Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kertas untuk Anak SD

Mungkin tidak banyak yang tahu jika kertas yang umumnya digunakan untuk sampul buku atau yang dikenal dengan nama kertas bufallo ternyata bisa dikreasikan menjadi bermacam-macam bentuk hiasan salah satunya bunga.

Prakarya Bunga untuk Anak SD

Seperti yang anda lihat di bawah ini adalah salah satu kerajinan yang dibuat dari bahan kertas bufallo warna-warni. Kertas bufallo ini terbilang lebih awet jika dibandingkan dengan kertas krep maupun kertas tisu yang banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat prakarya yang biasanya dilakukan anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar.

Dengan menggunakan bahan dari kertas bufallo tentunya kreasi yang dihasilkan tidak kalah menariknya. Disamping itu, cara membuat prakarya bunga dari kertas ini juga sangat sederhana dan mudah sehingga cocok diterapkan oleh anak-anak SD.

Contoh Prakarya bunga dari kertas untuk anak SD

Saat ini terdapat jenis kerajinan terbaru yang lebih modern dan mewah karena berasal dari bahan yang harganya tidak murah. Banyak orang menganggap kerajinan dari kertas merupakan sesuatu yang sepele dan dianggap tidak bernilai. Meskipun demikian, kerajinan tangan berbahan kertas ini masih layak untuk dibuat terutama bagi adik-adik yang sedang ada tugas membuat kerajinan.

Dengan menggunakan bahan kertas yang selain harganya murah, nantinya kreasi yang dihasilkan juga bisa dijadikan hiasan di rumah atau untuk menghias ruang kelas. Untuk mempercantik ruangan itu tidak harus mahal kan? Kreasi bunga dari kertas bufallo ini buktinya.

Bila dibandingkan dengan bunga asli yang cepat layu, bunga dari kertas bufallo dijamin lebih tahan lama meskipun terkena air karena sifatnya yang tidak mudah luntur. Jika anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya membuat kreasi cantik ini. Anda bisa melakukannya bersama sang buah hati. Cobalah untuk mengenalkan kepada anak-anak khususnya yang masih duduk di bangku SD tentang bahan kerajinan yang satu ini dan anda pun akan menyadari betapa mudahnya membuat prakarya bunga dari kertas bufallo yang tentunya juga mudah diikuti oleh anak-anak. 

Membuat Prakarya Bunga yang Mudah

Adapun alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat prakarya bunga dari kertas ini adalah sebagai berikut.
1. Kertas bufallo warna-warni
2. Kawat untuk tangkai bunga
3. Lidi untuk menggulung kertas
4. Lem kertas dan lem tembak/glue gun
5. Gunting
6. Pensil

Nah jika semua bahan dan alat tersebut sudah tersedia, sekarang mari kita membuat kreasi bunga dari kertas bufallo bersama-sama ya. Berikut adalah rangkaian gambar tutorial cara membuat prakarya bunga yang sudah kami lengkapi dengan keterangannya.

Tutorial cara membuat prakarya bunga untuk anak SD

1. Untuk membuat satu tangkai bunga ini diperlukan beberapa helai kertas berbentuk persegi. Dua helai kertas berukuran sama dan satu helai kertas yang agak kecil untuk tengahnya bunga. Pertama-tama, potong kertas berukuran 6 cm x 6 cm sebanyak dua helai. Untuk warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

2. Selanjutnya lipat kertas menjadi dua sehingga lipatan tersebut membentuk segitiga. Kemudian lipat lagi menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil.

3. Langkah selanjutnya yaitu membuat mahkota bunga dengan cara menggunting kertas yang sudah dilipat tadi. Untuk menghindari kesalahan khususnya anak-anak, agar lebih mudah bisa digambar terlebih dahulu dengan menggunakan pensil setelah itu dilanjutkan dengan menggunting membentuk mahkota bunga.

4. Setelah digunting, selanjutnya buka lipatannya maka akan tampak bentuk mahkota bunga yang siap untuk dirangkai.

5. Setelah membuat mahkota bunga, selanjutnya kita akan membuat tangkai dan mahkota bunga. Untuk membuat tangkai dan mahkota bunga ini tentunya kita memerlukan kertas bufallo warna hijau agar tampak alami. Potong kertas berbentuk persegi panjang berukuran 2 cm x 20 cm. Untuk membuat kelopak bunganya, bisa langsung dibentuk dari kertas berbentuk persegi atau untuk lebih mudahnya terlebih dahulu bisa digambar menyerupai bentuk kelopak bunga selanjutnya digunting.

6. Selanjutnya beri lem pada kertas bufallo warna hijau tersebut setelah lem agak mengering kemudian gulung dengan bantuan lidi. Jika tangkai bunga sudah terbentuk selanjutnya cabut lidinya dan masukkan kawat. Untuk membentuk bunga yang cantik, maka diperlukan variasi warna. Disini kita buat lagi mahkota bunga yang lebih kecil. Caranya sama seperti membuat dua mahkota sebelumnya. Setelah itu buatlah lubang di tengah-tengah mahkota dan kelopak bunga.

7. Saatnya merangkai bagian-bagian bunga menjadi sekuntum bunga. Masukkan kelopak bunga pada tangkai. Selanjutnya masukkan mahkota bunga satu-persatu. Tumpuk semua mahkota dengan menyusunnya berselang-seling antara mahkota yang ditumpuk sehingga kelihatan lebih berbentuk. Namun sebelumnya beri lem terlebih dahulu agar seluruh mahkota nantinya menyatu dengan kuat. Jangan lupa beri lem juga pada kelopak bunganya agar mahkota bunga menyatu dengan kelopak dan tangkainya. Lipat pada bagian ujung tangkai kawat untuk mengunci agar bunga tidak mudah lepas.

8. Agar bunga tampak semakin indah, tambahkan daun dari kertas bufallo warna hijau yang sudah digunting berbentuk oval. Selanjutnya pasangkan daun yang sudah dibuat dengan menempelkannya pada tangkai bunga. Gunakan lem tembak agar daun melekat dengan kuat pada tangkai. Buatlah beberapa kuntum bunga dengan warna yang bervariasi. Bunga yang sudah jadi semakin tampak indah setelah dirangkai dan dimasukkan ke dalam vas bunga.

Demikianlah Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kertas untuk Anak SD. Sebuah kerajinan tangan sederhana dan mudah dibuat yang sangat cocok diberikan kepada anak-anak untuk membuat tugas prakarya. Dijamin anak-anak akan terpana begitu melihat hasil kreasi dari tangan mungilnya. Apakah anda berminat ingin membuatnya juga untuk menghias ruangan? Semoga artikel yang kami bagikan ini menginspirasi dan bermanfaat. Trima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Prakarya Bunga dari Kertas untuk Anak SD"

Posting Komentar

DMCA