnis boneka barbie dari kain flanel ini. Yang dibutuhkan adalah kreativitas yang harus terus ditingkatkan.

0 Response to "Cara Membuat Boneka Barbie dari Kain Flanel"

Posting Komentar

DMCA