Cara Membuat Hiasan Dinding Kupu-Kupu dari Kertas Origami

Setiap rumah pasti memiliki ruangan yang namanya kamar. Kebanyakan dinding kamar dicat hanya satu warna dan polos. Seperti yang banyak kita lihat, umumnya dinding kamar dibuat berwarna putih karena warna putih memberikan kesan terang dan bersih. Padahal dinding kamar yang polos dan bersih justru membuat orang tidak betah dan merasa bosan. Jika pun ada, mungkin hanya sedikit tempelan seperti poster-poster yang justru membuat penghuninya semakin jenuh.

Hiasan Dinding Kupu-kupu

Nah, sekarang bagaimana agar kita merasa nyaman ketika sedang berada di dalam kamar. Caranya mudah sebenarnya. Kita bisa membuat hiasan yang ditempelkan di dinding sehingga nantinya kamar akan menjadi indah dan asri seperti taman karena ada binatang cantik yang hinggap. Hiasan dinding ini nantinya hanya ditempelkan sehingga bisa dilepas kapan saja dan dijamin tidak merusak dinding karena tidak menggunakan paku.

Dan untuk mempercantik kamar, salah satunya yaitu dengan membuat hiasan dinding kupu-kupu dari kertas origami. Cara membuat hiasan dinding kupu-kupu ini juga terbilang sangat mudah dan bahan yang digunakan yaitu kertas lipat yang juga mudah didapat karena kertas ini selalu tersedia di toko-toko alat tulis dan perlengkapan sekolah.

Hiasan dinding kupu-kupu cantik dari kertas origami

Tidak dipungkiri jika kegiatan lipat-melipat kertas atau origami ini terbukti mampu melatih kreativitas seseorang khususnya anak-anak. Dari kegiatan melipat kertas kita juga akan memperoleh beberapa manfaat yang salah satunya memang ditujukan untuk menghias atau mendekorasi ruangan.

Kamar yang indah dan asri bukan hanya dipercantik dengan aneka gambar atau poster. Menghias dinding kamar menggunakan tiga dimensi bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk kita wujudkan. Tidak harus mahal untuk mempercantik ruangan. Kita bisa memanfaatkan kertas apa saja namun utamakan yang berwarna-warni untuk menghias dinding kamar agar terlihat lebih menarik.

Cara Membuat Hiasan Dinding

Setelah melihat begitu cantiknya kupu-kupu dari kertas origami yang ditempel di dinding, anda pasti ingin tahu bagaimana cara membuatnya. Jangan kawatir, karena Kreasi Ceria tidak akan pernah pelit kok. Disini kami akan selalu berusaha untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tutorial berupa rangkaian gambar dan keterangan sebagai penjelasan.

Sedikit info, meskipun bahan pada tutorial kali ini saya sebut kertas origami, anda tentu tetap dapat membuatnya dari kertas apapun, asal jangan kertas koran ya. Ingat, hasil kreasi anda nantinya akan ditempelkan di dinding kamar. Pastikan untuk membuatnya sebagus mungkin. Jangan takut gagal, mudah kok.

Alat dan bahan
Untuk membuat hiasan dinding kupu-kupu ini, anda perlu mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan berikut:
1. Kertas origami ukuran 12 cm x 12 cm, warna merah dan coklat masing-masing 1 lembar.
2. Lem kertas
3. Lem yang daya rekatnya kuat
4. Sebatang lidi atau tusuk sate
5. Benang
6. Double tape
7. Gunting

Cara membuat
Adapun cara pembuatan hiasan dinding berbentuk kupu-kupu dari kertas origami ini adalah sebagai berikut:

Tutorial membuat hiasan dinding kupu-kupu dari kertas

1. Siapkan 2 lembar kertas origami ukuran 12 cm x 12 cm. Untuk warna bisa disesuaikan dengan keinginan. Anda juga dapat menggunakan kertas lainnya, misalnya kertas bufallo yang mungkin malah lebih bagus hasilnya karena memiliki double face dengan warna yang sama.

