Cara Membuat Bunga Alamanda dari Kertas Krep

Anda yang hobby membuat ragam kerajinan tangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kertas krep atau kertas klobot. Kertas ini begitu mendunia dan dikenal sebagai bahan kerajinan tangan yang banyak digunakan. Harga kertas krep juga cukup terjangkau sehingga kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin membuat kerajinan dari kertas ini.

Bahkan kerajinan tangan dari kertas krep ini selalu diajarkan di sekolah-sekolah khususnya di tingkat dasar. Kerajinan tangan yang mereka buat bisanya bunga. Salah satu bentuk bunga yang bisa dibuat dari kertas krep yaitu bunga alamanda. Ya, bunga alamanda yang biasanya ditanam di halaman rumah sebagai hiasan, kini kita bisa membuatnya sendiri hanya dari kertas krep. Bunga ini nantinya bisa diletakkan di meja tamu, meja belajar atau di sudut ruangan sebagai pajangan yang menarik. Khusus untuk adik-adik yang sedang ada tugas prakarya, mungkin membuat bunga alamanda berbahan kertas krep ini bisa dicoba.

Bunga alamanda yang cantik dari kertas krep

Bagaimana? cantik kan bunga alamanda dari kertas krep ini? Setelah melihat gambar bunga alamanda dari kertas krep di atas, anda pasti penasaran dan ingin tahu kan bagaimana cara membuatnya. Baiklah, kali ini Kreasi Ceria akan membahas cara membuat bunga alamanda dari bahan yang sangat sederhana dan murah meriah yaitu kertas krep yang tutorilanya sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangan di bawah ini. Daan...

Inilah Cara Membuat Bunga Alamanda

Sebelum membuat bunga alamanda yang cantik ini, seperti biasanya pada tutorial yang lain maka ada baiknya kita persiapkan terlebih dahulu berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan diantaranya:
1. Kertas krep
2. Kawat
3. Gunting
4. Lem kertas
5. Benang
6. Kertas koran
7. Pelipit bunga/ solasi warna hijau

Tutorial dan cara membuat bunga alamanda dari kertas krep

Step by step membuat bunga alamanda

1. Siapkan kertas krep yang sudah dipotong dengan ukuran 5 x 8 cm sebanyak 5 lembar untuk mahkota bunga. Ukuran 3 x 5 cm untuk kuncup bunga. Siapkan pula 2 potong kawat dengan ukuran yang berbeda untuk tangkai bunga dan tangkai kuncup. Selanjutnya lilitkan kertas koran atau kertas apa saja pada kawat agar tangkai menjadi berisi.

2. Selanjutnya potong kelima kertas krep yang sudah disiapkan tadi menjadi bentuk menyerupai mahkota bunga dan yang 2 helai untuk kuncupnya.

3. Setelah itu ambil kawat yang agak pendek untuk persiapan membuat kuncup bunga. Pada ujungnya lilitkan kertas krep yang dilipat kemudian tempelkan 2 helai kertas krep tadi sehingga membentuk menyerupai kuncup. Siapkan juga kertas krep warna hijau yang sudah dilipat menjadi 2 dan digunting bergerigi. Selanjutnya tempelkan secara melingkar untuk membentuk kelopak. Setelah itu lilitkan pelipit (solasi hijau) pada tangkai.

4. Kita lanjutkan dengan merangkai mahkota bunga. Tempelkan satu-persatu secara berjajar bagian sisi mahkota bunga sehingga bagian sisinya menempel pada sisi yang lain.

5. Selanjutnya lingkarkan bagian mahkota bunga sehingga bertemu pada sisi ujung dan pangkalnya. Dengan demikian maka akan terbentuk bunga seperti yang diinginkan. Rapikan bagian dalamnya yang berbentuk gelondongan tabung dengan menekan-nekan dan bila perlu tambahkan lem agar bunga terbentuk dengan sempurna.

6. Langkah berikutnya, ambil tangkai kawat kemudian lilitkan kertas krep warna senada dengan bunga. Kita bentuk menyerupai kuncup yang akan digunakan sebagi putik bunga. Selanjutnya masukkan bunga pada tangkai dan ikat dengan benang agar bunga melekat kuat dan tidak mudah lepas. Setelah itu tempelkan secara melingkar kertas warna senada pada bunga untuk menutupi benang dan dilanjutkan dengan melingkarkan kelopak bunga yang sudah dipersiapkan.

7. Setelah itu llilitkan pelipit tangkai (solasi hijau) untuk membungkus tangkai. Pada lilitan pertengahan pasangkan tangkai kuncup dan lanjutkan melilitkan solasi pelipit tangkai sampai ujung tangkai kawat. Agar bunga tampak alami kita tambahkan beberapa daun dari kertas krep. Lengkungkan pada semua sisi mahkota bunga dengan bantuan tusuk sate agar bunga lebih berbentuk.

8. Bunga alamanda dari kertas krep sudah jadi. Buatlah beberapa kuntum bunga dengan beberapa variasi warna. Selanjutnya rangkai beberapa tangkai bunga alamanda dari ketas krep tersebut pada vas bunga. Kini bunga alamanda yang cantik dan warna-warni siap dipajang dimana saja untuk menghias ruangan.

Itulah berbagai langkah dan Cara Membuat Bunga Alamanda dari Kertas Krep yang bisa anda praktekkan di rumah. Selain membuatnya dari kertas krep, anda juga dapat membuat bunga alamanda dari kertas yang lain. Yang penting sekarang kita sudah tahu cara membuat bunga alamanda dan ternyata memang cukup mudah. Selamat mencoba ya!

0 Response to " Cara Membuat Bunga Alamanda dari Kertas Krep"

Posting Komentar

DMCA