Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak

Origami adalah seni melipat kertas yang biasanya diajarkan pada siswa taman kanak-kanak maupun sekolah dasar. Selain dapat membantu meningkatkan motorik halus dan kognitif anak, origami bagi anak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, beragam bentuk dapat kita buat dengan origami yang pastinya membuat anak merasa takjub karena ternyata hanya dari kertas bisa didapat beraneka ragam bentuk yang menarik mulai dari yang mudah sampai yang rumit.

Untuk anak-anak, sebaiknya origami dimulai dari membuat bentuk yang sederhana dulu misalnya bentuk kipas, kupu-kupu, perahu dan lainnya. Jika anak sudah mampu membuat yang mudah selanjutnya kita kenalkan bentuk lain misalnya origami bentuk baju gaun.

Cara membjuat origami baju gaun

Membuat Origami bentuk Gaun itu Mudah

Bagi sebagian orang, ada beberapa bentuk origami yang memang rumit dan tidak mudah dipraktekkan. Saya sendiri awalnya juga tidak begitu tertarik dengan origami karena menganggap origami itu rumit. Namun setelah mencoba melipat beberapa bentuk dan hasilnya sama persis dengan tutorial yang saya dapatkan, akhirnya saya menyadari bahwa ternyata teknik melipat kertas atau yang dikenal dengan istilah origami itu tidak sesulit yang dibayangkan. Syarat utama agar bisa membuat berbagai bentuk origami yaitu dengan terus belajar dan berlatih. Karena banyak sekali bentuk-bentuk origami yang menarik namun rumit dan memang diperlukan latihan yang memadai.



Membuat origami sudah dilakukan. Hasilnya juga sangat memuaskan seperti yang anda lihat pada gambar di atas. Mirip dengan baju gaun sungguhan bukan? Kini yang harus saya lakukan yaitu membagikan pengalaman dalam hal ini membuat origami bentuk gaun yang mungkin saja berguna untuk orang lain khususnya para pembaca blog ini yaitu para orang tua yang ingin melatih daya kreativitas anak. Membuat origami bentuk gaun, sangat mudah diikuti tutorialnya dan saya pastikan juga mudah diikuti oleh putra-putri anda.

Begini Cara Membuat Origami Bentuk Gaun

Untuk membuat origami bentuk gaun, kita hanya membutuhkan kertas lipat atau jika tidak ada, anda bisa memanfaatkan kertas kado atau kertas lainnya asalkan kertas tidak tebal dan kaku. Di bawah ini adalah step by step cara membuat origami bentuk gaun yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diikuti oleh gambar dan keterangan berikutnya.

Inilah cara mudah membuat origami baju gaun

1. Siapkan kertas origami atau kertas kado. Untuk tutorial ini, saya menggunakan kertas origami motif berukuran 16 x 16 cm.

2. Selanjutnya lipat kertas menjadi dua bagian yang sama dengan mengambil garis vertikal di tengahnya sehingga dari garis vertikal tersebut dapat membagi kertas menjadi 2 kolom persegi panjang.

3. Selanjutnya, lipat pada bagian sisi kanan dengan mengambil garis vertikal pada kolom persegi panjang tersebut. Kemudian lipat kertas sehingga bagian sisi kanan kertas bertemu pada garis tengah vertikal yang telah dibuat sebelumnya.

4. Setelah itu lipat pada bagian sisi kiri dengan mengambil garis vertikal pada kolom persegi panjang tersebut. Kemudian lipat kertas sehingga bagian sisi kiri kertas bertemu pada garis tengah vertikal yang telah dibuat sebelumnya.

5. Sampai disini berarti sudah terbentuk empat kolom persegi panjang yang sama besar. Langkah selanjutnya yaitu membuat lipatan atau wiru. Lipat lagi kolom ke-2 dan ke-3 dengan mengambil garis vertikal pada kolom persegi panjang tersebut. Kemudian lipat kertas sehingga bertemu pada garis tengah vertikal yang telah dibuat pertama kali tadi. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang satunya.

6. Selanjutnya lipat kertas yang sudah diwiru tadi menjadi dua bagian yang sama besar sehingga diperoleh garis horizontal di tengahnya.

7. Langkah berikutnya yaitu melipat lagi atau tekuk kertas ke atas kira-kira 0,5 cm pada garis horizontal. Lipatan ini berfungsi sebagai sambungan rok dan gaun bagian atas.

8. Tarik ujung kertas bagian bawah kanan terlebih dahulu, kemudian lebarkan bagian bawahnya agar lipatan pada origami baju gaun membentuk seperti rok yang mengembang. Lakukan hal yang sama pula pada sisi kirinya. Ketika mengembangkan wiru rok, maka secara otomatis akan sedikit mempengaruhi lipatan horizontal sehingga lipatan akan sedikit bergeser. Maka disini kita perlu merapikannya agar lipatan rata dan hasilnya bagus.

Cara mudah membuat origami baju gaun sampai jadi
9. Setelah bagian rok selesai, selanjutnya balikkan kertas. Lipat kertas bagian atas membentuk segitiga. Lipat pada sisi kanan dan kiri. Langkah ini adalah awal untuk membuat kerung leher.

10. Setelah terbentuk dua lipatan bentuk segitiga, selanjutnya buka lipatan bentuk segitiga tersebut sehingga didapat bentuk seperti belah ketupat.

11. Untuk membentuk kerung leher, selanjutnya lipat lagi membentuk segitiga pada kedua sisi yang berbentuk belah ketupat tadi sehingga didapat kerung leher berbentuk V.

12. Langkah selanjutnya yaitu membalikkan posisi kertas. Pada langkah ini kita akan membentuk gaunnya. Kita mulai dengan melipat bagian belakang gaun. Lipat bagian kanan terlebih dahulu dilanjutkan dengan melipat sedikit bagian roknya. Selanjutnya lipat bagian yang kiri juga dilanjutkan dengan melipat sedikit bagian roknya.

13. Setelah itu, kita kembalikan lagi posisinya seperti semula. Selanjutnya kita bentuk bagian lengan satu per satu dimulai dari sisi bagian kanan dilanjutkan dengan sisi bagian kiri. Untuk membuat lengan, kita lipat keluar membentuk segitiga.  

14. Langkah terakhir yaitu balikkan kertas sehingga jadilah hasil seni melipat kertas atau origami yaitu gaun yang cantik.

Bagaimana? Mudahkan Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak? Saya yakin, dalam prakteknya membuat origami baju gaun ini jauh lebih mudah seperti yang sudah saya lakukan daripada membaca tutorial yang membingungkan ini. Ternyata tidak mudah menyusun kata demi kata demi sebuah rangkaian kalimat tutorial. Tapi saya tetap semangat untuk berkarya dan berbagi. Semua ini saya lakukan untuk anda para pembaca Kreasi Ceria yang sudah menyempatkan diri untuk mampir disini. Trima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak"

Posting Komentar

DMCA