2. Selanjutnya kita akan membuat sayap besar kupu-kupu. Ambil kertas warna merah. Lipat menjadi dua pada salah satu diagonalnya sehingga membentuk sebuah segitiga.

3. Langkah selanjutnya, lipat seperti ketika membuat kipas kertas. Lebar lipatan lebih kurang 0,5 cm. Usahakan melipat serapi yang anda bisa agar hasilnya bagus. Anda bebas melipat yang  dimulai dari mana saja. Disini saya menggunakan cara melipat yang dimulai dari tengah atau pada garis lipatan diagonal.

4. Lanjutkan melipat pada sisi lainnya. Jika cara melipat dimulai dari tengah atau pada garis lipatan diagonal maka untuk melipat sisi yang satunya, mulailah dari tengah juga sehingga seluruh kertas terlipat dengan lipatan seperti kipas.

5. Lipat menjadi dua bagian yang sama di tengah-tengah lipatan kipas sehingga terbentuk seperti sayap. Ini adalah sayap atas ya. Setelah membuat sayap atas, kita akan melanjutkan dengan lembaran kertas coklat untuk membentuk sayap bawah dan badan kupu-kupu. Ambil kertas origami berwarna coklat ukuran 12 cm x 12 cm. Lipat menjadi dua menurut sisi panjangnya, lalu gunting menjadi dua bagian yang sama besar.

Ambil salah satu bagian kertas coklat, lalu potong sedikit kertas warna coklat sehingga ukurannya lebih pendek dari ukuran lipatan sayap merah. Setelah itu lipat kertas coklat tersebut menjadi 2 pada bagian tengah dan digunting agak membulat kemudian buka lipatan kertas coklat yang baru dipotong.

6. Selanjutnya, lipat kertas warna coklat tadi menurut sisi panjangnya dengan lipatan seperti kipas. Lebar lipatan harus sama besar dengan lipatan sayap merah. Selanjutnya lipat menjadi dua seperti sayap merah untuk membentuk sayap bawah.

Tutorial lanjutan membuat hiasan dinding kupu-kupu dari kertas

7. Setelah kedua sayap selesai dibuat, selanjutnya kita akan mengikat sayap-sayap tersebut agar menyatu. Gunakan benang dan ikat keduanya.

8. Saatnya kita membuat badan kupu-kupu. Ambil sisa kertas coklat. Potong menjadi dua dan pada salah satu potongan kertas tadi potong lagi menjadi dua. Gulung kertas yang agak besar dengan bantuan lidi untuk membuat badan kupu-kupu. Rekatkan dengan lem yang kuat. Biarkan lem mengering untuk beberapa menit. Potong lagi kertas yang lebih kecil tadi dengan potongan memanjang dan gulung untuk membuat antena dan rekatkan dengan lem. Buatlah potongan bentuk lingkaran kecil dari sisa kertas coklat untuk ditempelkan di ujung antena.

9. Selanjutnya masukkan kedua antena ke dalam badan kupu-kupu dan rekatkan dengan lem. Gunting pada ujung bawahnya dan rekatkan dengan lem agar badan kupu-kupu lebih berbentuk.

10. Langkah terakhir yaitu menyatukan kedua sayap dengan badan kupu-kupu. Satukan dengan lem serba guna. Disini saya menggunakan lem tembak. Sampai disini berarti proses pembuatan kupu-kupu dari kertas origami sudah selesai.

Untuk menghias dinding, buatlah beberapa kupu-kupu selanjutnya pasanglah di dinding atau tembok dengan menggunakan double tape. Atur posisinya sehingga kupu-kupu kertas akan tampak lebih hidup dan menjadikan suasana kamar menjadi segar dan sedap dipandang mata.

Bagaimana? Mudah bukan Cara Membuat Hiasan Dinding Kupu-Kupu dari Kertas Origami? Demikian, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 Response to "Cara Membuat Hiasan Dinding Kupu-Kupu dari Kertas Origami"

Posting Komentar

DMCA